Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks di Apotek Acyclovir Oral

Share dan Tag Temanmu di :

Acyclovir Oral, Obat Infeksi Virus Herpes Simpleks
Obat antivirus yang bernama acyclovir oral ini digunakan untuk mengobati infeksi virus seperti herpes simpleks dan varisela zoster. Virus herpes simpleks menyebabkan terjadinya herpes genital serta luka melepuh di sekitar bibir. Sementara varisela zoster merupakan virus penyebab munculnya cacar api atau herpes zoster.


Obat ini tidak menghilangkan virus sepenuhnya tetapi hanya mencegah perkembangan dan penyebaran infeksi virus, serta mencegah munculnya infeksi akibat virus. Obat ini harus sangat hati-hati jika dikonsumsi oleh perempuan yang sedang merencanakan kehamilan, sedang hamil, serta perempuan yang sedang menyusui. Perbanyak minum setelah mengonsumsi obat yang berbentuk cairan, tablet, dan obat larut ini. Hal tersebut bermaksud untuk mencegah dehidrasi.

Perlu Anda ketahui, obat yang juga disebut acyclovir, acycloguanosine, atau ACV ini tidak menghambat penyebaran herpes genital. Jangan dulu berhubungan seks ketika saat serangan infeksi muncul.

Mengenai dosis, dokter umumnya akan meresepkan berdasarkan tingkat keparahan, jenis infeksi, kondisi kesehatan pasien serta respon terhadap obat. Sementara untuk anak-anak, dosis berdasarkan umur dan berat badan. Umumnya dosis acyclovir sekitar 600-1000 mg per hari.

Artikel terkait seputar anak :
Makanan yang dapat merusak gigi anak
Gejala anemia pada anak
Gejala DBD pada anak
Obat turun demam dengan kentang

Sebelum mengonsumsi acyclovir, pastikan baca petunjuk pada kemasan obat serta mengikuti anjuran dokter. Jika dikonsumsi saat gejala awal muncul, obat ini bekerja lebih efektif. Habiskan dosis yang sudah diresepkan untuk mencegah infeksi kambuh. Segera temui dokter jika infeksi tidak membaik sekalipun dosis telah habis.

Acyclovir bisa dikonsumsi sebelum atau setelah makan. Agar ginjal tetap berfungsi dengan baik, konsumsi air yang banyak setelah mengonsumsi obat ini. Beri jarak waktu yang cukup antara satu dosis dengan dosis selanjutnya. Konsumsi pada jam yang sama setiap harinya. Jika Anda lupa mengonsumsi acyclovir, langsung segera meminumnya begitu ingat. Namun jangan sampai menggandakan dosis obat di jadwal berikutnya untuk menggantikan dosis yang terlewat. Segera temui dokter jika merasa overdosis.

Meski jarang terjadi, acyclovir tetap bisa menimbulkan efek samping yang tak diinginkan. Meski reaksi tubuh setiap orang berbeda-beda terhadap sebuah obat, namun umumnya efek samping yang bisa terjadi adalah sebagai berikut. Diantaranya sakit perut, sakit kepala, mual, kembung, pusing, diare, demam, mengantuk, merasa kelelahan, serta adanya ruam yang terasa gatal pada kulit. Jika efek samping yang terjadi berkelanjutan bahkan Anda sampai mengalami reaksi alergi, dianjurkan untuk berkonsultasi dengan dokter untuk dicarikan solusinya.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Selasa, 21 Juni 2016 12:22:55

Related Post :
Tips
Anda Mengidap Tekanan Darah…

Apakah Anda sering mengalami…

Ibu Hamil
Manfaat Jalan Kaki Di…

Manfaat jalan kaki di…

Ibu Dan Anak
Fakta Menarik Tentang Bayi…

Fakta menarik tentang bayi…

Kesehatan
Terapi Pengobatan untuk Mengatasi…

Berikut ini beberapa jenis…

Kesehatan
Metode Pengobatan Kanker Lambung

Banyak cara yang bisa…

Daun
Mengenal Lebih Dekat Khasiat…

Selain sering kali di…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Suntikan Filler Solusi Bagian Wajah Keriput

Suntikan Filler solusi wajah keriput…

Obat Kimia
Obat Tidur Zolpidem Solusi untuk Penderita Insomnia

Manfaat obat tidur zolpidem bagi…

Obat Kimia
Suplemen Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Suplemen Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan…

Kirim Pertanyaan
Top