Khasiat dan Manfaat Jambu Biji Untuk Kesehatan Tubuh

Jambu Biji Kaya Khasiat Untuk Kesehatan Tubuh
Jambu biji adalah buah yang tumbuh di wilayah yang beriklim sub tropis dan tropis. Indonesia adalah negara beriklim tropis sehingga buah ini  banyak tersebar di berbagai daerah dari kota sampai pelosok desa yang terletak di pulau-pulau dari Sabang hingga Merauke. Meskipun demikian buah ini dipercaya berasal dari, Benua Amerika Bagian Tengah, Amerika Bagian Selatan sebelah utara, dan Negara “Sombrero” Meksiko. Dalam kamus latin buah ini disebut guava, setelah mengetahui manfaatnya yang banyak dan hebat, negara Indonesia dan negara lainnya membudidayakan secara masal. Jambu biji berserat dan mengandung vitamin C yang tinggi, sedikit kadar folat, dan zat lain yang berfungsi layaknya antioksidan. Bahkan, kandungan vitamin C dalam sebuah jambu biji setara dengan empat buah jeruk maka dari itu jambu biji kaya akan khasiat dan manfaat.



 Antioksidan
Antioksidan bermanfaat bagi orang yang mengidap penyakit kanker dan yang memiliki gangguan pembuluh darah (aterosklerosis) dan penyakit lainnya, antioksidan sangat dibutuhkan oleh tubuh karena dapat melindungi tubuh dari kerusakan yang diakibatkan oleh zat-zat berbahaya yang disebut radikal bebas yang berbahaya bagi tubuh dan penybab utama dari segala penyakit terutama kanker. Ternyata daunnya buah jambu biji ini mengandung antioksidan juga, selain itu dapat mengobati penyakit diare dengan cara memakan daun mudanya atau merebus dan meminum air hasil dari rebusan daun muda tersebut.


Fitonutrien
Fitonutrien terkandung dalam buah berwarna merah seperti jambu biji, semangka, dan tomat mengandung bahan kimia alami, berfungsi untuk memelihara kesehatan mata dan prostat.


Vitamin A
Vitamin A bisa mencegah munculnya masalah pada mata, mencegah perkembangbiakan sel-sel, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, dan membuat kulit tetap sehat. Jambu biji kaya akan vitamin A (karotenoid) yang juga dapat berfungsi mencegah penyakit jantung. Vitamin A juga terdapat pada buah yang berwarna cerah lainnya seperti tomat, jeruk, dan mangga.


Vitamin C
Vitamin C paling banyak dibutuhkan oleh tubuh dan mempunyai banyak fungsi yaitu untuk kesehatan tulang, gigi, gusi, dan pembuluh darah, membantu dalam pengobatan luka dan kemampuan otak, serta penyerapan zat besi. Zat kolagen dibentuk oleh Vitamin C, zat tersebut berguna untuk menopang jaringan kulit supaya tidak lekas keriput.

Menurunkan tekanan darah dan kolesterol
Pada jaman serba instan ini kita rentan terkena tekanan darah tinggi dan tinggi kolesterol yang tidak baik buat tubuh. Menurut penelitian jambu biji dapat menstabilkan tekanan darah dan mengurangi kolesterol jahat. Manfaat jambu biji ini berkat kandungan kalium dan serat.


Mencegah diabetes
Buah jambu biji diduga dapat melindungi organ ginjal dari perkembangan diabetes juga secara signifikan dapat meredakan gejala diabetes, serta menegah kerusakan akibat proses peradangan pada penderita diabetes.
Demam berdarah


Virus dengue penyebab demam berdarah membuat kandungan trombosit dalam sel darah rendah, kandungan biji jambu dapat menghambat perkembangbiakan virus dengue tidak diragukan lagi khasiat dan manfaat jambu biji sangat banyak dan menyehatkan.   

By Diane Rosse A.Md.Keb - Manfaat Sabtu, 25 Juni 2016 23:49:56

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan



Manfaat
Manfaat Jagung Untuk Mengatasi Diabetes Dan Konstipasi

Manfaat jagung untuk mengatasi diabetes…

Manfaat
Nutrisi Pada Sagu Mengandung Protein Mineral dan Vitamin

kandungan nutrisi dan manfaat sangat…

Manfaat
Manfaat Gerakan Shalat Bantu Redakan Sakit Pinggang

Melakukan gerakan shalat dengan benar…

Tambah Pertanyaan
Top