Mengenal Perbedaan Eksim Kering Dan Basah Secara Umum

Perbedaan eksim kering dan basah pada umumnya belum banyak di ketahui. Padahal kedua jenis eksim ini memiliki gejala atau ciri-ciri yang berbeda. Dan oleh sebab itu, pasti pengobatannyapun akan sedikit berbeda. Adapun bagi anda yang belum mengetahuinya, mari langsung simak informasi berikut ini.


Eksim atau eksema merupakan peradangan pada kulit yang pada umumnya sering kali menyebabkan munculnya rasa gatal pada permukaan kulit. Bahkan tak hanya itu, gejala eksim sendiri juga di sertai dengan kulit yang memerah, kering hingga pecah-pecah. Kondisi ini merupakan penyakit kulit jangka panjang, yang mana gejalanya cenderung muncul kembali dan kemudian menghilang.

Anda juga mungkin tak asing untuk mendengar bahwasannya terdapat eksim kering dan eksim basah. Nah, keduanya adalah jenis eksim yang memiliki gejala yang berbeda. Lalu apa perbedaan dari keduanya?

Perbedaan eksim kering dan basah secara umum

Berikut adalah perbedaan antara penyakit eksim kering dan basah, yang diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Eksim kering

Sesuai dengan namanya, eksim kering adalah jenis eksim atau gatal yang di sertai dengan adanya penebalan kulit yang tidak di sertai dengan basahnya daerah kulit yang gatal tersebut. Jenis eksim ini pada umumnya tidak menyebar dengan begitu cepat, yang berbeda halnya dengan eksim basah. Eksim ini sendiri cenderung menyerang orang yang memiliki sistem imun yang lebih kuat, sehingga eksim tidak menyebar dan hanya bertahan saja.


Adapun ciri-ciri eksim kering adalah:

  • Bagian kulit yang terpapar eksim biasanya lebih hitam, yang mana warna hitam ini menjadi indikasi bahwa sudah ada pengeringan, karena usia sel kulit usianya 28 hari, yang menandakan telah menjadi kulit mati.
  • Gatal yang di alami tidak terlalu, muncul sewaktu-waktu saja. Eksi kering sifat gatalnya hanya datang pada bberapa aktu saja, misal malam hari atau sehabis makan makanan yang menjadi penyebab gatal, ayam potong , lel dan juga gurame.
  • Eksim kering pda umumnya lebih lama di banding dengan eksim basah. Bahkan bisa bertahan selama bertahun-tahun jika tidak segara di obati.

2. Eksim basah

Eksim basah bisa di ketahui dengan wanrna kulit yang terpapar berwarna merah, berair dan bercak memerah dan usia eksim basah relatif masih baru. Rasa gataleksim basah ini pada umumnya lebih sering, karena aktifitas bakteri yang cenderung masih tinggi. Jenis eksim ini mudah menyebar, sehingga penderita eksim sebaiknya tidak terlalu sering terkena air. Jika eksim ini sesegera mungkin di obati, maka tak menutup kemungkinana akan lebih cepat sembuh , karena munculnya yang relatif masih baru dan kondisinyapun belum di katakan terlalu parah.


Adapun ciri-ciri eksim basah adalah:

  • Warna eksim basah cenderung merah dan umumnya menyrang orang yang memiliki sistem imun yang lemah. Maka dari ini, eksim ini sangat mudah menyebar karena kondisi virus yang lebih banyak di bandingkan eksim kering.
  • Gatal juga lebih sering muncul, karena virus maupun kuman yang lebih banyak hinggap pada area lebih basah. Tak jarang kondisi tersebut menybabkan rasa gatal muncul lebih sering terlebih pada saat berkeringat.
  • Sifat eksmi yang lebih baru dan baru muncul dalam bberapa minggu. Eksim lebih cepat di sembuhkan di bandingkan dengan eksim kering. Namun penyebarannya lebih cepat. Jenis eksim ini juga penyebarannya bisa di bilang lebih cepat dan mudah menular karena virus ataupun bakteri masih sangat aktif.

Nah, itulah perbedaan eksim kering dan basah secara umum. Setelah anda mengetahuinya, jangan tunggu lagi untuk segera melakukan pengobatan baik menggunakan obat eksim tradisional atau secara medis dengan melakukan pemeriksaan ke dokter, terutama jika anda terserang eksim basah.

By Nida Saripah - Penyakit Senin, 17 Juli 2017 16:01:58

Mengenal Perbedaan Eksim Kering Dan Basah Secara Umum
Rated 3.5 / 5 based on 11 customer reviews
Berikut adalah perbedaan eksim kering dan basah secara umum, Yang mna keduanya memiliki gejala atau ciri-ciri yang berbada sehingga pengobatan yang di lakukanpun berbeda.
Penyakit - by ,
4 / 5 stars

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Tambah Pertanyaan


  • Sariwan

    1 Balasan

    Penyakit

    Saya sudah mengalami sariwan 2 minggu yang begitu bengkak. Ada lagi tubuh tapi msih kecil

  • Penyakit ganglion pada usia 5 tahun

    1 Balasan

    Penyakit

    Berapa lama keberhasilan obat ini untuk anak usia 5 tahun?? Dan apakah anak usia 5 tahun bisa terkena ganglion??

  • khasiat dan manfaat daun putri malu

    1 Balasan

    Penyakit

    berapa dosis yang tepat untuk mengobati batuk berdahak pada anak usia enam tahun

  • Apakah bronkitis bisa sembuh total ?

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat pagi, saya memiliki kakak yang baru-baru ini didiagnosis mengidap penyakit bronkitis. Setelah melakukan serangkaian pengobatan, apakah penyakit bronkitis itu bisa sembuh total ?

  • Batuk bronkitis apakah menular atau tidak?

    1 Balasan

    Penyakit

    Sudah 3 minggu ibu saya mengalami keluhan batuk yang tidak kunjung sembuh. Saat diperiksa ke dokter, ternyata ibu saya mengidap bronkitis. Apakah penyakit bronkitis menular atau tidak?


Penyakit
Tanda Dan Gejala Hipogonadisme Pada Pria Dan Wanita

Tanda dan gejala hipogonadisme pada…

Penyakit
Penularan Cacar Air Pada Anak Di Bawah 10 Tahun

Penularan Cacar Air Pada Anak…

Penyakit
Gejala Dan Pengobatan Kanker Hati

Sangat penting mengenal kanker hati…

Tambah Pertanyaan
Top