Bahaya Dan Komplikasi Eksim Yang Kemungkinan Dapat Terjadi

Share dan Tag Temanmu di :

Bahaya dan komplikasi eksim bisa saja muncul. Kondisi tersebut menyebabkan timbulnya beberapa masalah kesehatan lainnya, selain munculnya gejala eksim di kulit. Lalu apa saja komplikasi penyakit eksim? Selengkapnya bisa anda simak dalam informasi berikut ini.


Pada kasus tertentu, eksim ternyata dapat menimbulkan komplikasi kesehatan selain gejala yang timbul pada permukaan kulit. Menggaruk secara konstan adalah salah satu penyebab infeksi kulit, yang mana merupakan komplikasi paling umum terjadi akibat penyakit eksim. Dan adapun dengan mengetahui berbagai kompliaksi tersebut sejak dini, anda bisa mengurangi kemungkinan masalah tersebut. Anda juga bisa meminta saran dari dokter agar anda bisa mencegah sekaligus mengatasi berbagai komplikasi tersebut.

Bahaya dan komplikasi penyakit eksim yang perlu anda ketahui

Secara umum, komplikasi yang di timbulkan oleh penyakit eksim terbagi ke dalam 2 bagian, yaitu komplikasi medis dan juga komplikasi gaya hidup.

1. Komplikasi medis

Adapun berbagai komplikasi medis dari penyakit eksim adalah sebagai berikut.

  • Infeksi. Infeksi bakteri merupakan rersiko kesehatan penderita eksim atau dermatitis atopik, yang salah satunya adalah skin colonization  atau infeksi bakteri seperti staphylococcus aureus. Tak sedikit mereka yang tengah menderita eksim memiliki bakteri ini, yang sangat beresiko menyebabkan infeksi dan memperburuk kondisi eksim anda. Selain itu, inveksi virus juga sangat rentan di alami oleh penderita eksim. Sebagai contoh terinfeksi virus herpes simplex, infeksi virus vaccinia dan lain sebagainya. Dan adapun gejala infeksi pad penderita eksim adalah kulit yang kemerahan, benjolan yang bernanah, terdapat luka dan gatal-gatal di sekitar mulut.
  • Neurodermatitis. Adalan suatu kondisi dimana kulit terlalu sering di garuk. Kondisi tersebut pada umumnya menyebabkan kulit menjadi menebal dan kulit berwarna lebih geklap di banding di sekitarnya. Meski kondisi ini tak bersifat berbahaya, namun komplikasi ini dapat menyebabkan perubahan arna pada kulit menjadi permanen dan penebalan kulit walau penyakit eksim sudah tidak aktif.
  • Bekas luka. Menggaruk kulit yang terkena eksim secara konstan dapat menimbulkan bekas luka. Karena satu-satunya cara untuk mencegah bekas luka adalah dengan tidak menggaruk kuklit. Bekas luka sendiri akan terlihat pada saat kulit telah sembuh dari penyakit eksim. Bahkan bekas luka tersebut juga dapat membuat permukaan klulit lebih timbul hingga bekas luka permanen pada bagian kulit yang teriritasi.
  • Asma dan hay fever. Kondisi ini sangat rentan muncul setelah eksim atopik terjadi.
  • Dermatitis kontak. Kondisi tersebut juga dapat dialami oleh mereka yang tengah mengalami eksim atopik. Hal tersebut di karenakan banyak unsur atau senyawa yang membuat kulit mengalami reaksi alergi.
  • Dermatitis tangan. Kondisi ini bisa di alami oleh penderita eksim yang menggunakan tangannya dan terpajan secara langsung dengan sabun keras, detergen atau bahan kimia.

2. Komplikasi gaya hidup

Adapun komplikasi eksim yang meliputi komplikasi gaya hidup adalah sebagai berikut.

  • Kekurangan rasa percaya diri. Tak sedikit dari penderita eksim baik itu anak-anak maupun orang dewasa merasa malu terhadap kondisi kulitnya. Ruam serta permukaan kulit yang kasar dapat mengganggu keperceyaan diri mereka.  Melakukan penangan yang tepat sserta mengurangi tingkatan stres dapat membantu meringankan kondisi ini.
  • Mempersulit aktivitas olahraga. hal tersebut tentu karena rasa gatal yang di sebabakan oleh eksim. Dan sebagai akibatnya tidak sedikit penderita eksim yang menghindari aktivitas fisik ini. Namun sebagai alternatifnya, anda bisa melakukan aktivitas olahraga di ruangan yang ber-AC untuk menghindari badan anda berkeringat, yang menjadi pemicu rasa gatal muncul.
  • Bullying. Hal ini pada umumnya banyak di alami pada anak-anak dalam usia sekolah. Mereka mungkin akan mendapat ledekan dari teman-teman seusianya karena eksim atopik yang mereka derita. Hal tersebut bisa saja menjadi traumatis pada anak-anak. Mereka juga mungkin menjadi pendiam dan tertekan.
  • Kesulitan tidur. Masalah yang satu ini juga pada umumnya di alami oleh penderita eksim. Kekurangan tidur sendiri pada umumnya dapat mempengaruhi mood, perlaku serta membuat sulit untuk berkonsentrasi pada pelajaran maupun pekerjaan.

Nah, itulah beberapa bahaya dan komplikasi eksim atopik yang kemungkinan dapat terjadi yang perlu anda waspadai. Apabila berbagai komplikasi tersebut terjadi, ada baiknya segera periksakan ke dokter atau pusat kesehatan terdekat untuk mendapatkan penanganan yang tepat. Anda juga jangan sampai lupa untuk terus mengonumsi obat eksim agar penyakit eksim anda lekas sembuh. Salam sehat!

By Nida Saripah - Penyakit Rabu, 19 Juli 2017 10:14:17

Related Post :
Manfaat
Mengenal Keju Dan Manfaatnya…

Keju pada dasarnya mempunyai…

Ibu Dan Anak
Penyebab Nafsu Makan Berlebihan…

Buah hati anda memiliki…

Penyakit
Tanda Dan Ciri-Ciri Gejala…

Tanda dan ciri-ciri gejala…

Obat Kimia
Manfaat Kandungan Amilase Pada…

Manfaat kandungan amilase pada…

Alami
Obat Sakit Leher Bagian…

Obat sakit leher bagian…

Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Gangguan Dan Penyakit Pada Sistem Pencernaan Manusia

Berikut ini berbagai jenis gangguan…

Penyakit
Mengenal Penyebab Dan Gejala Penyakit Bursitis

Berikut adalah informasi terlengkap seputar…

Penyakit
Bahaya dan Manfaat Ciuman Bibir Bagi Wanita Pria

Bahaya dan Manfaat Ciuman Bibir…

Kirim Pertanyaan
Top