Berbagai Khasiat Dan Manfaat Daun Jati Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun jati bagi masyarakat aam hanya di kenal sebagai pembungkus makanan tradisional seperti Nasi jamblang khas Cirebon, Gudeg khas Yogyakarta, Peuyeum ketan khas Tasikmalaya dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun tak hanya sekedar pembungkus, ternyata peuyeum ketan sendiri memiliki khasiat yang cukup besar untuk kesehatan anda. Ingin tahu informasi selengkapnya? mari kita simak bersama informasi berikut ini.


Daun jati adalah salah satu jenis daun yang memiliki ukuran cukup lebar jika di bandingkan dengan jenis daun lainnya. Mungkin anda mengenal pohon jati (Tectona Grandis) sebagai pohon yang memiliki kualitas kayu terbaik untuk di jadikan bahan dalam bangunan maupun perabotan ruman. Namun jangan salah, pohon yang bisa hidup selama bertahun-tahun dengan ketinggian 3 meter lebih ini ternyata bagian daunnya juga bisa di manfaatkan untuk kepentingan lainnya. Terlebih yang ada kaitannya dalam dunia kesehatan.

Hal tersebutpun tidak luput dari berbagai penelitian yang telah di lakukan akan daun yang satu ini. Dasn dari penelitian tersebut di ketahui bahwasannya di dalam daun jati sendiri terkandung berbagai senyawa yang sangat baik untuk kesehatan, yang diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Saponin: Sejenis senyawa yang bertindak sebagai antioksidan di dalam tubuh untuk melawan serangan radikal bebas dari luar.
  • Tanin:  Zat ini di bidang kesehatan berfungsi sebagai zat antibakteri sehingga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
  • Kuinon: Senyawa ini berfungsi sebagai penambahan vitamin, untuk mencukup[i kebutuhan vitami bagi tubuh.
  • Flavonoid: Memiliki fungsi untuk melawan alergi pada tubuh.
  • Quercetin: Banyak di fungsikan untuk mencegah penyakit jantung.

Nah, dari berbagai kandungan tersebutlah daun jati memiliki unsur baik bagi kesehatan tubuh. Dan supaya anda tidak salah memahami kegunaan daun jati bagi kesehatan, berikut akan kami informasikan secara rinci dalam uraian berikut ini.

Berbagai Khasiat dan manfaat daun jati bagi kesehatan tubuh

1. Mengatasi diabetes

Bagi anda yang kini tengah mengalami penyakit diabetes, pengunaan daun jati mungkin bisa mengurangi bahkan meminimalkan keparahan yang anda alami. Daun ini sangat berkhasiat dalam mengontrol kadar gula darah yang anda miliki. Dan selain dari pada itu, tubuh anda juga bisa sehata dan terhindar dari penyakit diabetes.

2. Menurunkan kolesterol tinggi

Manfaat lainnya dari daun ini adalah dapat menurunkan kadar kolesterol di dalam tubuh anda. Seperti yang kita ketahui bersama bahwasannya jika kondisi ini di biarkan ia menyebabkan komplikasi penyakit yang cukup serius seperti penyakit jantung. Untuk itu segera ambil langkah pengobatan yang salah satu diantaranya menggunakan daun jati.

3. Mencegah hipertensi

Daun jati juga nyatanya memiliki sifat antihipertensi yang sangat baik untuk mengatur tekanan darah di dalam tubuh anda sehingga dapat mengcegah sekaligus mengatasi penyakit hipertensi.

4. Mencegah anemia

Khasiat dari daun jati juga sangat efektif dalam mencegah penyakit anemia. Daun ini berfungsi sebagai penambah sel darah merah di tubuh anda sehingga penyakit kekurangan darah atau anemia dapat di cegah.

5. Membantu menurunkan berat badan

Bagi anda yang kini tengah berniat untuk menjalankan program diet, anda bisa memasukan bahan alami yang satu ini yang di olah sebagai teh herbal ke dalam menu diet anda. Hal tersebut di kerenakan teh daun jati sendiri di ketahui memiliki kemampuan yang cukup efektif dalam meningkatkan metabolisme lemak di dalam tubuh.

6. Baik untuk kesehatan sistem pencernaan

Selain baik untuk diet, peningkatan metabolisme di dalam tubuh juga nyatanya juga memberikan dampak baik untuk sistem pencernaan menjadi lebih sehat. Selain itu, kandungan di dalam daun ini juga cukup efektif dalam membersihkan saluran pencernaan anda dari berbagai macam kuman maupun bakteri penyakit.

7. Anti diare

Jika anda tengah mengalami diare hebat, maka anda bisa menggunakan alternatif daun jati sebagai solusinya. Karena kandungan khusus di dalamnya mampu membantu penyembuhan diare dengan cepat.

8. Mengobati ISK

ISK atau penyakit Infeksi Saluran Kencing yang mana penyakit ni biasanya di sebabkan oleh menumpuknya bakteri di dalam saluran kencingpun dapat di atasi dengan pemanfaatan daun jati. Kandungan yang terdapat di dalamnya mampu membersihkan kuman maupun bakteri tersebut.

9. Mencegah sembelit

Manfaat dari daun jati lainnya adalah mampu mencegah sembelit. Karena seperti yang di sampaikan sebelumnya bahwa daun ini sangat baik untuk melancarkan percernaan sehingga anda bisa terhindar dari yang namanya sembelit.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun jati bagi kesehatan yang diantaranya mampu menyehatkan ginjal, rambut, menghaluskan kulit, antiperadangan dan mengatasi mual. Nah, itulah informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menambah wawasan bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Kamis, 06 Juli 2017 10:20:19

Related Post :
Tips
8 Cara Mudah Menjaga…

Cara menjaga kesehatan pencernaan…

Kewanitaan
Tanda-Tanda Penuaan Dini Pada…

Berikut adalah tanda-tanda penuaan…

Kesehatan
Pola Hidup Sehat Bagi…

Pola hidup sehat bagi…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun…

Berikut adalah manfaat daun…

Ibu Dan Anak
Jumlah Asupan ASI Untuk…

Banyak ibu yang berharap…

Ibu Dan Anak
Kenalkan Sayuran pada Anak…

Tidak sedikit anak yang…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Cengkeh Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun cengkeh…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top