Jenis-Jenis Bekas Jerawat yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Jerawat yang parah, selain sulit untuk disembuhkan juga bisa menimbulkan bekas pada kulit berupa bintik-bintik hitam dan berlubang atau bopeng. Tentu saja hal ini akan sangat mengganggu penampilan. Terlebih lagi bopeng bekas jerawat terbilang cukup sulit untuk dihilangkan. 

Maka tak heran banyak yang melakukan berbagai cara untuk menghilangkan bopeng bekas jerawat di wajah, mulai dari menggunakan obat bopeng bekas jerawat atau berbagai produk kosmetik untuk bopeng bekas jerawat hingga melakukan perawatan di klinik kecantikan. 


Namun, sebelum melakukan perawatan terhadap bopeng bekas jerawat, alangkah baiknya Anda mengetahui terlebih dahulu jenis-jenis bekas jerawat yang bisa timbul, seperti diantaranya :

Hipopigmentasi scars

Hipopigmentasi timbul akibat bagian kulit yang disebut melanosit tidak lagi mampu menghasilkan melanin setelah ditumbuhi jerawat atau disebut juga vitiligo. Karena memiliki warna yang kemerahan, hipopigmentasi akan lebih terlihat pada warna kulit yang gelap. 

Ciri-ciri : Bekas jerawat yang ditandai dengan perubahan warna kulit dan beberapa kasus disertai dengan peradangan pada jerawat. Biasanya, hipopigmentasi memiliki warna yang berbeda dari warna kulit seperti kemerahan, ungu, coklat, hingga hitam.

Keloid scars

Keloid atau hipertrofik merupakan jenis bekas jerawat yang berupa luka pada jaringan parut yang mengalami peradangan. Bekas jerawat ini berbentuk seperti gumpalan jaringan yang mengeras dan biasanya tumbuh melebar dari ukuran jerawat sebelumnya. Kasus ini terjadi karena bawaan tubuh yang memproduksi kolagen berlebih. Keloid umumnya terjadi pada pria terutama di area dada.

Ice-pick scars

Bekas jerawat ini berukuran kecil dan meninggalkan lubang dalam dipermukaan kulit, seperti sehabis ditusuk benda tajam dan cenderung nampak seupa pecahan es. Bekas tersebut biasanya meluas hingga ke lapisan dermis, tetapi sekilas tampak seperti pori-pori yang terbuka lebar. 

Rolling scars

Bekas jerawat ini terjadi karena adanya jaringan yang mengikat diantara permukaan kulit dan lapisan kulit dibawahnya. Ikatannya seolah menarik kulit menuju lapisan yang lebih dalam. Bekas jerawat ini dapat meninggalkan permukaan kulit menjadi bergelombang dan tidak rata.

Boxcar scars

Bekas jerawat ini berbentuk bulat atau oval dengan ukuran yang lebih besar dari ice-pick scars, dan membuat permukaan kulit menjadi tampak berlekuk dan tidak rata. 

Penyebab terjadi boxcar ini salah satunya disebabkan karena hancurnya kolagen karena peradangan jerawat, belum lagi kulit menghilang sehingga lapisan-lapisan dibawahnya menjadi terbuka dan dibiarkan tanpa pelindung. 

Namun, boxcar scars biasanya timbul dibagian permukaan kulit atau mungkin lapisan terdalam dari kulit, tergantung kasus jaringan kulit yang hilang. 

By Sri Maryati - Kesehatan Rabu, 19 Juli 2017 10:04:04

Related Post :
Daun
Mengenal Lebih Dekat Khasiat…

Selain sering kali di…

Penyakit
Mengenal Lebih Dekat Penyakit…

Penyakit osteoporosis atau pengoroposan…

Penyakit
Waspadai Penyebab Sering Sakit…

Waspadai penyebab sering sakit…

Daun
Manfaat Daun Karet Kebo…

inilah berbagai khasiat dan…

Kesehatan
Benarkah Bernyanyi Bisa Atasi…

Bernyanyi merupakan kegiatan yang…

Manfaat
Manfaat Konsumsi Daging Burung…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Konsumsi Cairan Alami Ini untuk Bantu Atasi Demam Berdarah!

Mengonsumsi cairan, khususnya air putih…

Kesehatan
Kesehatan
Kenali Tanda dan Gejala Keracunan Makanan

Kenali tanda dan gejala keracunan…

Kirim Pertanyaan
Top