Jenis-Jenis Injeksi Lutut untuk Mengatasi Osteoarthritis

Share dan Tag Temanmu di :

Siapapun pasti pernah mengalami yang namanya nyeri sendi. Bahkan, penyakit yang disebut sebagai penyakit orang tua ini kini juga banyak dialami oleh mereka yang berusia muda. Terdapat berbagai faktor yang bisa menyebabkan nyeri sendi, seperti proses penuaan, trauma, dan faktor lainnya. 

Osteoarthritis atau disebut juga pengapuran sendi merupakan salah satu penyakit yang dapat menyerang sendi. Penyakit ini merupakan penyakit sendi degeneratif yang mempengaruhi tulang rawan persendian. 

Osteoarthritis biasanya diawali dengan nyeri yang dapat ditahan. Jika Anda mengalami nyeri pada salah satu sendi dengan frekuensi yang tidak normal atau nyeri yang timbul mengganggu aktivitas Anda, maka disarankan untuk segera berkonsultasi dengan dokter. 


Dokter biasanya akan meresepkan obat osteoarthritis untuk dikonsumsi dan menyarankan perubahan gaya hidup sebelum memberikan pilihan pengobatan lainnya. 

Selain mengonsumsi obat oral, dokter juga dapat menyarankan pemberian obat melalui injeksi lutut. Berikut ini jenis-jenis injeksi lutut untuk mengatasi osteoarthritis yang bisa dilakukan, diantaranya adalah :

  • Kortikosteroid

Pemberian kortikosteroid ini bermanfaat untuk mengurangi inflamasi atau pembengkakan. Meskipun kortikosteroid yang diminum bisa digunakan untuk mengobati rematik, namun obat minum ini tidak menjadi pilihan utama bagi penderita osteoarthritis. 

Kortikosteroid yang disuntikkan langsung ke sendi lutut penderita osteoarthritis akan bekerja lebih efektif. Pengobatan ini akan menyasar langsung pembengkakan atau inflamasi pada sendi sehingga tulang-tulang pada sendi tersebut tidak saling bersinggungan ketika bergerak. 

Injeksi ini memang dapat meredakan nyeri dan inflamasi secara cepat. Namun, disisi lain, injeksi kortikosteroid tidak selalu memberikan efek pada semua orang. Selain itu, Anda juga tidak bisa menerima injeksi jika lutut sudah dalam kondisi rusak berat. 

Dosis injeksi yang dapat diterima juga terbatas, biasanya hanya 1 kali dalam 3 atau 4 bulan pada sendi yang sama. Menerima injeksi kortikosteroid terlalu banyak dapat menyebabkan pemecahan tulang rawan dan memperberat kondisi lutut. Selain itu, terlalu sering menerima injeksi ini juga dapat meningkatkan risiko tekanan darah, osteoporosis dan atrofi kulit. 

  • Asam hialuronat

Pada penderita osteoarthritis, lutut mungkin mengalami kekurangan asam hialuronat. Zat ini berfungsi untuk melapisi tulang rawan dan berguna sebagai pelumas serta peredam sehingga lutut dapat bergerak dengan bebas. 

Terapi ini bertujuan untuk menggantikan asam hialuronat alami dan mencegah tulang saling bergesekan. Selain itu, zat ini juga dapat meredakan inflamasi dan mengurangi nyeri. 

Disisi lain, injeksi asam hialuronat ini memberi efek pereda nyeri dan inflamasi yang lebih lama timbulnya (tidak secepat injeksi kortikosteroid). Dimana, jika efek injeksi kortikosteroid dapat terasa paling cepat setelah 2 minggu, namun efek injeksi asam hialuronat baru dapat dirasakan penuh setelah 5 minggu. Pada beberapa orang bahkan juga bisa saja tidak merasakan manfaatnya. 

  • Athrocentesis (pengisapan cairan)

Berbeda dengan jenis injeksi lutut sebelumnya, prosedur ini justru mengisap cairan dari sendi lutut. Mengeluarkan cairan berlebih pada lutut akan membantu mengurangi rasa sakit dan bengkak secara langsung. Terkadang prosedur ini dilakukan setelah penderita menjalani suntik kortikosteroid atau asam hialuronat.

Akan tetapi, perlu diketahui bahwa prosedur ini juga memiliki efek samping, seperti memar, bengkak, atau infeksi pada tempat penyuntikan. 

By Sri Maryati - Kesehatan Selasa, 04 Juli 2017 11:09:55

Related Post :
Tips
Tips Cara Memakai Kondom…

Ikuti cara memakai kondom…

Tips
Cara Mengobati Penyakit Hepatitis…

Cara mengobati penyakit hepatitis…

Alami
Cara Membuat Masker Alami…

cara membuat atau meracik…

Penyakit
Mengenal Gejala dan Penyebab…

Mengenal gejala dan penyebab…

Alami
Obat Radang Tenggorokan Tradisional…

Mengobati radang tenggorokan secara…

Ibu Dan Anak
Anak Susah Makan ?…

Anak sulit makan menjadi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Buah-buahan yang Baik Dikonsumsi Oleh Penderita Rematik

Buah-buahan yang baik dikonsumsi oleh…

Kesehatan
Jenis-jenis Sayuran Terbaik Untuk Diet

Punya berat badan yang ideal…

Kesehatan
Jauhi Sekarang! Ini Bahaya Tidur Larut Malam Bagi Wanita

Jauhi sekarang! Ini bahaya tidur…

Kirim Pertanyaan
Top