Mengetahui Cara Mendeteksi Kandungan Babi pada Makanan

Share dan Tag Temanmu di :

Baru-baru ini BPOM telah merilis 4 produk mi instan yang mengandung DNA babi dan tidak mencantumkan peringatan pada kemasannya. Hal ini tentu cukup meresahkan, pasalnya sebagian besar masyarakat Indonesia adalah muslim yang sudah semestinya untuk menghindari mengonsumsi babi yang termasuk sesuatu yang diharamkan. 

Tidak hanya itu saja, diketahui pula bahwa mengonsumsi daging babi juga bisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan tubuh. Infeksi cacing pita merupakan salah satu dampak mengonsumsi daging babi yang bisa menyerang tubuh.

Lalu, bagaimana cara mengetahui apakah makanan yang akan dikonsumsi mengandung babi atau tidak ?


Sebagai langkah antisipasi, berikut ini kami berikan informasi seputar cara mencdeteksi kandungan babi pada makanan yang perlu diketahui, diantaranya :

Logo halal dari MUI

Cara pertama yang paling aman dan mudah untuk memastikan bahwa produk makanan yang kita pilih tidak mengandung babi adalah dengan memastikan adanya logo halal dari MUI pada kemasan produk. 

Perhatikan kandungan gelatin dalam label makanan

Walaupun gelatin terbuat dari tumbuhan, namun sebagian besar gelatin terbuta dari kulit babi. Anda patut waspada jika menemukan adanya kandungan gelatin dalam daftar komposisi yang tertera pada kemasan makanan, karena kemungkinan mengandung babi. Beberapa makanan yang sering mengandung gelatin diantaranya adalah agar-agar, puding, marshmallow, es krim, yoghurt, dan wafer.

Mengetahui zat makanan yang diekstrak dari babi

Selain gelatin, beberapa pemanis buatan dan zat yang terkandung dalam makanan seperti monogliserida, digliserida, gliserin, asam stearat juga dapat diekstrak dari babi. Maka dari itu, jika terdapat zat-zat tersebut dalam label makanan, maka ada kemungkinan jika makanan tersebut mengandung babi. Untuk memastikannya, baca lebih lanjut keterangan pada label makanan.

Gunakan testpack halal

Salah satu metode yang akurat dan cepat untuk mendeteksi kandungan DNA babi dalam makanan yaitu dengan menggunakan Halal Test. Tes ini diciptakan oleh peneliti asal Prancis pada 3 tahun silam. 

Cara menggunakannya sangat mirip dengan testpack yang biasa digunakan untuk mendeteksi kehamilan. Jadi, sampel makanan dicampur dengan sedikit air, kemudian strip Halal Test dicelupkan ke dalamnya. Jika mengandung babi, maka strip akan menunjukkan adanya dua garis berwarna merah. Sedangkan jika tidak mengandung babi, maka hanya akan terlihat 1 garis merah. Di Indonesia sendiri, Halal Test ini dijual dengan harga sekitar 2,6 juta rupiah untuk 50 strip. 

Gunakan aplikasi pada ponsel untuk mengetahui kehalalan makanan

Kini Anda bisa mendeteksi kehalalan makanan melalui aplikasi pada telepon seluar. Untuk makanan yang diimpor dari Korea, terkadang produk makanan tidak menyertakan komposisi makanan dalam Bahasa Indonesia atau Bahasa Inggris. Untuk mengetahui halal atau tidak, maka pemerintah Korea menyediakan aplikasi HalalKorea. Anda cukup memindai barcode produk makanan Korea, maka aplikasi tersebut akan menyediakan informasi terkait sertifikat halal dari pemerintah Korea. 

Di Indonesia, aplikasi bernama Cek BPOM juga menyediakan informasi seputar makanan dan obat yang terdaftar di BPOM, serta komposisi yang terkandung didalamnya. 

By Sri Maryati - Tips Kamis, 22 Juni 2017 11:30:20

Related Post :
Ibu Dan Anak
Cara Mengobati Luka Bakar…

Cara mengobati luka bakar…

Alami
Khasiat Manfaat Air Kelapa…

Buah Multiguna Bernama Kelapa…

Kesehatan
Catat! Ini Daftar Makanan…

Catat! inilah daftar makanan…

Kesehatan
Bahaya Terlalu Sering Konsumsi…

Meskipun nasi goreng memiliki…

Kesehatan
Awas! Konsumsi Kimchi Berlebihan…

Meskipun disebut sebagai makanan…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Makanan yang tidak boleh…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Jerawat Dipunggung Secara Alami

Cara ampuh menghilangkan jerawat dipunggung…

Tips
Pertolongan Pertama Saat Keseleo

Pertolongan Pertama Saat Keseleo anak…

Tips
Tips Cara Memasak Sayuran Agar Nutrisinya Tidak Hilang

tips cara menikmati sayuran agar…

Kirim Pertanyaan
Top