Manfaat Daun Urang Aring Selain Untuk Menyehatkan Rambut

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun urang aring telah terkenal di masyarakat sebagai bahan alami yang dapat menyehatkan rambut. Namun tak hanya terbatas sampai di situ, masih banyak lagi khasiat lainnya yang bisa anda dapatkan dari tanaman ini, terlebih untuk kesehatan. Bahkan di tempat tertentu, daun ini juga sering kali di gunakan sebagai tanaman obat herbal untuk mengobati luka akibat sengatan kalajengking maupun gigitan ular. Namun, apakah semua itu benar? informasi selengkapnya bisa anda simak dalam uraian berikut ini.


Daun urang aring adalah daun dari tumbuhan yang memiliki nama yang sama yaitu, urang aring. Tanaman yang memiliki nama latin Eclipta alba L. tersebut merupakan sejenis tumbuhan liar yang tidak di budidayakan dan masih atu keluarga dengan asteraceae. Rumput ini pada umumnya bisa di temukan di seluruh wilayah Indonesia dengan habitat pinggiran sawah, ladang serta tempat-tempat lainnya yang cukup akan cahaya dan kebutuhan air.

Bagi anda yang belum mengatahui sama sekali akan tumbuhan ini, anda bisa mengenalinya dari beberapa ciri-ciri urang aring berikut ini:

  • Tanaman urang aring memiliki batang terna, tumbuh tidak begitu tegajk (rentan miring) dan banyak sekali percabangan.
  • Batang bulat dan berwarna hijau agak kemerahan yang di tumbuhi bulu halus dan menyelimuti.
  • Bentuk daun urang-aring sendiri yaitu sedikit memanjang, berwarna hijau muda dan daun sejajar berhadapan.
  • Bunga bingkol berwarna putih yang sama dengan bunga bandotan. Namun ukuran relatif lebih sempit dan kecil.

Hingga saat ini belum di ketahui secara pasti dari mana tnaman urang aring ini berasal. Namun, urang aring sendiri sangat mudah di temukan di dataran Asia terlebih India, China, Tahailad dan termasuk Indonesia di dalamnya. Di beberapa wilayah daun ini  memiliki nama panggilan yang berbeda. Beberapa diantaranya seperti orang-aring, te-lentean, daun sipat, keremak jantan, daun tinta dan false daisy.

Khasiat dan manfaat daun urang aring selain untuk menyehatkan rambut

Khasiat daun urang-aring yang di olah menjadi minyak urang-aring sangat terkenal akan khasiatnya bagi rambut. Mulai dari menyuburkan rambut, mengatasi rambut rontok, menghilangkan ketombe, menghitamkan rambut hingga menjadi zat pewarna alami bagi rambut. Namun selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat dari daun urang aring yang masih jarang di ketahui seperti halnya bagi kesehatan tubuh. Hal tersebut di karenakan selain mengandung zat yang dapat menyehatkan rambut, di dalamnya masih banyak terkandung zat lainnya yang juga baik untuk kesehatan tubuh.


Di lansir dari berbagai sumber terpecaya, di dalam tanaman urang aring terlebih bagian daunnya terdapat zat senyawa aktif yang diantaranya seperti thiophene, tanin, wedelolactone, phytosterol, isoflavonoids, triterpenoid, saponin, ecliptine serta masih banyak lagi yang lainnya. Selain dari pada itu, daun urang aring juga bersifat:

- Antipiretik: Memiliki kemampuan untuk menurjnkan demama atau panas.
- Hemostatis: Mampu menghentikan pendarahan pada luka maupun menstruasi yang berlebih.
- Anti-bakteri: Mampu membunuh bakteri, kuman serta virus berbahaya pada tubuh.
- Antitostyik: Menetralkan dan mengeluarkan racun dari dalam tubuh.

Adapun fungsi daun urang aring bagi kesehatan selengkapnya adalah sebagai berikut:

1. Mengobati gangguan hati
Gangguan pada fungsi oragan hati biasanya dapat di picu oleh beberapa sebab. Salah satunya adalah karena keracunan atau overdosis dari kandungan kimia tertentu, seperti halnya jenis obat-obatan yang menyebabkan kerja hati menjadi berat. Nah, untuk mengatasinya, anda bisa memanfaatkan bahan alami yang satu ini.

2. Mengatasi berbagai permasalahan kulit
Beberapa penyakit kulit seperti halnya iritasi kulit, ruasm, kutu air, beklas luka hingga eksim nyatanya dapat di atasi dengan menggunakan daun urang aring. Adapun langkah mudah untuk pemanfaatannya adalah sebagai berikut:
Siapkan beberapa lembar daun urang aring.
Iris dan rajang kasar daun urang aring tersebut.
Kemudian remas daun urang arung, lalu tempellkan dan kompres pada bagian kulit yang bermasalah.

3. Mengatasi gangguan lambung
Bagi anda yang kini tengah mengalami masalah pada lambung seperti halnya berupa diare, maag, asam lambung hingga radang dan iritasi pada lambung, anda kini bisa mencoba mengatasinya dengan heba urang aring. Cara pemanfaatannyapun terbilang cukup mudah. Anda bisa meminum air rebusan daun urang aring atapun mengonsumsi daun urang aring sebagai lalapan.

4. Mengobati dan menyembuhan sengatan dari hewan berbisa
Khasiat daun urang aring lainnya juga dapat membantu anda  dalam mengatasi sengatan dari hewan berbisa. Caranya cukup dengan mengompres luka gigitan hewan berbisa tersebut, maka racun yang masuk ke dalam tubuh anada bisa segera di netralisir. Namun, hal ini hanya berlaku pada hewan berbisa ring hanya sebagai pertolongan pertama. Dan adapun untuk khasiat yang lebih efektif maka anda bisa menggunakan obat penawar bisa yang lebih ampuh lagi.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi kegunaan daun urang aring lainnya yang berkaitan dengan kesehatan dan pengobatan seperti halnya mampu mengobati mimisan, gusi bengkak, korengan di kepala, batuk dan bronkitis, diare, muntah darah serta keputihan.  Bahkan sebagian lainnya berpendapat bahwasannya daun urang-aring ni juga sangat baik untuk alis dan juga kecantikan kulit.

Sekian informasi yang dapat kami sampaikan pada kesempatan kali ini terkait manfaat daun urang aring selain untuk menyehatkan rambut. Dan seperti manfaat daun seledri, daun sirih dan daun lainnya herba urang aring ini juga bisa di manfaatkan untuk kesehatan tubuh anda.

By Nida Saripah - Daun Kamis, 20 Juli 2017 10:31:30

Related Post :
Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Khasiat dan manfaat daun…

Kesehatan
Pertolongan Pertama Saat Vertigo…

Pertolongan pertama saat vertigo…

Kesehatan
Ingin Menjalankan Pola Hidup…

Olahraga secara teratur memang…

Kesehatan
Perubahan yang Terjadi Pada…

Walaupun menyehatkan, namun ada…

Tips
Anda Cukup Kompres Pakai…

Anda cukup kompres pakai…

Manfaat
Tak Disangka! Ini Manfaat…

Selain daging buahnya, bijinya…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Cara Pengolahan Daun Binahong Untuk Obat Asam Urat

Berikut adalah cara pengolahan daun…

Daun
Daun Keji Beling Dan Manfaatnya Bagi Kesehatan Tubuh

Daun keji beling dan manfaatnya…

Daun
Kirim Pertanyaan
Top