Suplemen Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Zinc, Suplemen Untuk Memperkuat Sistem Kekebalan Tubuh
Zinc merupakan mineral yang diperlukan tubuh untuk membantu penyembuhan luka, memperkuat sistem imun atau kekebalan tubuh, mengurai karbohidrat, membantu pertumbuhan sel, serta membantu peran indera penciuman dan perasa. Asupan zinc bisa didapat dari makanan seperti tiram pada artikel manfaat jamur tiram, daging unggas, daging merah, sereal biji-bijan utuh, serta produk susu. Karena jumlah zinc yang diperlukan tubuh tidak banyak, maka jangan sampai asupan zinc melebihi batas karena bisa menyebabkan keracunan.



Adapun suplemen zinc hanya diperbolehkan dikonsumsi oleh mereka yang kekurangan mineral ini. Seseorang mengalami defisiensi zinc saat sedang diare parah, sirosis pada organ hati, mengalami penyakit yang membuat usus sulit menyerap zinc, kecanduan minuman keras, atau setelah melakukan operasi besar. Gejala atau komplikasi yang terjadi saats eseorang kekurangan zinc dalam tubuh adalah mengalami gangguan sistem kekebalan tubuh, pertumbuhan terhambat, serta rentan terkena diare dan infeksi.


Zinc sulfat bisa dibeli di apotek secara bebas dan tersedia dalam berbagai merk. Obat yang berbentuk larut ini harus diwaspadai jika dikonsumsi ibu hamil dan menyusui. Konsultasikan pada dokter jika Anda sedang mengonsumsi antibiotik serta obat-obatan yang mengandung kalsium atau zat besi. Begitu juga jika Anda menderita penyakit ginjal. Mengonsumsi zinc sulfat berlebihan bisa membuat ginjal rusak .

Artikel terkait seputar ginjal :

Obat alami batu ginjal

Mengenai dosis zinc sulfat, untuk setiap 125 mg tablet zinc sulfat mengandung 45 miligram unsir zinc. Berikut dosis zinc sulfat berdasarkan pengguna dan berat badan.


-Untuk dewasa dan anak-anak yang berbobot lebih dari 30 kilogram, dosisnya 125 miligram dengan frekuensi 1 sampai 3 kali sehari.
-Untuk anak-anak dengan berat badan 10 sampai 30 kilogram, dosisnya 62,5 miligram dengan frekuensi 1 sampai 3 kali sehari.
-Untuk anak-anak dengan berat badan kurang dari 10 kilogram, dosisnya 62,5 miligram dengan frekuensi 1 kali sehari.


Pakai suplemen zinc sulfat sesuai keterangan yang tertera pada kemasan. Jika ragu, tanyakan kepada dokter. Pasien sebaiknya rutin menjalani pemeriksaan untuk memastikan perkembangan kondisi serta efektivitas suplemen. Dianjurkan untuk mengonsumsinya dengan makanan maupun sesudah makan dengan cara dilarutkan dalam segelas air. Jika sedang mengonsumsi obat-obatan lain yang mengandung kalsium atau zat besi, sebaiknya tidak dikonsumsi dalam waktu yang berdekatan dengan mengonsumsi zinc sulfat. Beri tahu kepada dokter jika sedang mengonsumsi antibiotik karena zinc bisa membuat kinerja antibiotik terhambat.


Berikut efek samping zinc sulfat yang mungkin terjadi:
-mual dan muntah
-sakit kepala
-sakit perut
-uring-uringan

Artikel terkait seputar pencernaan:

Obat alami ambeien
Obat pelangsing perut berbahaya

By Diane Rosse A.Md.Keb - Obat Kimia Rabu, 22 Juni 2016 16:08:39

Related Post :
Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Belalang…

Manfaat mengonsumsi daging belalang…

Manfaat
Inilah Berbagai Manfaat Akar…

Beragam mangaat akar kuning…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Obat Untuk Mengatasi Infeksi…

Tips
Cara Alami Menghilangkan Lipoma…

Cara alami menghilangkan lipoma…

Kesehatan
Ingin Terhindar Dari Flu…

Anda ingin terhindar dari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Obat hp pro plus dg amoxicillin

    0 Balasan

    Obat Kimia

    Suami saya sedang konsumsi obat hp pro plus,,tapi beliau merasa badannya meriang/demam.. Apakah boleh beliau minum amoxicillin berbarengan dengan obat hp pro plus nya?? Tlg dijawab segera.. Terima kasih..

  • obat infeksi sulfadiazine

    1 Balasan

    Obat Kimia

    bu mau naya, dimana saya bisa beli obat sulfadiazine, masalahnya saya sudah mencari semua apotik sampai ke pasar pramuka juga belum ketemu. ada referensi, atau link, ada indent juga boleh…

  • Putus obat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Apa efek putus obat minum risperidone 2mg malam & risperidone ½mg + elizac 20mg pagi?

  • Efek samping obat alporinil sebagai penurun asam urat

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok saya menderita asam urat sejak tahun 2013 silam ketika umur saya 22 tahun, saya sering mengkonsumsi obat alporinil untuk penurun asam urat, apakah ada efek sampingnya jika trs dikonsumsi…

  • efek samping konsumsi obat amlodipine untuk menurunkan darah tinggi

    1 Balasan

    Obat Kimia

    Dok, ibu saya sudah lama menderita tekanan darah tinggi dan sering mengonsumsi obat amlodipine. apakah aman mengonsumsi obat amlodipine secara terus menerus dalam jangka panjang ? dan apa efek sampingnya…


Obat Kimia
Khasiat Obat Esomeprazole untuk Mengatasi GERD

GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease)…

Obat Kimia
Obat Kimia Calcitriol Untuk Masalah Tulang

Obat Kimia Calcitriol Untuk Masalah…

Obat Kimia
Obat Pencegah Serangan Penyakit Gout Allopurinol

Obat Pencegah Serangan Penyakit Gout…

Kirim Pertanyaan
Top