Bahaya Sering Mengucek Mata Yang Harus Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Ketika mata terasa gatal dan perih, biasanya hal yang pertama dilakukan yaitu mengucek mata. Bahkan mengucek mata sudah menjadi kebiasaan yang sering dilakukan oleh sebagian orang saat mata terasa gatal dan perih. Padahal sering mengucek mata dapat berbahaya karena dapat menimbulkan masalah pada mata.


Bahaya Sering Mengucek Mata Yang Harus Diketahui

Dapat memperburuk penglihatan penderita rabun jauh

Mengucek mata biasanya dilakukan oleh orang yang tidak mempunyai masalah pada mata dan orang yang mempunyai masalah pada mata seperti rabun jauh. Meskipun demikian, mengucek mata bahaya karena dapat menimbulkan masalah pada mata. Terlebih bagi anda yang sudah memiliki masalah pada mata seperti rabun jauh. Penderita rabun jauh tidak boleh mengucek mata, meskipun mata anda terasa gatal. Karena bila penderita rabun jauh mengucek mata apalagi kebiasaan ini sering dilakukan, maka akan memperburuk penglihatan pada penderita rabun jauh.

Menyebabkan pembengkakan pada kornea mata

Kebiasaan mengucek mata tidak hanya dilakukan saat mata terasa gatal dan gatal. Kebiasaan mengucek mata juga sering dilakukan saat bangun tidur. Padahal sering mengucek mata sesudah bangun tidur dapat membuat kornea mata anda menjadi bengkak. Oleh karena itu, hindari mengucek mata sesudah bangun tidur.

Infeksi mata

Bahaya sering mengucek mata, apalagi mengucek mata dengan tangan yang kotor maka kuman masuk ke mata dan menimbulkan masalah pada mata salah satunya infeksi mata seperti konjungtivitis. bagi anda yang suka memakai lensa kontak, bila anda ingin memasang dan melepaskan lensa kontak maka sebaiknya jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan terlebih dahulu. Jangan memasang atau melepaskan lensa kontak dengan kondisi tangan yang kotor.

Lingkaran hitam di bawah mata

Mengucek mata tidak hanya dapat menyebabkan masalah pada mata, tapi juga dapat menimbulkan lingkaran hitam di bawah mata. Tentunya bila ada lingkaran hitam di bawah mata, maka akan menjadi masalah bagi kecantikan wanita. Oleh sebab itu, hindari kebiasaan mengucek mata.

Kebutaan

Bahaya mengucek mata tidak hanya dapat menyebabkan infeksi dan iritasi pada mata saja. Tapi juga dapat mengakibatkan pada tingkat kebutaan. Oleh karena itu, bagi anda yang suka mengucek mata saat mata terasa gatal, maka sebaiknya hindari mengucek mata jika mata anda tidak ingin mengalami masalah serius termasuk kebutaan.

Bahaya lainnya akibat sering mengucek mata diantaranya menyebabkan mata bintitan, penipisan kornea mata, meningkatkan resiko stres pada mata, mengakibatkan gangguan keratoconus, kerusakan saraf dan menyebabkan glaukoma.

Itulah beberapa bahaya sering mengucek mata. Setelah anda mengetahui bahaya akibat mengucek mata, sebaiknya hindari kebiasaan mengucek mata.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Selasa, 20 Juni 2017 11:15:54

Related Post :
Kesehatan
Benarkah Air Embun Mampu…

Mungkin kita pernah mendengar…

Penyakit
Pengobatan Ganglion Di Pergelangan…

Berikut adalah prosedur pengobatan…

Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi…

Bayi yang lahir prematur…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Pada Penderita…

Hipotermia merupakan kondisi darurat…

Obat Kimia
Pilihan Obat Rambut Rontok…

Pilihan obat rambut rontok…

Penyakit
Mengenal Gejala dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Dampak Mengonsumsi Vitamin C dengan Dosis Tinggi

Meskipun vitamin C memilki banyak…

Kesehatan
Pencegahan Dan Pengobatan Darah Tinggi (Hipertensi)

Mencegah hipertensi akan lebih mudah…

Kesehatan
Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Saat Perut Kosong

Makanan ini tidak boleh dikonsumsi…

Kirim Pertanyaan
Top