Khasiat Dan Manfaat Daun Jati Belanda Selain Melangsingkan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun jati belanda bagi kesehatan nyatanya telah di manfaatkan sejak dahulu secara turun temurun dari nenek moyang kita. Namun seiring perkembangan zaman, ramuan dari tanaman obat herbal ini mulai jarang di ketahui. Adapun bagi anda yang ingin mengetahui informasi selengkapnya bisa anda simak dalam uraian berikut ini.


Jati belanda atau Guazuma ulmifolia Lamk adalah tanaman yang berasalah dari Amerika Tropik, dan di bawa ke Indonesia oleh orang potugis. Tumbuhan ini pada umumnya dapat tumbuh di dataran rendah dekat pantai sampai daerah pegunungan 800 m di atas permukaan laut.

Adapun ciri-ciri dari jati belanda sendiri adalah:

  • Daun: Berbentuk bulat telur, memangjang dengan permukaan berbentuk halus, pada saat musim kemarau daunnya sering kali rontok.
  • Bunga: Bunganya kecil-kecil berwarna kuning serta harum.
  • Buah dan biji: Bila sudah masak, buahnya akan berwarna hitam, kulitnya kasar namun manis rasanya dan tidak terlalu banyak bijinya.

Namun hampir semua tumbuhan ini, bagian yang paling di anggap bermanfaat adalah bagian daunnya. Hampir sama dengan manfaat daun jati cina, daun jati belanda juga nyatanya telah di gunakan oleh masyarakat dahulu terlebih yang tinggal di pulau jawa, sebagai bahan baku dari pembuatan jamu pelangsing tubuh atau sering kali  di sebut dengan galian singset. Bahkan karena keefektifannya dalam menurunkan berat badan, kini tak sedikit pula perusahaan jamu yang memasukan daun jati belanda sebagai salah satu komposisi dalam produk pelangsing yang di produksinya.

Menurut sejumlah ahli, hal tersebut memang di karenakan daun jati belanda sendiri mengandung senyawa yang memiliki kemampuan untuk membatasi produksi lemak yang tak secara langsung dapat melangsingkan tubuh seperti halnya alkaloid, zat samak dan senyawa damar.

Cara pemanfaatannyapun terbilang mudah yaitu dengan menyiapkan terlebih dahulu 2 helai daun jati belanda, cuci dan rajang kecil-kecil. Setelah itu, rebus dengan menggunakan 3 gelas air hingga mendidih. Setelah dingin, minum ramuan pelangsuing alami tersebut  2-3 kali dalam sehari. Agar rasanya lebih nikmat, anda bisa menambahkan sedikit gula atau madu ke dalamnya.

Khasiat dan manfaat daun jati belanda untuk kesehatan

Tak sebatas menjadi obat pelangsing alami, akhir-akhir ini daun jati belanda juga di yakini sangat bermanfaat untuk kesehatan lainnya. Salah satu diantaranya adalah mengendalikan kadar kolesterol dan darah di dalam tubuh agar tetap normal.


Seperti halnya penelitian yang di lakukan oleh Laboraturium Biokimia Institut petanian Bogor, yang mana menggunakan kelinci sebagai bahan percobaannya. Dan hasilnya membutikan, bahwa pemberian ekstrak daun jati belanda memberi pengaruh pada tingkat lemak darah yakni terjadi penurunan konsestensi low-density lipoprotein, trigliserida dan TPC.

Dari penelitian tersebut menunjukkan bahwasannya khasiat dari daun jati blanda sangat berpengaruh dalam meningkatkan kadar hight-density lipoprotein (HDL). HDL sendiri bisa mengurangi jumlah kolesterol dengan mengambil alih kolesterol berlebih dalam jaringan, dan selanjutnya di olah dalam organ hati, yang pada akhirnya bisa di keluarkan bersama cairan empedu.

HDL sendiri memiliki kemampuan melindungi pembuluh darah jantung. Hal tersebut menandakan daun ini juga bia di manfaatkan sebagai obat anti-hiperlipidemia. Sehingga tak heran jika pada saat  telah banyak beredar jamu ataupun minuman kesehatan dengan komposisi daun jati belanda ini.

Meski terdapat berbagai manfaat di dalamnya, namun pemakaian dengan kadar berlebihan ataupun terus menerus dalam jangka waktu yang lama kurang di sarankan karena di khawatirkan dapat menimbulkan efek samping. Pada beberapa orang yang mengionsumsi mereka sering mengeluhkan sering buang air kecil hingga diare setelah di konsumsi terlalu lama. Maka dari itu, penggunaan dalam takaran yang pas juga patut untuk selalu di perhatikan meski ini merupakan pengobatan alami.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini seputar khasiat dan manfaat daun jati belanda bagi kesehatan selain untuk melansingkan tubuh. Semoga apa yang telah kami sampaikan bermanfaat dan menambah wawasan anda di bidang herbal.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 15 Juli 2017 14:21:49

Related Post :
Kesehatan
Waspada! Ini Bahaya Jalani…

Bahaya jalani program diet…

Tips
Cara Menambah Berat Badan…

Tips dan cara menambah…

Kesehatan
Mengenal Penyebab Infeksi Nosokomial…

Tahukan anda apa itu…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Cefixime Untuk…

Obat antibiotik cefixime untuk…

Penyakit
Ketahui Komplikasi Penyakit Radang…

Radang panggul merupakan infeksi…

Manfaat
Mengenal Sayuran Bok Choy…

Informasi lengkap tentang sayuran…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun Belimbing Wuluh Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun belimbing…

Daun
Mengenal Khasiat dan Manfaat Daun Ketumbar Untuk Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun ketumbar…

Daun
Segudang Kebaikan Manfaat Daun Jarak Cina Untuk Kesehatan

Berikut adalah khasiat dan manfaat…

Kirim Pertanyaan
Top