Mengetahui Penyebab Insomnia Pada Pria Dan Wanita

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab insomnia tentunya perlu di ketahui sejak dini terlebih oleh penderitanya sendiri. Karena berbagai cara yang telah di tempuh untuk mengatasinya di lakukan tanpa menghindari pemicunya itu tetap akan sia-sia.


Insomnia adalah suatu kondisi pada saat seseorang mengalami kesulitan tidur ataupuhn tidak bisa cukup tidur dengan waktu yang di btuhkan oleh tubuh meski dia memiliki kesempatan untuk melakukannya. Kondisi ini sering kali di alami baik oleh pria maupun wanita, entah itu anak, remaja, lansia, ibu hamil juga mahasiswa yang tengah menyusun skripsi saya yakin juga sering mengalaminya. Insomnia ini bisa menyebabkan kondisi fisik si penderita menjadi kurang cukup fit pada keesokan harinya.

Gejala insomnia pada setiap penderitanya akan berbeda-beda. Seperti halnya beberapa dari pada penderitanya ada yang berbaring dalam keadaan terjaga untuk waktu yang cukup lama  sebelum bisa benar-benar tertidur. Sebagiannya lagi ada juga yang terbangun beberapa kali dari tidurnya saat masih dini dan tidak bisa tidur kembali hingga pagi menjelang.

Nah, jika tubuh mendapatkan porsi istirahat yang kurang cukup secara berkesinambungan, bukan tak mungkin jika dapat memicu gangguan kesehatan yang mempengaruhi tubuh. Untuk itu, jika anda tindak ingin hal tersebur terjadi pada anda, segera lakukan pengobatan baik secara medis maupun menggunakan obat insomnia alami yang bisa anda manfaatkan dari tumbuhan obat yang terdapat di sekitar kita.

Namun sebelum itu, berbagai pemicu insomnia pun sebaiknya anda ketahui terlebih dahulu, sehingga penangan yang di lakukan akan jauh lebih efektif karena penyebabnyapun terlebih dahulu dapat kita hindari dan atasi secara maksimal.

Berbagai penyebab insomnia atau susah tidur pada pria dan wanita

Penyebab dari seorang mengidak penyakit insomnia bisa bermacam-macam, yang mana di antaranya meliputi masalah psikologi, masalah kesehatan fisik, efek samping dari beberapa jenis obat-obatan tertentu, serta kenyamanan dari tuang itu sendiri. Adapun untuk rinciannya adalah sebagai berikut.

1. Masalah psikologi

Pemicu yang satu serig kali menjadi faktor utama munculnya gejala insomnia, yang mana salah satunya adalah karena tingkatan stres yang di miliki cukup tinggi. Seperti stres akibat sekolah, pekerjaan, keuangan, hubungan keluarga hingga sosial. Selain itu, depresi kecemasan hingga penyakit mental seperti skizofrenia dan bipolar juga bisa menyebabakan  penderitanya susah tidur.

2. Memiliki masalah kesehatan fisik

Beberapa orang pun menderita insomia atau kesulitan tidur di sebabkan oleh adanya masalah kesehatan yang mereka miliki seperti halnya menderita penyakit yang menyebabkan nyeri berkepanjangan, gangguan penapasan (asma, penyakit paru-paru dan lainnya), gangguan jantung, gangguan hormon, masalah otot dan sendi, gangguan pencernaan, stroke dan masih banyak lagi yang lainnya.

3. Pola hidup yang buruk

Insomnia juga bisa di picu oleh kebiasaan ataupun pola hidup yang kita jalani, seperti halnya waktu tidur yang tidak tetap, selalu mengonsumsi makanan dalam porsi besar serta mengonsumsi makanan atau minuman yang mengandung kafein dan alkohol terlalu banyak.

4. Faktor lingkungan

Lingkungan kamar tidur yang tidak terlalu nyaman juga pada umumnya bisa mengganggu tidur seseorang. Seperti halnya suhu kamar yang terlalu panas atau digin, suara bising, cahaya lampu terlalu terang dan masih banyak lagi yang lainnya.

5. Obat-obatan tertentu

Perlu anda ketahui, bahwasannya beberapa diantara jenis obat, baik yang di jual secara bebas maupun resep juga memiliki efek samping yang menyebabkan susah tidur atau insomnia bagi orang yang mengonsumsinya. Beberapa diantara contoh obat tersebut diantaranya adalah, obat anti-inflamasi non-steroid/ OAINS, Salmeterol, salbutamol, dan theophulline (obat-obatan asma), obat penghambat beta (untuk darah tinggi), beberapa jenis obat antidepresan, obat-obatan alergi, obat-obatan steroid, obat-obatan stimulan serta obat-obatan epilepsi.

Nah, sekarang anda telah mengetahui berbagai penyebab insomnia berat maupun ringan yang berkepanjangan baik pada pria dan wanita. Dan sebagai solusinya kami menyarankan agar sebelum melakukan pengobatan insomnia, sebaiknya mengatasi berbagai penyebabnya terlebih dahulu, seperti menerapkan pola hidup yang baik, melakukan relaksasi untuk menghilangkan rasa stres, menata kamar tidur senyaman mungkin hingga memilih obat-obatan yang tidak mengandung efek samping insomnia.

By Nida Saripah - Kesehatan Rabu, 05 Juli 2017 10:13:27

Related Post :
Obat Kimia
Mengetahui Kandungan dan Efek…

Mengetahui kandungan serta efek…

Tips
Cara Alami Menghilangkan Bopeng…

Jerawat di wajah seringkali…

Penyakit
Jenis-jenis Kanker Serta Gejala…

Informasi tentang jenis-jenis kanker…

Kesehatan
Penyebab Pusing saat Berolahraga…

Pusing saat berolahraga bisa…

Penyakit
Kenali Penyebab Sakit Kepala…

Kenali penyebab sakit kepala…

Tips
Cara Menambah Berat Badan…

Tips dan cara menambah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?

  • Sakit perut saat haid apakah berbahaya?

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya sering kali sakit perut atau kram saat haid berlangsung mulai dari pertama kali saya mengalami menstruasi. Namun biasanya nyeri itu hanya berlangsung 1-2 hari pertama haid. Namun, beberapa bulan…

  • Buat Obat infeksi paru-paru

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah bisa buat obat infeksi paru-paru untuk anak-anak ?...

  • menyembuhkan suara serak

    1 Balasan

    Kesehatan

    apakah yang harus dilakukan bila suara serak dalam seminggu tidak dapat sembuh?


Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita Penyakit Osteoporosis

Pantangan makanan bagi penderita penyakit…

Kesehatan
Tanda Dan Gejala Jantung Koroner Pada Wanita

Mengetahui penyebab, tanda, gejala dan…

Kesehatan
Kirim Pertanyaan
Top