Gejala Penyebab dan Ciri-ciri Keloid Yang Mudah Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Gejala Penyebab dan Ciri-ciri Keloid Yang Mudah Diketahui

Keloid merupakan jaringan kulit baru yang tumbuh di area bekas luka yang sudah sembuh namun meninggalkan bekas berupa gundukan kulit berwarna kemerahan. Keloid biasanya menyerang orang yang memiliki keturunan kulit gelap namun keloid juga bisa menyerang orang yang berkulit putih jika memang sel-sel kulitnya memungkinkan untuk membentuk keloid.


Gejala Keloid

  • Keloid terasa gatal, lebih lembut, dan mudah terasa panas seperti terbakar saat terkena gesekan dengan pakaian.
  • Timbul gundukan kulit yang lebih menonjol.
  • Berwarna merah muda atau kemerahan.
  • Selama 3 bulan hingga 1 tahun bekas luka akan mengalami perubahan bentuk untuk menjadi keloid.

Penyebab Keloid

  • Faktor genetik

Keloid akan mudah muncul pada orang yang memiliki keturunan keloid yang memiliki hubungan dengan kemampuan jaringan luka untuk memperbaiki diri sendiri sedangkan pada keturunan keloid sistem perbaikan jaringan kulit yang rusak akibat luka cenderung lebih lambat sehingga besar kemungkinan mempercepat timbulnya keloid.

  • Bekas cacar

Cacar air merupakan penyakit menular yang dipicu oleh virus yang merusak jaringan kulit bagian dalam. Apabila cacar sudah kering maka penularan akan lebih besar menyerang orang yang sehat disekitar anda. Bekas luka cacar sering menimbulkan bekas berupa kulit baru atau keloid yang berakibat dari regenerasi kulit yang tidak normal sehingga efek buruk dari virus yang telah menyerang beberapa minggu sebelum cacar disembuhkan.

  • Akibat cakaran dan garukan

Cakaran akibat binatang yang kukunya rentan memiliki banyak bakteri ataupun garukan akibat tangan kotor maka dapat memicu luka yang telah terjadi sehingga mengalami infeksi dan kerusakan jaringan yang disebabkan pengeringan luka yang bercampur vakteri menjadi keloid yang terasa sangat gatal.

  • Luka robek

Luka robek pada kulit dapat memicu kerusakan jaringan ikat pada kulit dan memicu putusnya pertumbuhan sel-sel kulit sehingga ketika sembuh bekas luka akan mengalami pemadatan berupa benjolan kulit yaitu keloid yang dapat terjadi pada anak-anak yang memiliki riwayat keloid ataupun tidak.

  • Faktor usia

Orang yang sudah lanjut usia jaringan colagen pada kulit secara alami akan berkurang, yang disebabkan jika ada luka pada bagian tubuh tertentu akan rentan menimbulkan munculnya keloid.

  • Bekas jerawat

Bekas jerawat seringkali menjadi penyebab munculnya keloid yang terjadi pada orang yang mempunyai kulit sensitif dan mudah luka ketika jerawat berusaha diobati.

  • Akibat luka bakar

Akibat luka bakar ringan atau berat dapat menyebabkan timbulnya keloid karena luka bakar memicu kerusakan pada jaringan sel kulit yang cukup dalam sehingga kulit akan memperbaiki sendiri dengan proses pertumbuhan kulit baru.

  • Akibat jarum tindik

Orang yang memiliki kulit mudah luka, meninggalkan bekas, dan memiliki karakter darah manis maka luka yang dipicu oleh jarum tindik berakibat memicu timbulnya keloid.

  • Suntik vaksin

Suntik vaksin yaitu pemicu timbulnya keloid yang paling sering dialami oleh wanita muda maupun muda karena keloid timbul berhubungan dengan efek samping zat kimia dari vaksin dan jarum yang dipakai.

  • Bahaya zat kimia

Jika kulit terkena percikan bahkan tersiram zat kimia misalnya air keras atau disebut asam sulfat atau asam kuat yang biasa digunakan untuk penggunaan aki sangat tidak baik jika terkena kulit manusia karena memicu kerusakan jaringan kiat, kolagen, bahkan keloid yang sulit dihilangkan.

  • Luka bekas jahitan

Beberapa wanita yang melakukan persalinan secara caesar akan mengalami keloid setelah luka akibat pembedahan telah sembuh ini dipicu karena orang mempunyai bakat untuk tumbuh keloid pada permukaan kulit. Cara lainnya dengan penggunaan lem jaringan cara yang telah banyak dipakai untuk operasi caesar yang mampu membuktikan untuk mencegah munculnya keloid setelah proses penyembuhan terjadi.

  • Akibat proses operasi (pembedahan)

Bekas luka sayatan pisau bedah dapat memicu keloid yang akan menimbulkan regenerasi berupa pertumbuhan kulit baru berupa gundukan kulit atau benjolan berwarna merah muda.

Ciri-ciri Keloid

  • Warna kemerahan bahkan kecoklatan.
  • Ukuran atau diameter keloid cenderung lebih besar dari luka yang sebenarnya.
  • Akan tumbuh dengan cepat jika sering terkena gesekan.
  • Permukaan keloid lebih lunak, kenyal, dan licin daripada kulit disekitarnya.
  • Umumnya keloid lebih banyak diderita oleh wanita karena berhubungan dengan hormon penyebab timbulnya keloid.
  • Lebih sering timbul pada bagian dada, leher, dan wajah.

Itulah beberapa gejala penyebab dan ciri-ciri keloid yang mudah anda ketahui sebelum keloid mnyerang anda. Semoga bermanfaat.

By Ana Rediana - Penyakit Selasa, 18 Juli 2017 14:55:22

Related Post :
Ibu Hamil
Tips Mencegah Varises Pada…

Tips mencegah varises pada…

Tips
Cara Membuat Kopi Hijau…

Cara membuat kopi hijau…

Kesehatan
Pantangan Makanan Bagi Penderita…

Aryanto.id - Berikut adalah…

Tips
Tips Mudah Mengobati Luka…

Jika Anda mengalami luka…

Manfaat
Kandungan Dan Khasiat Buah…

Kandungan nutrisi dan khasiat…

Kesehatan
Menu Makanan untuk Penderita…

Untuk membantu menurunkan kadar…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Berbagai Jenis Penyakit Jantung Dan Gejalanya

Berikut ini adalah berbagai jenis…

Penyakit
Cara Mendiagnosa Penyakit Lupus Eritematosus Sistemik

Penyakit lupus disebut juga dengan…

Penyakit
3 Jenis Gangguan pada Indung Telur yang Perlu Diwaspadai

Indung telur merupakan bagian penting…

Kirim Pertanyaan
Top