Mengungkap Manfaat Daging Bekicot Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Kata bekicot mungkin sudah tidak asing lagi ditelinga kita. Bekicot merupakan hewan siput darat yang termasuk dalam filum mollusca atau hewan yang tidak memiliki tulang belakang. Salah satu ciri khas dari bekicot ini adalah selalu membawa cangkangnya kemana-mana sebagai mekanisme pertahanan diri sekaligus sebagai tempat tinggalnya. 

Bekicot seringkali dianggap sebagai hama dan hewan parasit. Hal ini disebabkan karena bekicot dapat merusakan tanaman, selain itu pertumbuhan bekicot juga tidak terkontrol. Walaupun begitu, bekicot sendiri cukup banyak diminati untuk dikonsumsi, terutama di negara Prancis. Di Prancis, siput ini disebut dengan Escargots dan menjadi salah satu makanan gourmet atau mewah yang disukai oleh masyarakan Eropa. 


Di Indonesia sendiri bekicot ini merypakan salah satu makanan yang populer untuk dikonsumsi. Biasanya daging bekicot diolah dengan cara disate dengan tambahan bumbu kacang yang sangat lezat.

Daging bekicot diketahui memiliki nilai gizi yang cukup lengkap. Beberapa nutrisi tersebut diantaranya adalah protein, lemak, asam amino, kalsium, fosfor, dan vitamin B kompleks seperti B1, B2, dan seterusnya. 

Dengan kandungan nutrisi yang dimilikinya, maka tak heran daging bekicot kini banyak diminati. Berikut ini beberapa manfaat daging bekicot bagi kesehatan yang perlu diketahui :

  • Baik untuk pengobatan liver dan hepatitis

Liver dan hepatitis merupakan jenis penyakit yang cukup berbahaya. Selain dengan memanfaatkan obat-obatan, pengobatan penyakit ini juga bisa dilakukan dengan memanfaatkan daging bekicot. Pengobatan dengan memanfaatkan daging bekicot ini sering digunakan oleh pengobatan alternatif. 

Untuk mendapatkan manfaat daging bekicot untuk pengobatan liver dan hepatitus, Anda bisa mengonsumsi daging bekicot yang telah diolah sebelumnya. Anda juga bisa mengonsumsi ekstrak daging bekicot yang bisa Anda jumpai di pasaran.

  • Mengatasi penyakit asma

Sebenarnya belum ada penelitian secara ilmiah yang menyebutkan bahwa zat-zat yang terdapat pada daging bekicot dapat menyembuhkan penyakit asma. Namun, terdapat beberapa kasus dan testimoni dari masyarakat yang telah merasakan khasiatnya dalam membantu mengatasi asma. Konsumsi daging bekicot secara teratur, maka gejala dari penyakit asma akan berangsur menghilang. 

  • Mengobati TBC

TBC merupakan penyakit yang ditakuti oleh sebagian besar masyarakat. Penyakit ini biasanya menyerang bagian pernafasan, dan termasuk dalam penyakit yang mematikan bagi beberapa orang. namun, penyakit TBC juga bukan termasuk jenis penyakit yang tidak bisa disembuhkan. Karena menurut beberapa orang yang rutin mengonsumsi daging bekicot, daging ini dapat membantu mengobati TBC. Secara logika, jika bekicot bisa mengobati asma, maka ada kemungkinan juga jika daging bekicot mampu mengobati asma, yang notabene juga menyerang bagian pernafasan. 

  • Baik untuk perkembangan otot

Manfaat daging bekicot ini juga baik bagi mereka yang sedang dalam program pembentukan otot. Karena kandungan protein hewani yang dimilikinya dapat membantu pembentukan masa otot. 

  • Menyembuhkan penyakit kulit

Daging bekicot juga diketahui dapat membantu penyembuhan penyakit kulit. Jenis penyakit kulit yang bisa diatasi dengan daging bekicot diantaranya adalah penyakit gatal, kudis, kutu air, dan penyakit kulit lainnya. 

Memang belum ada penelitian mengenai hal ini, namun dibeberapa daerah daging bekicot ini terbukti dapat mengobati penyakit kulit secara alami. 

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 12 Juli 2017 10:54:57

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Mari kita mengenal khasiat…

Penyakit
Diagnosis Kanker Ovarium Dan…

Proses pemeriksaan tahap awal…

Penyakit
Tips Cara Meningkatkan Nafsu…

Pola makan setiap orang…

Penyakit
Gejala Penyebab Dan Cara…

Mengetahui penyebab dan gejala…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Oatmeal…

Kandungan dan manfaat oatmeal…

Kesehatan
Mengetahui Gejala Gula darah…

Berbagai gejala gula darah…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Daun Binahong Untuk Mengobati Luka Bakar

Binahong mempunyai nama latin Bassela…

Manfaat
Ini Dia Berbagai Manfaat Sehat Konsumsi Kacang-kacangan

Berbagai manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan…

Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh yang Perlu Diketahui

Jika dalam kadar normal, trigliserida…

Kirim Pertanyaan
Top