Obat Untuk Mengatasi Infeksi Karena Cacing Albendazole

Share dan Tag Temanmu di :

Albendazole, Obat Untuk Mengatasi Infeksi Karena Cacing
Dikelompokkan ke dalam obat antelmintik, Albendazole memiliki manfaat untuk mengatasi infeksi yang diakibatkan oleh cacing seperti cacing tambang, cacing pita babi, cacing gelang, cacing cambuk, dan cacing kremi. Albendazole bekerja dengan mencegah cacing menyerap glukosa atau gula sehingga mereka akan kehabisan energi lalu mati.


Obat yang hanya boleh dikonsumsi oleh anak-anak usia 2 tahun ke atas serta orang dewasa ini tidak bisa dikonsumsi sembarangan oleh wanita yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, serta perempuan yang sedang menyusui. Perempuan yang sedang menyusui tidak boleh mengkonsumsi albendazole ini karena bisa berdampak pada ASI. Orang dengan kelainan pada sumsum tulang atau darah, penderita penyakit hati, sindrom Steve-Johnson, serta penyumbatan saluran empedu juga harus hati-hati dalam mengsonsumsi obat ini. Batasi konsumsi minuman keras saat mengkonsumsi obat ini karena akan memberikan potensi meningkatnya risiko efek samping pada organ hati. Segera temui dokter jika terserang reaksi alergi atau overdosis.

Artikel terkait seputar cacing:
Obat alami gangguan saraf

Dosis albendazole umumnya sekitar 100 mg dua kali sehari, selama tiga hari berturut-turut. Pengulangan dosis bisa dilakukan setelah dua minggu jeda ketika infeksi belum hilang atau muncul kembali. Sebelum mengkonsumsinya, baca petunjuk pada kemasan obat serta jangan mengurangi atau menambahkan dosis tanpa seizin dokter.

Dalam mengkonsumsi obat ini sebaiknya dibarengi dengan makanan agar mudah diserap tubuh. Namun jika dikonsumsi tanpa makanan juga tidak apa-apa. Yang penting tidak boleh dikunyah terlebih dahulu, tetapi harus ditelan dengan utuh. Jika dikonsumsi oleh anak lalu sulit menelan tablet, obat ini bisa dihancurkan terlebih dahulu lalu dicampurkan dengan air.
Selesaikan konsumsi obat ini sesuai dengan anjuran dari dokter. Jika tidak misalnya berhenti terlalu awal, infeksi bisa kembali datang. Hal lain yang perlu diperhatikan adalah jangan memakan buah anggur atau grape fruit karena bisa meningkatkan risiko efek samping. Anda yang lupa mengkonsumsi albendazole disarankan untuk segera mengkonsumsinya begitu teringat. Dilarang menggandakan dosis untuk mengganti dosis yang terlewat.

Berikut beberapa efek samping yang mungkin terjadi setelah Anda mengkonsumsi albendazole:
-Sakit kepala
-Sakit perut
-Mual dan muntah
-Rambut rontok (hanya bersifat sementara)
Jika efek samping yang terjadi terus berkelanjutan dibarengi dengan adanya reaksi alergi hingga mengganggu aktivitas, segera kunjungi dokter, rumah sakit, atau klinik terdekat untuk berkonsultasi dan menemukan solusi mengenai efek samping yang terjadi.

Artikel terkait seputar efek samping:
Obat diabetes bebas efek samping

Obat pelawan efek samping

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Senin, 20 Juni 2016 21:15:24

Related Post :
Kesehatan
Ini Penyebab Artritis Serta…

Informasi tentang penyebab, faktor…

Kesehatan
Pantangan Bagi Penderita Asma…

Pantangan bagi penderita asma…

Kesehatan
Diagnosis Dan Pengobatan Kleptomania

Saat mendiagnosis penderita kleptomania,…

Kesehatan
Luar Biasa! Meski Tanpa…

Manusia termasuk makhluk hidup…

Kesehatan
Waspadai Bahaya Buang Air…

Apakah anda sering mengalami…

Ibu Hamil
Cara Mengatasi Morning Sickness…

Berikut adalah cara mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Rekomendasi Nama Obat Gatal pada Kulit di Apotik

Selain dengan obat resep dokter,…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Sakit Perut dan Kram Usus Hyoscine butylbromide

Obat Hyuscine butylbromida untuk mengatasi…

Obat Kimia
Ramipril Obat Penghambat Enzim Pengubah Angiotensin

Ramipril Obat Penghambat Enzim Pengubah…

Kirim Pertanyaan
Top