Sayur dan Buah Yang Memiliki Kandungan Asam Folat Tinggi

Share dan Tag Temanmu di :

Sayur dan Buah Yang Memiliki Kandungan Asam Folat Tinggi

Asam folat atau dikenal dengan vitamin B9 merupakan nutrisi yang sangat penting dibutuhkan bagi kesehatan tubuh. Menurut penelitian yang telah membuktikan bahwa jenis asam ini sangat penting bagi pertumbuhan dan regenerasi sel, perbaikan DNA, dan pembentukan sel darah merah. Jika tubuh anda kekurangan asam folat akan berakibat buruk pada kondisi mental misalnya depresi karena asam folat salah satu jenis vitamin essensial yaitu tubuh tidak dapat memproduksi sendiri namun harus cukup mendapat asupan nutrisi setiap dari dari sumber makanan. Dan juga sangat penting untuk ibu hamil untuk mendapat nutrisi asupan asam folat, jika tidak maka dapat menyebabkan bayi cacat lahir dan keterbelakangan mental dan pada orang dewasa dapat meningkatkan resiko penyakit kanker dan alzhaimer.


Sayur dan Buah Terbaik Yang Memiliki Kandungan Asam Folat Tinggi

Ternyata vitamin jenis ini dapat diperoleh dari makanan seperti jenis buah dan sayur, agar anda tidak kekurangan asam folat demi kelahiran bayi sehat, ibu hamil atau wanita yang akan hamil dianjurkan untuk mencukupi diet sehat dnegan makan sayur dan buah yang banyak mengandung nutrisi atau vitamin B9 atau yang kaya akan kandungan asam folat, berikut diantaranya:

  • Jeruk

1 buah jeruk terdapat sekitar 50 mcg asam folat dan segelas jus jeruk dapat memberikan lebih banyak asam folat sehingga jeruk merupakan buah yang mengandung asam folat tinggi. Buah lainnya termasuk anggur, pepaya, melon, pisang, dan strawberry.

  • Kecambah

Kecambah atau dikenal dengan toge merupakan jenis sayuran yang mengandung asam folat dengan memakan 1 cangkir kecambah dapat memperoleh 25% dari jumlah harian yang direkomendasikan. Selain itu, kecambah juga memiliki kaya akan vitamin A, C, E, dan K, serta mangan dan calium.

  • Brokoli

Brokoli sayuran yang dikenal memiliki khasiat untuk mendetox alami dan ternyata brokoli memiliki sumber asam folat yang baik. Dengan hanya 1 cangkir brokoli dapat memberikan sekitar 24% dari kebutuhan harian dan lagi dengan berbagai jenis nutrisi penting lain. Makanlah brokoli mentah yang organik atau dikukus setengah matang.

  • Labu

Banyak sekali gizi yang terdapat dalam labu yang akan memberikan asam folat harian anda sekitar 14% atau hanya 1 cangkir labu mengandung sekitar 57 mcg.

  • Kacang-kacangan

Kacang polong dan buncis termasuk makanan jenis kacang yang mengandung asam folat tinggi dengan hanya semangkok kecil dari setiap jenis kacang sudah memberikan sebagian besar jumlah asupan harian asam folat. Jenis kacang lainnya yaitu kacang merah dan kacang hijau.

  • Jagung

Jagung memiliki kandungan asam folat terbaik dengan hanya dimasak sudah memberikan sekitar 76 mcg atau hampir 20% dari kebutuhan harian dan sangat disarankan memilih sayuran organic segar agar mendapatkan sumber nutrisi terbaik.

  • Bit

Bit merupakan sumber antioksidan yang sangat baik yang dapat membantu detoksifikasi tubuh dan juga dikenal sebagai salah satu makanan sumber asam folat terbaik. Dengan hanya 1 cangkir bit rebus dapat menyediakan sekitar 136 mcg atau 34% dari kebutuhan setiap hari.

  • Tomat dan wortel

Tomat memiliki kandungan tinggi serat dan vitamin C yang kaya asam folat dengan hanya 1 cangkir jus tomat dapat memberikan sekitar 49 mcg. Selain itu, wortel yang dikenal mengandung vitamin A dan juga mengandung hampir 5% dari kebutuhan harian asam folat. Konsumsilah wortel dengan di jus atau dicampur salad sehingga dapat membantu meningkatkan kebutuhan harian anda.

Itulah beberapa sayur dan buah pilihan terbaik yang memiliki asam folat tinggi yang harus anda konsumsi untuk menjaga kesehatan tubuh.

By Ana Rediana - Kesehatan Kamis, 22 Juni 2017 14:59:08

Related Post :
Tips
Cara Merawat Luka Caesar…

Cara merawat luka caesar…

Kesehatan
Wajib Tahu! Ini Faktor…

Berikut ini merupakan beberapa…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Alergi dan…

Inilah beberapa penyebab alergi…

Daun
Khasiat Daun Sambiloto Bagi…

Manfaat dan khasiat daun…

Manfaat
Mengetahui Berbagai Manfaat Bawang…

Tidak hanya sebagai bumbu…

Penyakit
Tanda Dan Gejala Penyakit…

Tanda awal dan gejala…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?

  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?


Kesehatan
Makanan Untuk Melancarkan Haid Yang Tidak Teratur

Makanan untuk melancarkan haid yang…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh Disimpan Di Dalam Kulkas

Tidak semua jenis makanan dapat…

Kesehatan
Obat dan Makanan Ini Tidak Boleh Dikonsumsi Bersamaan

Sebelum mengonsumsi obat, kita harus…

Kirim Pertanyaan
Top