6 Bunga yang Menyimpan Manfaat Menyehatkan bagi Tubuh

Bunga merupakan salah satu bagian tumbuhan yang cukup banyak disukai, terutama oleh wanita. Ketika mendengar kata bunga, mungkin Anda akan langsung membayangkan hal-hal romantis bersama pasangan atau justru mengkhayalkan taman luas dengan hamparan bunga warna warni yang indah. 


Selain memiliki warna yang cantik dan juga bau yang harum, ternyata beberapa jenis bunga juga memiliki manfaat menyehatkan bagi tubuh. Berikut ini 6 bunga yang menyimpan manfaat menyehatkan bagi tubuh yang harus diketahui, diantaranya adalah :

Melati 

Melati merupakan tanaman bunga hias berupa perdu berbatang tegak yang hidup menahun. Memiliki bau yang khas, bunga melati ini seringkali dimanfaatkan sebagai bahan indutri minyak wangi, kosmetik, pardum, penghias rangkaian bunga dan bahan campuran atau pengharum teh, dan lainnya. 

Sebagian besar orang pasti sudah tidak asing lagi dengan efek relaksasi dari bunga melati. Bunga yang berkembang di wilayah Mediterania ini juga dapat dimanfaat untuk mengurangi batuk, mengatur kadar insulin, serta menurunkan tekanan darah. 

Mawar

Dalam kebudayaan Barat, mawar merupakan bunga lambang cinta dan kecantikan. Bunga mawar dianggap suci untuk beberapa dewa dalam mitologi Yunani seperti Isis dan Aprodite. Disamping itu, ternyata bunga mawar juga menyimpan manfaat yang baik bagi kesehatan dan pengobatan penyakit. Bunga mawar diketahui mengandung sitrat, sitronelol, geraniol linalol, nerol, dan sebagainya. Selain untuk kecantikan, bunga mawar juga bisa dikonsumsi untuk melancarkan haid, mengobati keputihan, pembengkakan payudara, campak, radang usus, rematik, sakit kepala, dan menjaga kesehatan kulit. 

Kembang sepatu

Selain kedua jenis bunga diatas, bunga kembang sepatu yang cantik berwarna merah juga memiliki khasiat bagi kesehatan. Bunga ini mengandung teraxwryl acetat, cyanidin diglucosid, hibisetin, zat pahit, dan lendir. Tidak disangka, banyak orang yang meyakini bahwa bunga ini ampuh untuk mengobati TBC, batuk rejan, demam malaria, gondongan, keputihan, melancarkan haid, mimisan, sariawan, dan radang usus. Asam amino yang terkandung didalam bunga ini juga memiliki peran dalam proses peremajaan sel tubuh.

Bunga matahari

Bunga yang memiliki ukuran besar dan berwarna kuning terang ini ternyata tidak hanya indah dipandang saja, tetapi juga bisa menyehatkan tubuh. Bunga ini mengandung quercimeritrin, helianthoside, asam oleanolat, sam echinocystat, prostagladin E, asam chlorogenic, asam quinat, dan lemak. Bunga ini biasanya dikonsumsi untuk menurunkan hipertensi, mengatasi sakit kepala, sakit gigi, kanker lambung, nyeri lambung, nyeri payudara, nyeri saat haid, dan lainnya. 

Lili

Orang Yunani kuno memanfaatkan bunga ini untuk mengobati penyakit jantung. Selama Perang Dunia I, bunga ini digunakan untuk membantu tentara dari efek keracunan gas. Bunga yang berasa dari Asia Barat dan Mediterania ini juga digunakan untuk menunjang pengobatan depresi. Selain itu, ekstrak bunga lili juga terbukti dapat melembabkan kulit wajah yang kering serta merawat kulit yang mengalami iritasi.

Dafodil

Bunga ini mengandung zat kimia yang membantu mengurangi rasa sakit. Maka dari itu, bunga yang biasa disebut dengan bunga narcissus ini diyakini bermanfaat bagi penderita kanker otak, juga sedang dipelajari untuk pengobatan Alzheimer

Kamomil

Bunga kamomil dipercaya dapat menenangkan kegelisahan, sakit kepala, insomnia, kram perut, dan masalah pencernaan. Selain itu, bunga ini juga mengandung levomenol, yaitu senyawa yang terbukti dapat mengurangi efek buruk sinar matahari, menenangkan rasa gatal, memperbaiki tekstur kulit, dan memperpanjang elastisitas kulit.

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 12 Juli 2017 15:58:33

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Mengetahui Khasiat Kol Sayuran Penyebab Perut Kembung

Meskipun bisa menyebabkan perut kembung,…

Manfaat
Manfaat Obat Pereda Nyeri Sendi Viostin DS

Berikut ini beberapa manfaat obat…

Manfaat
Manfaat Kolang Kaling Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Manfaat kolang kaling untuk kesehatan…

Tambah Pertanyaan
Top