Penyebab Gejala dan Jenis-jenis Kanker Tulang

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab Gejala dan Jenis-jenis Kanker Tulang

Presentase penderita kanker tulang hanya 0.2% terbilang sedikit dari keseluruhan penderita kanker lainnya. Menurut para peneliti di seluruh dunia hanya sekitar 2890 orang setiap tahunnya yang didiagnosa menderita kanker tulang dan dari jumlah tersebut orang yang meninggal sekitar 1410 orang.


Meskipun penyakit tersebut terbilang langka, namun banyak menyerang pada orang yang berusia 10-20 tahun jenis kanker ini tergolong agresif dan aktif karena saat menyerang akar-akarnya dapat menggerogoti tulang hingga butuh tindakan amputasi. Sebab jika tidak, akan beresiko terhadap keselamatan jiwa penderitanya.

Penyebab Kanker Tulang

Biasanya kanker tulang ditandai dengan munculnya gejala awal berupa deformasi patologis tulang, terjadi patah tulang pada satu atau beberapa bagian tubuh tanpa diketahui penyebabnya, rasa nyeri yang terus menerus pada bagian punggung, dan terjadi distal mati rasa pada bagian tubuh karena penekanan pembuluh darah pada saraf yang dilakukan oleh tumor.

Gejala Kanker Tulang

  • Rasa nyeri berkepanjangan pada tulang.

Rasa nyeri yang dirasakan tidak hanya berhenti pada bagian tulang belakang saja namun lama kelamaan akan menyebar ke bagian tubuh lain yang dipengaruhi oleh tempat pertumbuhan abnormal. Apabila sel-sel kanker hanya menyebabkan peradangan kecil atau iritasi maka pada umumnya rasa nyeri hanya muncul pada bagian belakang tubuh. Tetapi jika saraf ditekan oleh sel-sel kanker maka rasa nyeri akan menyebar ke bagian yang menjadi tempat penyebaran sel kanker tersebut.

  • Berat badan menurun

Menurunnya berat badan yang tak diinginkan dan kelelahan saat menyerang nyeri tulang yaitu suatu tanda dari kanker tulang. Gejala lainnya seperti kesulitan bernafas, kemungkinan akan berkembang jika kanker telah menyebar ke organ lainnya.

  • Kepekaan menurun

Menurunnya sensasi sentuhan yang disebabkan oleh peradangan, tekanan serta pengaruh kanker tulang belakang karena saraf pusat berada dibagian sumsum tulang belakang. Penurunan kepekaan ini maka penderita kanker tulang mulai sulit untuk dapat merasakan suhu panas atau dingin saat menyentuh sesuatu sama seperti menurunnya kemampuan otak saat berkomunikasi dengan anggota tubuh lain.

  • Kelumpuhan

Pada stadium tertentu penderita kanker tulang dapat mengalami salah satunya dapat mengalami kelumpuhan bahkan pada keseluruhan anggota badan tergantung dari ukuran dan lokasi pertumbuhan sel-sel kanker karena saraf yang terserang kanker seolah terputus dari rangkaian saraf secara keseluruhan.

  • Kemampuan beraktivitas menurun

Sel-sel kanker yang menekan saraf dengan kuat dapat membuat kemampuan aktivitas menurun karena terjadi gangguan terhadap tulang belakang terutama pada implus-implusnya. Sebabnya saat kanker terjadi peradangan besar, kemampuan otak dalam berkomunikasi dengan anggota tubuh lain tidak dapat berjalan lagi dengan maksimal sehingga kaki terasa sulit untuk berjalan, dan tangan pun terasa kaku saat berpegangan atau meraih sesuatu.

Jenis-jenis Kanker Tulang

Menurut penyebabnya jenis kanker tulang terbagi menjadi 2 yaitu kanker tulang primer terjadi karena sel-sel kanker yang bersumber dari tulang sendiri sedangkan kanker tulang sekunder sumber dari sel-sel kanker berasal dari organ-organ tubuh lain yang terserang kanker misalnya kanker payudara, kanker prostat, kanker paru-paru, dan jenis kanker lain yang bermetastatis atau menyebar sampai akarnya menyerang tulang.

Jenis kanker tulang primer terbagi menjadi 3 jenis diantaranya :

  • Chondrosarcoma

Kanker tulang yang seringkali menyerang bagian panggul, bahu, dan kaki bagian atas. Sel-sel kanker tersebut bersumber dari daringan tulang rawan.

  • Osteosarcoma

Kanker tulang yang kerapkali menyerang lengan atas dan lutut, sel-sel kanker tersebut berasal dari jaringan osteoid yang terdapat pada tulang.

  • Ewing sarcoma

Kanker tulang tersebut sel-selnya bersumber dari jaringan saraf primitif pada jaringan lunak seperti jaringan pembuluh darah, otot, lemak, fibrosa, tulang, dan jaringan pendukung lainnya. Pada umumnya, bagian tubuh yang diserang yaitu tulang punggung dan tulang panggul, serta tulang lengan dan kaki.

By Ana Rediana - Penyakit Rabu, 12 Juli 2017 15:00:55

Related Post :
Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13…

Adam Fabumi akhir-akhir ini…

Penyakit
Ketahui Komplikasi Penyakit Radang…

Radang panggul merupakan infeksi…

Kesehatan
Waspadai Ini 3 Bahaya…

Waspadai ini 3 bahaya…

Kesehatan
Mengenal Jenis Penyakit Yang…

Informasi tentang jenis-jenis penyakit…

Tips
Tips Cara Mengatasi Kapalan…

Tips cara mengatasi kapalan…

Tips
Ini Cara Alami Untuk…

Berbagai cara alami berikut…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Radang Amandel Yang Tepat

Ketahui diagnosis dan pengobatan radang…

Penyakit
Cara Mengidentifikasi Penyakit Migrain

Penyakit migrain seringkali tidak disadari…

Penyakit
Penyebab Penyakit Alzheimer Dan Cara Mencegahnya

Penyebab penyakit alzheimer sampai saat…

Kirim Pertanyaan
Top