Tata Cara Menggunakan Obat Tetes Mata Yang Tepat Dan Aman

Share dan Tag Temanmu di :

Cara menggunakan obat tetes mata yang tepat nyatanya belum banyak di ketahui terlebih di praktekan. Padahal penggunaan yang kurang baik dapat memicu iritasi hingga gangguan lainnya bagi mata anda. Untuk itu, ketahui dengan benar bagaimana penggunaan tetes mata ini secara tepat demi terjaganya kesehatan mata anda.


Obat tetes mata adalah salah satu andalam terbaik yang serig kali di gunakan pada saat seseorang mengalami gangguan mata seperti mata terasa kering atau mata merah. Namun sebelum menggunakannya, ada baiknya jika anda mengetahui terlebih dahulu cara penggunaan serta kandungan yang terdapat di dalam obat mata tersebut.

Secara umum, kandungan dasar dari obat tetes mata adalah saline atau air yang mengandung garam. Dan adapun untuk bahan tambahan dari setiap produk obat tetes mata akan berbeda satu dengan yang lainnya. Hal tersebut biasanya di sesuaikan dengan tujuan penggunaan, bahan pelumas, air mata buatan hingga mentatasi kemerahan dan lain sebagainya.

Tata cara menggunakan obat tetes mata yang tepat pada anak maupun dewasa

Berikut merupakan tata cara maupun langkah-langkah yang sebaiknya di lakukan pada saat menggunakan obat tetes mata.

  1. Cuci tangan hingga bersih sebelum anda menggunakan obat untuk mata tersebut.
  2. Cek botol kemasan obat tetes mata yang akan di gunakan. Pastikan masih tertutup rapat dan tersegel, karena obat tetes mata yang di gunakan harus ada dalam keadaan steril.
  3. Langkah selanjutnya adalah dongkakan wajah, kemudian tarik kelopak mata bagian bawah  secara perlahan.
  4. Tekan kemasan obat untuk mata tersebut ke kelopak mata bagian bawah. Setelah itu, kediapkan mata secara perlahan agar obat menyebar ke ke seluruh mata.
  5. Usahakan ujung botol atau kemasasann obat tetes mata  tidak menyentuh permukaan mata. Hal tersebut ada baiknya perlu di perhatikan untuk mencegah masuknya bakteri masuk ke dalam mata.
  6. Apabila akan menggunakan beberapa jenis obat tetes mata secara bersamaan, maka ada baiknya untuk emeberikan waktu jeda selama  5 menit.
  7. Untuk dosis penggunaannya yang tepat, lihat pada label kemasan tau mengikuti anjuran okter.
  8. Lihat juga label kemasan untuk mengetahui masa pemakaian tetes mata tersebut.
  9. Apabila anda mendapatkan obat tetes mata dari resep dokter, maka ada baiknya anda meminta penjelasan dokter lebih lanjut terkait hal yang boleh dan tidak boleh di lakukan pada saat menggunakan obat tetes mata.

Selain dari pada itu, Andapun sangatlah perlu memilih obat tetes mata yang tepat dan sesuai dengan gangguan mata yang anda alami. Sejatinya terdapat 2 jenis obat tetes mata yang dapat di beli secara bebas di pasaran yaitu produk obat tetes mata yang di gunakan untuk mengatasi masalah mata merah dan juga obat tetes mata jenis artificial tears atau air mata tiruan.

- Untuk jenis pertama, dapat di gunakan untuk mengatasi dan meringankan iritasi pada mata akibat ganguan asap debu atau seteklah berenang. Namun hanya saja obat tetes ini tidak boleh di gunakan terlalu sering karena dapat menyebabkan iritasi pada mata.

- Jenis kedua, ini sangat cocok untuk mengatasi mata yang terkena iritasi atau mata kering. Obat tetes mata ini terdapat dapat di dalam 2 kemasan yaitu kemasan sekali pkai dan juga kemasan botol yang dapat di pakai dalam beberapa kali. Namun perlu anda ketahui, bahwasannya kemasanbtol mengandung bahan pengawet yang bertujuan untuk untuk mencegah pertumbuhan bakteri setelah botol di buka. Namun, jika obat tetes mata dalam kemasan botol sekali pakai tidak mengandung pengawet.

Nah, kedua jenis obat tetes mata tersebut bisa anda dapatkan dengan mudah di apotik atau toko obat terdekat. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Seperti halnya apabila setelah menggunakan obat tetes mata tersebut tidak memberikan efek melegakan atau justru kondisi mata anda semakin memburuk ataupun timbul gejala lainnya pada mata anda setelah penggunaan sebaiknya segera hentikan pemakaian. Segera kunjungi dokter spesialis mata dan informasikan jenis obat tetes mata yang anda gunakan kepada dokter.

By Nida Saripah - Tips Jum'at, 14 Juli 2017 10:52:31

Related Post :
Kesehatan
Hal-hal yang Harus Wanita…

Hal-hal yang harus wanita…

Alami
Cara Menghilangkan Keriput Di…

Cara Menghilangkan Keriput Di…

Kesehatan
8 Buah yang Tidak…

Jika tidak dikonsumsi dengan…

Kesehatan
Fakta Happy Five Pil…

Happy five merupakan jenis…

Kesehatan
Pilihan Menu Sahur yang…

Agar penyakit maag tidak…

Kesehatan
5 Jenis Terapi Untuk…

Autisme memang tidak dapat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips
Cara Efektif Menyembuhkan Bicara Gagap Secara Alami

Cara efektif menyembuhkan biacara gagap…

Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Tanda Lahir dengan Bahan Alami

Penyebab munculnya tanda lahir yaitu…

Kirim Pertanyaan
Top