Pantangan Bagi Penderita Asma Yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Berbagai pantangan harus dipatuhi oleh penderita asma, termasuk dalam hal mengkonsumsi makanan. Bila tidak mematuhi berbagai pantangannya, maka asma pun akan kambuh kembali bahkan akan sering kambuh. Oleh karena itu, bila asma tidak ingin kambuh. Maka penderita asma pun harus mematuhi berbagai pantangannya.


Pantangan Bagi Penderita Asma Yang Perlu Diketahui Dan Di hindari

Debu

Pantangan bagi penderita asma yang harus diketahui dan dihindari adalah debu. Karena debu mempunyai sifat merangsang alergi, sehingga dapat memicu serangan asma. Oleh karena itu, jaga kebersihan lingkungan atau rumah anda supaya bebas dari debu.

Serbuk sari bunga

Serbuk sari dapat memicu terjadinya serangan asma bagi penderita asma. Sehingga penderita asma harus menghindari mencium serbuk sari bunga. Selain itu hindari juga memelihara bunga di dalam ruangan sebab dapat memicu asma.

Hewan yang berbulu seperti kucing dan anjing

Pantangan bagi penderita asma yang harus dihindari ialah jangan mendekati hewan yang berbulu dan mempunyai bulu yang mudah rontok yaitu kucing dan anjing. Oleh karena itu bagi anda yang suka memelihara hewan seperti kucing dan anjing, tapi anda mengidap asma sebaiknya mulai sekarang tidak memelihara hewan berbulu rontok tersebut.

Asap rokok


Selain tidak boleh terkena debu, penderita asma juga tidak boleh terpapar dengan asap rokok. Apalagi merokok, harus dihindari karena bila penderita asma merokok dapat meningkatkan resiko asma. Bahkan gejala asma bisa menjadi lebih buruk, sehingga kondisi penderita kan menjadi lebih memburuk.

Olahraga berat

Untuk membantu melatih organ pernafasan, penderita asma dianjurkan untuk melakukan olahraga. Tapi olahraga yang dilakukan harus olahraga ringan, karena jika penderita asma melakukan olahraga berat dapat memicu kelelahan. Bukan berarti penderita asma tidka boleh berolahraga, tapi harus melakukan olahraga yang ringan. Ada beberapa olahraga ringan yang bisa dilakukan oleh penderita asma yaitu berenang, yoga, senam, jogging dan olahraga ringan lainnya.

Obat penghilang rasa nyeri

Hal yang harus dihindari penderita asma ialah mengkonsumsi obat penghilang rasa nyeri tanpa resep dokter. Bahkan tidak boleh berlebihan juga konsumsi obat tersebut. Selain obat penghilang rasa nyeri seperti aspirin, hindari juga konsumsi obat antiinflamasi non steroid karena kedua jenis obat ini dapat memicu serangan asma. Bila dokter meresepkan kedua jenis obat tersebut, maka katakan pada dokter bahwa anda menderita asma.

Cuaca

Cuaca yang sangat panas, lembab maupun dingin dapat mengakibatkan gejala asma kambuh. Oleh karena itu, penderita asma tidak boleh terpapar suhu yang bervariasi dalam waktu singkat.

Makanan yang memicu alergi

Karena penderita asma mempunyai alergi terhadap beberapa jenis makanan tertentu, maka sebaiknya ketahui dan hindari makanan yang memicu alergi.

Itulah pantangan bagi penderita asma yang harus diketahui dan di hindari. Setelah mengetahui apa saja yang menjadi pantangan bagi penderita asma, sebaiknya penderita asma harus menghindarinya supaya gejala asma anda tidak memburuk.

By Rizka Ardiana - Kesehatan Rabu, 12 Juli 2017 07:57:20

Related Post :
Manfaat
Nutrisi Pada Sagu Mengandung…

kandungan nutrisi dan manfaat…

Kesehatan
Waspadai! Ini Gejala Emfisema…

Mengenal gejala emfisema sejak…

Kesehatan
Risiko Penyakit dari Golongan…

Selain sebagai pelengkap dokumen…

Ibu Dan Anak
Kenalkan Sayuran pada Anak…

Tidak sedikit anak yang…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Daging…

Mengetahui kandungan nutrisi lengkap…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Teripang dalam…

Teripang memang cukup populer…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Mengetahui Cara Diagnosis dan Penanganan Stroke Mata

Berikut ini merupakan informasi seputar…

Kesehatan
Tubuh Gemetar Setelah Minum Kopi? Mungkin Ini Penyebabnya

Minum kopi memang dapat membantu…

Kesehatan
3 Makanan Ini Bantu Imbangi Kolesterol saat Idul Adha

Mengonsumsi daging kambing diduga dapat…

Kirim Pertanyaan
Top