Khasiat dan Kandungan Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Khasiat dan Kandungan Biji Mahoni Bagi Kesehatan Tubuh

Pohon mahoni ditemukan di Wilayah Pasifik Selatan terutama di Kepulauan Solomon, pohon tersebut dikenal dengan kayu indah yang biasa dimanfaatkan untuk furniture dan ukiran. Manfaat dari mahoni dari mulai buah hingga bijinya yang dapat digiling yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh.


Biji mahoni yang dikenal sebagai makanan yang sehat dan bervariasi yang bisa digiling menjadi serbuk dan diminum dengan air. Selain itu, ekstraks biji mahoni ada dalam bentuk kapsul yang dijadikan sebagai suplemen makanan. Kandungan dalam biji mahoni terdapat 27 jenis saponin dan 33 jenis flavonoid yang membuatnya lebih kaya nutrisi seperti ginseng, berbagai vitamin, protein, mineral, dan asam lemak yang diperlukan untuk fungsi tubuh yang sehat.

Berikut ini beberapa manfaat biji mahoni dan buahnya, antara lain:

1. Nyeri saat menstruasi

Perempuan yang sedang mengalami menstruasi dapat mengekang rasa sakit dengan memanfaatkan buah mahoni dengan cara memakan sejumput buah mahoni pada hari pertama siklus haid maka akan mengurangi rasa sakit.

2. Penangkal serangga

Biji mahoni dalam bentuk serbuk dapat dijadikan sebagai semprotan penangkal serangga, kandungan saponin dalam bijinya dapat mencegah serangga. Serbuk biji mahoni dapat dijadikan sebagai suplemen sebagai pelindung terhadap penyakit yang ditularkan oleh serangga untuk anda yang tidak bisa menghindari kontak dengan serangga misalnya nyamuk pembawa malaria atau anda yang tinggal di daerah tropis.

3. Menyehatkan jantung

Keuntungan terbesar dari biji mahoni yaitu efeknya pada peningkatan sirkulasi darah karena kandungan flavonoid dalam biji mahoni dapat membantu dalam meningkatkan sirkulasi sedangkan saponin sangat baik untuk kesehatan jantung. Selain itu, kombinasi nutrisi dalam biji mahoni bisa dijadikan pengobatan alami yang baik untuk mendorong sirkulasi darah menjadi lebih baik dan untuk kesehatan jantung.

4. Mengurangi alzheimer

Jika anda mengidap penyakit alzheimer, anda dapat menambahkan buah mahoni kedalam makanan seperti bubuk biji mahoni yang diseduh dengan secangkir susu. Perlu anda ketahui, penyakit alzheimer tidak dapat disembuhkan dan tidak regeneratif oleh sebab itu beberapa bantuan untuk beratahan hidup seperti ini sangat diperlukan.

5. Mengontrol gula darah

Selain itu, agar gula darah tetap stabil bagi pengidap diabetes dianjurkan mengonsumsi 1/2 sdt biji mahoni bubuk dengan air hangat sebelum makan. Kandungan saponin pada pohon mahoni juga dapat membantu mengeluarkan gula darah.

6. Meningkatkan kesuburan

Jika anda sedang melakukan program hamil namun tidak mampu melakukannya karena impotensi, buah mahoni dapat memberikan keajaiban. Daging buah mahoni yang dikonsumsi dapat meningkatkan peluang kesuburan.

Pengobatan Tradisional dengan Buah Mahoni

Menurut beberapa penelitian beberapa kandungan buah mahoni dapat mengurangi permasalahan kesehatan, buah yang rasanya pahit ini dapat digunakan sebagai tanaman herbal seperti juga yang terdapat pada manfaat pare dan manfaat mengkudu yang dapat dibuat sebagai resep obat tradisional seperti dibawah ini:

  • Menambah nafsu makan dengan cara 1/2 sendok serbuk mahoni lalu seduh dengan 1/3 gelas air panas dan tambahkan madu secukupnya. Minumlah selagi masih hangat lakukan 2-3 kali sehari.
  • Mengurangi gejala hipertensi dengan cara seduhlah serbuk mahoni 1/2 sendok dengan 1/2 gelas air panas dan tambahkan madu sedikit lalu minumlah selagi hangat 2 - 3 kali sehari.
  • Mengatasi gejala kencing manis dengan cara serbuk mahoni diseduh sebanyak 1/2 sendok dengan 1/3 gelas air panas. Minumlah selagi hangat 30 menit sebelum makan.

Manfaat lain dari pohon mahoni, batang kayunya dapat dijadikan sebagai bahan pembuatan furniture perkakas rumah tangga seperti yang sudah disebutkan diatas.

By Ana Rediana - Kesehatan Selasa, 11 Juli 2017 11:13:19

Related Post :
Ibu Dan Anak
Mengetahui Cara Merawat Bayi…

Bayi yang lahir prematur…

Kesehatan
Dampak Negatif Rutin Konsumsi…

Kopi instan memang dapat…

Kesehatan
Cara Mengubah Fast Food…

Makanan cepat saji memang…

Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Buah…

Khasiat dan manfaat buah…

Kesehatan
Buah-buahan Untuk Menurunkan Asam…

Buah-buahan untuk menurunkan asam…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Rangkaian Tes untuk Mendiagnosis Kanker Pankreas

Untuk mendiagnosis penyakit kanker pankreas,…

Kesehatan
Obat Alami Menghilangkan Keloid Dengan Cepat dan Aman

Obat alami menghilangkan keloid dengan…

Kesehatan
Fakta Mengejutkan Seputar Ganja yang Jarang Diketahui

Peredaran ganja di Indonesia memang…

Kirim Pertanyaan
Top