Jenis Penyakit Paru-paru Serta Penyebab Dan Gejalanya

Share dan Tag Temanmu di :

Berbagai jenis penyakit yang menyerang paru-paru. Namun, jenis penyakit paru-paru belum diketahui oleh sebagian orang. Padahal jenis penyakit paru-paru sangat penting untuk diketahui. Karena bila anda mengetahuinya secara dini dan bila anda mengalami salah satu jenis penyakit paru-paru, diharapkan pengobatannya pun akan maksimal.


Sama seperti jantung, paru-paru juga merupakan organ vital dalam tubuh manusia yang harus kita jaga kesehatannya. Karena bila tidak menjaga kesehatan paru-paru misalnya sering merokok dan jarang olahraga. Maka paru-paru pun akan mengalami gangguan. Bila paru-paru mengalami gangguan, maka akan merasakan gejala sesak nafas bahkan kesulitan bernafas.

Jenis Penyakit Paru-paru Serta Penyebab Dan Gejalanya

Pneumonia

Salah satu jenis penyakit paru-paru adalah pneumonia. Pneumonia atau disebut juga dengan radang paru-paru adalah peradangan di salah satu atau kedua paru-paru. Pneumonia dapat disebabkan oleh bakteri streptococus pneumonia.

Gejala penyakit pneumonia demam, tubuh terasa dingin, berkeringat, batuk kering dan batuk berdahak dimana dahaknya berwarna kuning ataupun hijau.

Mencegah lebih baik daripada mengobati. Berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mencegah pneumonia diantaranya menjaga kebersihan diri sendiri, menerapkan pola hidup sehat, kurangi dan hindari kebiasaan merokok dan hindari asap rokok. Dan pada anak-anak pencegahannya dengan melakukan imunisasi.

Kanker paru-paru

Jenis penyakit paru-paru yang harus diwaspadai adalah kanker paru-paru. Orang yang sering merokok beresiko tinggi terkena penyakit ini. Oleh karena itu untuk mencegah tumbuhnya sel kanker pada jaringan paru-paru, maka ubah gaya hidup anda yaitu hindari merokok dan bagi perokok pasif maka hindari asasp rokok. Selain itu, konsumsi makanan yang kaya akan kandungan antioksidan.

Gejala kanker paru-paru akan terlihat jika kanker telah membesar dan juga menyebar ke seluruh tubuh. Dan gejalanya  yaitu batuk berdarah, dada terasa sakit, sesak nafas dan mudah lemas.

Bronkitis

Bronkitis adalah peradangan apda bronkus. Penyakit bronkitis dapat disebabkan oleh infeksi bakteri, kuman dan virus. faktor lainnya yang dapat menyebabkan bronkitis adalah asap rokok, debu dan polusi udara.

Gejala bronkitis batuk disertai dengan dahak yang berwarna kuning, demam dan sesak nafas selama berbulan-bulan. Sama seperti jenis penyakit paru lainnya, pencegahan penyakit bronkitis juga yaitu hindari kebiasaan merokok, hindari asap rokok dan tingkatkan imun daya tahan tubuh.

TBC

TBC atau disebut juga tuberculosis adalah jenis penyakit paru-paru yang disebabkan oleh bakteri mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini dapat menyebar dari penderita TBC pada orang lain melalui percikan air liur penderitanya.

Gejala TBC diantaranya batuk tidak kunjung sembuh, bahkan batuk berdarah, menurunnya nafsu makan dan demam tinggi.   

Asma

Asma biasanya terjadi karena melakukan aktivitas berat dan alergi. Gejala asma diantaranya sesak nafas disertai dengan suara mengi dan terasa nyeri di bagian dada. Bagi penderita asma, bila gejala asma kambuh maka sebaiknya periksakan pada dokter. Karena gejala asma bila dibiarkan bisa bertambah parah dan menyebabkan kematian.

Emfisema

Emfisema adalah jenis penyakit paru-paru obstruktif. Ada beberapa faktor yang menjadi penyebab emfisema yaitu kebiasaan merokok, faktor usia, polusi udara, asap rokok, dan adanya riwayat infeksi saluran napas bawah berulang.

Gejala emfisema yaitu sesak nafas, batuk, suara mengi ketika bernafas. Dan bila penderita emfisema mengalami gejala menurunnya kemampuan untuk menjalani aktivitas dan olahraga dan bibir dan kuku berubah warna menjadi biru atau abu-abu, maka sebaiknya periksakan pada dokter.

Itulah beberapa jenis penyakit paru-paru serta penyebab, gejala dan pencegahannya. Agar terhindar dari berbagai jenis penyakit paru-paru, maka sebaiknya selalu menjaga kesehatan paru-paru. Cara menjaga kesehatan paru-paru yaitu dengan olahraga secara rutin, konsumsi makanan sehat dan bergizi seimbang, kurangi dan hindari merokok.

By Rizka Ardiana - Penyakit Kamis, 22 Juni 2017 14:27:36

Related Post :
Kesehatan
Hindari Makanan Ini Bila…

Diet anda ingin berhasil?…

Manfaat
Manfaat Kentang Untuk Kulit…

Tahukan anda apa saja…

Kesehatan
Waspadai Acanthosis Nigricans Atau…

Waspadai acanthosis nigricans atau…

Tips
Tips Cara Mengatasi Kapalan…

Tips cara mengatasi kapalan…

Penyakit
Penyakit Berbahaya Akibat Sering…

Kebiasaan menahan kencing merupakan…

Manfaat
Jangan Dibuang! Bagian Buah…

Buah dan sayur banyak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenali Kondisi Gangguan Hilang Ingatan atau Amnesia

Hilang ingatan atau amnesia merupakan…

Penyakit
Waspadai Penyebab Pengentalan Darah Pada Ibu Hamil

Waspadai penyebab pengentalan darah pada…

Penyakit
Jenis-jenis Kista Beserta Gejala Dan Bahayanya

Informasi tentang penyakit kista, jenis-jenis,…

Kirim Pertanyaan
Top