Mengenal Khasiat dan Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun ketumbar untuk kesehatan yang akan kami paparkan pada kesempatan kali ini, pastinya akan sedikit mengejutkan bagi orang yang belum mengetahui ini sebelumnya. Hal tersebut memang di karekan di dalamnya terkandung sejumlah nutrisi penting yang baik untuk tubuh, sehingga tak heran khasiatnyapun juga luar biasa bagi tubuh. Maka dari itu, bagi anda yang penasaran dan ingin mengetahui khasiat daun ketumbar bagi kesehatan selengkapnya, jangan lewatkan untuk menyimak informasi berikut ya!


Siapa yang tak kenal dengan bumbu dapur biji ketumbar? semua pasti mengetahuinya. Terlebih bumbu masak yang satu ini sering kali di gunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai rempah pelezat masakannya selain dari pada lada dan kemiri. Namun tak hanya pada biji, ternyata bagian daun ketumbar juga memiliki sejuta khasiat bagi kesehatan tubuh anda.

Mungkin jika di lihar secara sepintas daun ketumbar ini hampir memiliki kemiripan dengan bentuk daun seldri. Namun, terdapat beberapa bagian yang membedakannya seperti salah satunya  asalah saun ketumbar yang sedikit lebih bulat jika di bandingkan dengan daun seledri. Selain daripada itu, kandungan yang terdapat di dalamnyapun pasti berbeda.

Kandungan dan manfaat daun ketumbar untuk kesehatan tubuh

Daun ketumbar sendiri di ketahui memiliki berbagai manfaat penting bagi kesehatan karena memang di dalamnya terkandung berbagai senyawa yang baik bagi kesehatan bahkan mampu mencegah sekaligus mengobati berbagai permasalahan kesehatan karena di dalamnya terkandung berbagai sifat yang berperan sebagai antibiotik, antimikroba hingga antikanker. Adapun kandungan daun ketumbar selengkapnya adalah Vitamin A, Vitamin B1, vitamin C, Lemak, karbohidrat, protein, fosfor, kalsium, sabinene, linallol, asam caffeic, ferulic, dan masih banyak lagi yang lainnya.

Dan seperti yang di lansir dari blodsky.com dan sumber terpercaya lainnya, berikut adalah beberapa manfaat dari daun ketumbar yang  baik bagi kesehatan.

1. Mencegah penyakit batu ginjal

Daun ketumbar ternyata memiliki fungsi dengagai direutik alami yang berarti sangat bermanfaat untuk mengeluarkan banyak urin lebih banyak. Selain itu, daun ketumbar juga mampu mendetoks ginjal  sehingga mampu mencegah munculnya penyakit batu ginjal.

2. Menurunkan kadar gula darah

Gula darah yang melonjak tinggi nyatanya sangat berbahaya bagi kesehatan karena mampu menyebabkan penyakit diabetes bahkan komplikasi hingga jantung dan stroke. Untuk itu, konsumsi iar rebusan daun ketumbar secara tertur karena kandungan natrium dan kaliumnya di dalamnya mampu membantu menurunkan kadar gula darah dengan cepat.

3. Mengurangi kecemasan

Daun ketumbar juga memiliki kemampuan untuk untuk menenangkan saraf dan juga mengusir stres. Otot-otot pada tubuh anda yang tadinya juga tegang akan menjadi lemas, sehingga kecemasan yang anda miliki akan berkurang.

4. Mengeluarkan racun pada tubuh

Pada umumnya, logam berat seperti merkuri, timagh, alumunium,  dapat terakumulasi dalam tubuh manusia dalam jangka waktu yang tidak sebentar. Nah, jika diabirakan kondisi tersebut mampu terakumulasi menjadi sebuah racun yang menyebabkan penyakit seperti infertilitas, autisme serta penyakit demensia. Untuk mencegah hal buruk tersebut, anda bisa mendetoks tubuh anda secara alami  hanya dengan mengonsumsi daun  ketumbar atau air rebusannya.

5. Mengobati infeksi pada saluran kemih

Selain mampu membersihkan ginjal, khasiat dari daun ketumbar juga sangat baik untuk membersihkan saluran kemih.  Sehingga mampu mencegah bahkan mengobati penyakit yang berhubungan dengan saluran kemih.

