Cara Mudah Hindari Mabuk Perjalanan saat Mudik

Share dan Tag Temanmu di :

Tinggal beberapa hari lagi kita akan memasuki hari raya Idul Fitri nih. Bagi yang tinggal di luar kota atau merantau, mudik ke kampung halaman merupakan salah satu budaya saat lebaran. Namun, ternyata mudik tidaklah semudah yang dibayangkan. Selain harus berhadapan dengan banyaknya pemudik lain, biasanya mabuk perjalanan menjadi salah satu tantangan yang harus dihadapi. 

Mabuk perjalanan merupakan istilah yang digunakan untuk kondisi pusing, mual, keringat dingin, dan muntah ketika sedang dalam perjalanan. Mabuk perjalanan juga bisa disebut sebagai mabuk darat, mabuk laut, atau mabuk udara, tergantung dari jenis alat transportasi yang digunakan.


Pakar kesehatan, dr Sujana Chandrasekhar menyebutkan bahwa mabuk perjalanan disebabkan oleh kekeliruan tafsiran stimulus pada otak saat kita berada dalam kendaraan, sehingga memicu rasa mual-mual. 

Untuk mencegahnya, berikut ini cara mudah hindari mabuk perjalanan saat mudik, diantaranya adalah :

  • Pilih makanan

Sebelum pergi mudik, alangkah baiknya jangan mengonsumsi makanan secara berlebihan yang membuat perut terasa penuh. Hindari makanan yang memiliki bumbu kuat, berlemak, atau berbau menyengat. Selain itu, jangan konsumsi produk susu atau jus yang terasa asam. Sangat dianjurkan untuk mengonsumsi teh hangat atau wedang jahe hangat untuk mencegah rasa mual. Anda juga bisa mengunyah permen karet atau mint yang segar untuk menghilangkan rasa enek.

  • Pilih posisi duduk

Bagi Anda yang mudik dengan menggunakan kapal laut, sebaiknya pilih posisi duduk di kabing tengah agar Anda tetap merasa nyaman saat kapal bergoyang. Namun, terkadang ada juga yang lebih baik melihat ke luar jendela dan terkena angin Saat naik kapal agar tidak merasa semakin pusing. Ambillah posisi menghadap ke depan atau duduk saja dibagian luar kabin, jadi Anda bisa melihat pemandangan.

Jika menggunakan bis, usahakan untuk duduk menghadap depan dan disamping supir atau disamping jendela. Jika naik kereta, usahakan dapat tempat duduk satu arah dengan jalannya kereta. Duduklah dengan rileks, jangan terlalu tegang dan berpikir akan mabuk, karena hal ini justru akan membuat Anda mudah merasa mual. 

  • Cukup udara

Pastikan Anda mendapatkan udara yang cukup dalam kendaraan. Pasalnya udara pengap dan berbau campur aduk merupakan pemicu rasa mual dan mabuk perjalanan. Untuk menghindari mabuk perjalanan, duduklah didekat jendela, pilih kendaraan ber-AC, cari tempat longgar, dan lain sebagainya.

  • Minum obat anti mabuk

Minum obat anti mabuk yang bisa dibeli di apotik-apotik atau toko obat terdekat merupakan salah satu cara menghindari mabuk perjalanan saat mudik. Jika perlu, kita juta bisa meminta resep obat dari dokter. Namun, mengonsumsi obat anti mabuk ini memiliki efek samping, salah satunya Anda akan merasa mudah mengantuk. 

By Sri Maryati - Tips Rabu, 21 Juni 2017 14:28:26

Related Post :
Kesehatan
Diagnosis Virus Zika Dan…

Virus Zika adalah sebuah…

Kesehatan
Persiapan yang Perlu Dilakukan…

Sebelum melakukan oprasi bedah…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Tips
Tips Sehat Agar Anak…

Tips sehat agar anak…

Ibu Hamil
Penyebab Gejala Hamil Anggur…

Penyebab dan gejala hamil…

Penyakit
Ciri-Ciri Penyakit Abses Penularan…

Mengenal ciri ciri penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Solusi Penanggulangan Serangan Penyakit Migrain

Migrain sebenarnya tidak bisa disembuhkan…

Tips
Susah Tidur? Begini Cara Mudah Mengatasinya

Cara mengatasi susah tidur secara…

Kirim Pertanyaan
Top