Gejala Penyebab Dan Cara Mencegah Obesitas Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab dan gejala obesitas pada anak sangat penting diketahui oleh para orangtua. Selain itu, para orangtua juga harus melakukan pencegahan obesitas dari sejak dini pada buah hatinya. Terlebih bagi anak yang memiliki orangtua yang gemuk atau kelebihan berat badan.


Obesitas atau kegemukan tidak hanya tidak hanya terjadi pada orang dewasa saja, tapi juga terjadi pada anak. Namun, masih banyak orangtua yang beranggapan bahwa anak yang gemuk lebih sehat. Padahal bila anak terlalu gemuk atau kelebihan berat badan akan membuat anak mudah terserang penyakit sehingga akan membuat anak menjadi tidak sehat.

Penyebab Obesitas Pada Anak

Penyebab obesitas pada anak diantaranya faktor keturunan. Apalagi bila orangtuanya menderita penyakit diabetes, maka anaknya pun berisiko mengalami obesitas di usia yang masih muda. Walaupun saat balita anaknya mempunyai berat badan yang normal.  

Selain faktor keturunan, penyebab lainnya obesitas pada anak yaitu anak kurang melakukan aktivitas fisik ketika masa pertumbuhan berlangsung dan anak terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak yang tinggi seperti makanan cepat saji dan terlalu sering mengkonsumsi makanan yang mengandung gula yang tinggi seperti permen dan kue. Bukan berarti buah hati anda tidak boleh mengkonsumsi jenis makanan tersebut, konsumsilah jenis makanan tersebut dengan porsi yang wajar. Jangan perbolehkan buah hati anda terlalu sering dan berlebihan konsumsi makanan tersebut.

Tanda dan gejala obesitas pada anak

  • Terdapat lipatan lemak pada pundak anak
  • Wajah sang anak tampak lebih bulat
  • Perut sang anak terlihat gendut
  • Perawakan sang anak lebih tinggi dibandingkan dengan anak yang seusianya
  • Bila obesitas terjadi pada anak laki-laki, maka anak laki-laki tersebut payudaranya lebih besar.

Bahaya Obesitas Pada Anak

  • Sistem imun anak terganggu
  • Gangguan pernapasan
  • Beresiko menimbulkan penyakit jantung, diabetes tipe 2,  darah tinggi, penyakit hati, kanker dan asma.

Pencegahan Obesitas Pada Anak

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa bahaya obesitas pada anak yaitu dapat beresiko menimbulkan penyakit jantung, asma dan diabetes tipe 2. Bila hal ini tidak ingin terjadi pada anak anda, maka cegah obesitas pada anak dari sejak dini. Berikut cara mencegah obesitas pada anak:

-Perhatikan pola makan anak anda. Jangan perbolehkan sang anak mengkonsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula yang tinggi secara berlebihan. Dan beri penjelasan pada sang anak bahwa bila terlalu sering dan berlebihan mengkonsumsi jenis makanan tersebut tida baik baik bagi kesehatan.

-Latih sang anak untuk banyak gerak. Anda bisa melatih sang anak dengan menyuruh bermain dengan teman-temannya dengan melakukan permainan jaman dahulu. Dengan begitu, anak tidak sering bermain game dan nonton tv. Karena kebiasaan nonton tv dan main game adalah salah satu faktor yang dapat meningkatkan berat badan.

-Latih anak untuk menyukai olahraga. Olahraga tidak hanya dilakukan oleh orang dewasa saja, tapi juga harus dilakukan oleh anak-anak. Oleh karena itu, ajarkan kebiasaan olahraga pada anak dari sejak dini. Jadi tidak hanya menyuruh anak harus olahraga, tapi anda sebagai orangtuanya harus menyukai dan mengajarkan sang anak melakukan kebiasaan olahraga. Karena salah satu manfaat dari olahraga adalah dapat mencegah obesitas.

Demikian informasi tentang penyebab, gejala dan pencegahan obesitas pada anak. Semoga dapat menambah ilmu pengetahuan para orangtua.

By Rizka Ardiana - Ibu Dan Anak Senin, 19 Juni 2017 11:46:33

Related Post :
Ibu Dan Anak
Jenis Makanan Untuk Demam…

Jenis makanan untuk demam…

Ibu Dan Anak
Belajar Mengenali Gejala Sakit…

Belajar mengenali gejala sakit…

Kesehatan
Komplikasi dan Cara Mencegah…

Meskipun dapat diobati, namun…

Kesehatan
Apa Benar Micin Bisa…

Banyak yang berpendapat bahwa…

Daun
Luar Biasa! Ini Khasiat…

Selain untuk diabetes, mata…

Kesehatan
Metode Pengobatan Ayurveda Dari…

Ayurverda biasa dikenal oleh…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…

  • Manfaat faksin untuk bayi dan balita

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, saya mau bertanya sebenarnya apa sih manfaat vaksin untuk bayi maupun balita? bagaimana jika anak ketinggalan salah satu vaksin, apa vaksin selanjutnya ganda atau bagaimana?

  • cara mengatasi luka memar pada kulit anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok, anak saya sekarang berusia 1 tahun dan sudah mulai belajar untuk berjalan. anak saya sering sekali terjatuh, sehingga ada beberapa luka memar warna biru keunguan di kulitnya. adakah cara…


Ibu Dan Anak
Tips Cara Mengajari Bayi Tidur Teratur

Tips cara mengajari bayi tidur…

Ibu Dan Anak
Cara Tepat dan Aman Mengatasi Demam pada Ibu Hamil

Ibu hamil yang mengalami sakit,…

Ibu Dan Anak
Obat Alami Batuk Pilek Untuk Bayi Dan Balita

Obat alami batuk pilek pada…

Kirim Pertanyaan
Top