Mengenal Gangguan Tidur Microsleep yang Ancam Pemudik

Share dan Tag Temanmu di :

Akitivitas yang padat atau banyaknya pekerjaan yang harus segera diselesaikan memaksa kita untuk tetap terjaga hingga larut malam dan mengurangi waktu tidur. Tentu saja hal ini dapat membuat siapapun kekurangan tidur dan dampaknya bisa mengantuk ketika beraktivitas disiang hari. Ketika ini terjadi, otak masih merasakan kelelahan namun tetap bertahan agar kita tetap terjaga. Akibatnya kita bisa mengalami gangguan tidur microsleep atau tertidur secara tiba-tiba namun hanya dalam waktu yang sangat singkat.


Microseleep merupakan tidur ringan yang hanya terjadi selama 5 hingga 10 detik. Hal ini terjadi secara tidak sengaja oleh otak untuk tertidur dan dalam situasi yang monoton. Biasanya orang-orang akan terbangun dari tidur ini karena mengalami sentakan dari kepalanya. Inilah sebabnya mengapa microsleep bisa mengancam para pemudik yang membawa kendaraan pribadi.

Secara sederhana, microsleep terjadi karena otak memasuki kondisi istirahat atau tidur saat tubuh masih beraktivitas dalam kondisi terjaga. Hal ini disebabkan karena otak tidak dapat bertahan diantara rasa lelah dan kondisi terjaga. Walaupun begitu, tidak semua bagian otak tertidur.

Microseleep ini disebabkan oleh kelelahan.  Dalam kondisi normal, otak dapat menangkap dan memproses berbagai hal stimulus, sedangkan jika mengalami kelelahan terjadi penurunan konsentrasi sehingga fungsi ini menjadi lebih terbatas terhadap stimulus yang lebih kuat. Itulah sebabnya mengapa mereka yang mimiliki pekerjaan yang monoton akan lebih mungkin mengalami rasa kantuk terutama ketika kurangan tidur

Jika kehadirannya tidak segera diatasi, maka episode microsleep akan semakin sering terjadi dan berlangsung lebih lama hingga akhirnya Anda benar-benar tertidur. 

Sentakan kepala di situasi yang berbahaya dan berisiko, seperti saat sedang mengemudi atau meeting terkadang bisa mencegah episode lanjutan. Hal ini disebabkan karena rasa kaget dan pemahaman atas apa yang terjadi memicu aliran adrenalin ke seluruh penjuru tubuh.

Pengemudi, terutama mereka yang mengemudi dalam waktu yang lama, seperti saat mudik jadi lebih rentan terhadap risiko microsleep. Ini disebabkan karena mengemudi merupakan salah satu kegiatan yang monoton. Pengemudi yang masih berusia muda lebih berisiko mengalami microsleep karena secara umum mereka memerlukan jam tidur yang lebih panjang. 

Menurut Departemen Transportasi, diperkirakan hampir 20% kecelakaan terjadi di jalan raya berhubungan dengan tidur. 

Microseleep lebih rentan terjadi pada sore hari, ketika kadar energi pada tubuh mengalami penurunan, dan pada malam hari saat Anda biasanya tidur.

Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya cari tempat parkir yang aman dan konsumsilah minuman yang mengandung 150 mg kafein. Kafein ini baru akan memiliki efek setelah 20 menit. Sehingga Anda memiliki waktu sekitar 15 menit untuk beristirahat dan 5 menit untuk menyegarkan diri sebelum melanjutkan perjalanan mudik. Selain itu, pastikan juga Anda tidak berkendara terlalu lama. 

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 23 Juni 2017 15:54:55

Related Post :
Tips
Pilihan Pengobatan Alternatif Sakit…

Sakit telinga merupakan salah…

Penyakit
Wajib Tahu! Ini Penyebab…

Wajib tahu! ini penyebab…

Alami
Obat Jantung Lemah Berdebar…

Obat Jantung Lemah Berdebar…

Tips
Cara Sederhana untuk Bantu…

ternyata ada cara sederhana…

Kesehatan
Mengetahui Kanker Nasofaring yang…

Baru-baru ini aktor Korea…

Penyakit
5 Penyakit Ini Tanda…

5 penyakit ini tanda…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Sindrom Tourette yang Dialami Tora Sudiro

Beberapa waktu lalu Tora Sodiro…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top