Pilihan Olahraga yang Tepat Bagi Penderita Osteoarthritis

Share dan Tag Temanmu di :

Meskipun mengalami gangguan pada sendi, seperti osteoarthritis, namun Anda harus tetap berolahraga. Pasalnya, olahraga dapat membantu meningkatkan kondisi kesehatan penderita osteoarthritis. 

Osteoarthritis merupakan peradangan pada sendi yang bersifat kronik akibat proses pengapuran. Jika terus dibiarkan tanpa pengobatan, maka bisa terjadi kerusakan pada tulang dan jaringan sekitarnya, hingga menimbulkan cacat permanen. 


Olahraga seringkali dihindari oleh para penderita osteoarthritis, pasalnya takut menimbulkan rasa nyeri. Melakukan aktivitas berat memang dapat menimbulkan rasa nyeri, namun kurang bergerak juga bisa membuat sendi menjadi kaku. Maka dari itulah, olahraga harus tetap dilakukan meskipun Anda menderita penyakit osteoarthritis. 

Walaupun begitu, Anda harus tetap berhati-hati ketika akan melakukan olahraga. Agar tidak salah pilih, berikut ini pilihan olahraga yang tepat bagi penderita osteoarthritis, diantaranya adalah :

  • Aerobik (endurance)

Olahraga jenis ini dapat membantu meningkatkan kekuatan jantung dan paru-paru, mengurangi rasa lelah, meningkatkan stamina, juga membantu menjaga atau menurunkan berat badan sehingga mengurangi beban persendian. Beberapa jenis aerobik yang dapat dilakukan adalah berenang, berjalan, dan bersepeda. Lakukanlah olahraga ini 3 kali dalam seminggu secara rutin.

  • Fleksibilitas (range of motion)

Range of motion artinya kemampuan sendi untuk bergerak secara normal sesuai dengan fungsinya. Karena rasa nyeri dan kaku yang timbul pada sendi, biasanya penderita osteoarthritis memiliki keterbatasan dalam menggerakan sendi. Salah satu contoh dari latihan ini adalah latihan peregangan otot atau stretching yang sebaiknya dilakukan setiap hari. 

Tai-chi merupakan salah satu olahraga dari China yang mencakup latihan kekuatan otot, fleksibilitas, dan keseimbangan. Menurut penelitian, latihan tai-chi yang dilakukan secara rutin selama 24 minggu pada 35 orang wanita di China dengan osteoarthritis sendi lutut terbukti efektif mengurangi rasa nyeri, kaku, dan meningkatkan fungsi sendi. 

  • Strengthening

Olahraga ini bertujuan untuk meningkatkan kekuatan otot sehingga dapat membantu menopang dan melindungi sendi. Penderita osteoarthritis di sendi lutut bisa mencoba melakukan latihan otot quadriceps. Menurut sebuah studi yang melibatkan 142 pasien osteoarthritis sendi lutut, latihan kekuatan otot quadriceps yang dilakukan selama 8 minggu sama efektifnya dengan mengonsumsi obat antinyeri golongan NSAID. 

Cara untuk melakukan latihan ini cukup mudah. Pada posisi duduk, lakukan gerakan menaik-turunkan kaki bagian bawah. Ulangi latihan ini 20 kali dan lakukan 4 kali dalam sehari. 

Perlu diketahui, terdapat beberapa jenis olahraga yang sebaiknya dihindari oleh penderita osteoarthritis, diantaranya seperti lari (jogging), lompat tali, aerobik intensitas tinggi atau high impact. 

Nah, kini Anda telah mengetahui cara lain untuk membantu meringankan penyakit osteoarthritis selain dengan mengonsumsi obat osteoarthritis yang telah diresepkan. Lakukan olahraga yang tepat bagi penderita osteoarthritis tersebut secara rutin dan teratur. Sehingga kondisi kesehatan Anda dapat terjaga dengan baik. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 05 Juli 2017 10:02:59

Related Post :
Kesehatan
Penyebab Kapalan Di Telapak…

Kapalan atau yang disebut…

Manfaat
Efek Samping dan Manfaat…

Efek samping dan manfaat…

Kesehatan
Inilah Penyakit Yang Timbul…

Inilah penyakit yang timbul…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Inilah kandungan gizi dan…

Ibu Dan Anak
Cara Mengobati Telinga Bernanah…

Berikut adalah cara mengobati…

Kesehatan
Daftar Menu Sarapan Sehat…

Daftar menu sarapan sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Benarkah Air Embun Mampu Turunkan Kolesterol? Ini Faktanya

Mungkin kita pernah mendengar mengenai…

Kesehatan
Kesehatan
Mencegah dan Mengatasi Stres dengan Manfaat Nutrisi Alami

Selain berlibur atau beristirahat, beberapa…

Kirim Pertanyaan
Top