6. Mencegah osteoporosis serta pembekuan darah

Vitamin K yang cukup tinggi juga tekandung dalam daun ketumbar, yang mana kegunaannya sangat baik untuk kesehatan tulang dan juga memainkan peranan penting dalam pencegahan kondisi pembekuan darah.

7. Mengobati indomenia

Manfaat lainnya dari daun ketumbar ini adalah dapat di manfaatkan sebagai obat insomnia alami.  Kandungan fitonutrien dan kandungan lainnya yang terdaopat di dalam daun ketumbar memiliki senyaw obat yang mampu menyeimbangkan bahan kimia yang terdapat di dalam tubuh. Proses ini mampu menenangkan saraf, yang memungkinkan tidak bisa tidur dengan lebih mudah.

8. Mengobati sariawan di bibir

Citronelol, merupakan komponene minyak atsiri yang terdapat di dalam daun ketumbar merupakan antiseptik alami yang sangat baik. Selain itu, komponen lainnya seperti memiliki sifat antimikroba yang mana memberikan efek dapat menyembuhkan luka sariawan pada bibir maupun mulut. Bahkan selain mampu mempercepat proses penyembuhan luka, kandungan tersebutpun mampu menyegarkan nafas.

9. Menurunkan tekanan darah tinggi

Bagi anda yang kini tengah menderita hipertensi, sangatlah baik jika anda menggunakan daun ketumbar sebagai alternatif untuk penyembuhan kondisi anda.  Karena kandungan di dalamnya mampu menimbulkan interakasi 2 unsur darah yaitu ion kalsium dan kolinergik (asetilkolin), ang di ktahui dapat mengurangi sejumlah kondisi kardiovaskular termasuk di dalamnya serangan jantung dan karsdiovaskular.

10. mengatasi diare

Di dalam daun ketumbar juga terkandung beberapa komponene minyak essensial seperti borneol dan linalool. Kedua zat tersebut terkenal sangat efektif dalam mengurangi diare. Bahkan hal tersebut mampu membantu menyembuhkan diare yang di sebabakan oleh mikroba dan jamur, karena komponene seperti cineole, borneol, limonene, alpha-pinene & beta-pinene memiliki efek bakteri. Di samping itu daun ketumbar jug bisa di gunakan untuk mencegah mual, muntah dan gangguan perut lainnya.

Nah itulah sederet khasiat dan manfaat daun ketumbar bagi kesehatan. Namun, kegunaan daun ketumbar tak sebatas cukup sampai disitu. Daun ketumbarpun sangat baik untuk kecantikan, bibi, wajah, ibu hamil, menyehatkan rambut, mengecilkan perut hingga menurunkan berat badan. Untuk pengolahannya sendiri bisa secara tunggal dengan cara langsung mengonsumsinya, di tambahkan ke dalam masakan, di olah menjadi jus daun ketumbar atau mengonsumsi air rebusannya. Namun untuk untuk diet, ada baiknya di kombinasikan dengan lemon untuk mendapatkan hasil yang maksimal.

By Nida Saripah - Daun Selasa, 11 Juli 2017 12:18:05

Related Post :
Alami
Obat Epilepsi Tradisional Untuk…

selain obat generik, Obat…

Tips
Tips Mudah Atasi Mata…

Tidak hanya menggunakan obat…

Kesehatan
Makanan untuk Penderita Jantung…

Selain dengan mengonsumsi obat…

Manfaat
Manfaat Daging Tupai untuk…

Memiliki bentuk yang kecil…

Obat Kimia
Obat Pseudoephedrine Untuk Mengatasi…

Obat pseudeophedrine untuk mengatasi…

Penyakit
Bahaya Komplikasi Dan Akibat…

Liver adalah sebuah penyakit…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Manfaat Daun Kenikir Bagi Kesehatan Dan Pengobatan

Khasiat manfaat daun kenikir (antermisinin)…

Daun
Manfaat Daun Kaca Piring Sebagai Obat Tradisional

Manfaat daun kaca piring sebagai…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Jukut Pendul Bagi Kesehatan Tubuh

Berikut adalah berbagai khasiat dan…

Kirim Pertanyaan
Top