Mengetahui Jenis Narkoba Paling Populer dan Dampaknya

Share dan Tag Temanmu di :

Akhir-akhir ini marak berita seputar penangkapan beberapa artis Tanah Air dengan tuduhan penyalah gunaan dan pengedaran narkoba. Yang terbaru, kabar penangkapan putra pesinetron Jeremy Thomas, Axel Matthew yang diduga terlibat dalam transaksi narkoba jenis Happy Five dari Malaysia yang masih menjadi perbincangan masyarakat.

Bahkan, disamping itu, kini tidak sedikit masyarakat, khususnya mereka yang masih berusia muda, diketahui menggunakan obat-obatan terlarang ini dengan berbagai alasan, mulai dari sekedar coba-coba, hingga untuk menunjang kesehatan dan mengatasi gangguan kesehatan tertentu. 


Lalu, apa itu narkoba, dan bagaimana dampak penggunaannya ?

Menurut BNN, narkoba (narkotika dan obat-obatan terlarang) ada;ah bahan atau zat yang dapat mempengaruhi kondisi kejiwaan / psikologi (pikiran, perasaan, perilaku) seseorang, serta dapat menimbulkan ketergantunganf isik dan psikologi. 

Awalnya, narkoba merupakan obatn yang digunakan untuk membius pasien yang akan melakukan prosedur operasi atau untuk penderita gangguan jiwa. Namun, lama-kelamaan narkoba disalahgunakan untuk keperntingan lain. BNN menyebutkan bahwa sekitar 50 orang meninggal setiap harinya karena narkotika dan obat-obatan terlarang tersebut. 

Di Indonesia sendiri, peredaran narkoba ini cukup besar. Dan berikut ini merupakan jenis narkoba paling populer dan dampaknya, yaitu :

  • Opium

Opium berasal dari getah tumbuhan papever somniferum yangm belum masak. Opium dapat diolah menjadi morfin dan kodein yang diperlukan dalam bidang kedokteran sebagai obat antinyeri. Selain itu, opium tertentu dapat membuat orang tidur lelap dan gembira tanpa sebab. 

Fungsi inilah yang kemudian sering disalahgunakan oleh sebagian orang. Padahal, opium memiliki sifat adiktif yang besar. Dampak fatal dari overdosis opium adalah gangguan pernapasan yang berujung pada kematian. 

  • Ganja

Ganja memiliki nama lain, diantaranya cimeng, marijuana, gele, pocong. Marijuana aadalah kata yang digunakan untuk menggambarkan bunga, batang , biji, dan daun kering dari tanaman ganja, Cannabis sativa, tanaman yang mengandung zat perubahan akal sehat delta-9 tetrahydrocannabiol (THC) dan senyawa lain yang terkait. Marijuana merupakan obat terlarang yang paling umum digunakan di seluruh dunia termasuk Indonesia. 

THC bekerja pada reseptor sel otak tertentu yang biasanya akan bereaksi terhadap zat alami yang mirip dengan THC dalam otak. Zat-zat tersebut memiliki peran dalam perkembangan dan fungsi otak. Ganja akan memaksakan fungsi bagian otak yang mengandung jumlah tertinggi pada reseptor tersebut. Hal ini akan menyebabkan pengguna merasakan 'high' dan beberapa dampak lain, seperti perubahan indra, perubahan kesadaran terhadap waktu, perubahan mood, gerakan tubuh terganggu, kesulitan berpikir dan memecahkan masalah, dan memori terganggu.

Sedangkan pemakaian dalam jangka panjang, ganja dapat menyebabkan gangguan pernapasan, meningkatkan denyut jantung, masalah perkembangan anak saat dan setelah kehamilan, serta halusinasi. 

  • Kokain

Kokain sering kali dianggap sebagai narkoba kalanganelite dan kaya raya lantaran memiliki harga yang cukup mahal. Kokain dapat memicu metabolisme secara cepat. Metabolisme yang meningkat ini juga dapat disertai dengan gejala lain, seperti peningkatan detak jantung, peningkatan frekuensi pernapasan, hingga insomnia. 

Kokain dikenal sangat adiktif. narkoba jenis ini bekerja di daerah otak yang dalam. Merangsang area otak ini dengan kokain memang terasa enak, dan bisa menciptakan keinginan yang kuat untuk mengonsumsi lebih banyak lagi. Penggunaan kokain yang berulang bisa menyebabkan toleransi, yaitu dosis yang semakin tinggi diperlukan untuk mencapai efek yang sama, ketergantungan, serta kecanduan. 

  • Ekstasi

Ekstasi biasanya digunakan untuk meningkatkan energi. Anda akan merasakan sangat bertenaga setelah mengonsumsinya. Efek negatif akibat penggunaan narkoba jenis ini adalah gangguan tidur, gangguan emosional, dan gangguan proses belajar. Keinginan mengonsumsi narkoba secara terus menerus juga dapat mengakibatkan peningkatan toleransi tubuh. Akibatnya, pengguna tidak akan bisa mengontrol penggunaannya dan cenderung mengonsumsi obat tersebut melebihi dosis yang dapat diterima tubuh. Pada saat itulah Anda akan mengalami overdosis yang dapat berujung pada kematian. 

Selain itu, masih banyak jenis-jenis narkoba yang cukup populer di Indonesia, misalnya shabu, heroin, dan jenis narkoba lainnya. Penggunaan narkoba hanya dapat memberikan kenikmatan yang semu dan sementara. Karena dapat mengakibatkan ketergantungan, maka Anda akan rela melakukan apapun untuk bisa mendapatkannya. Akibatnya, ini akan berdampak buruk bagi hubungan personal, pekerjaan, dan sebagainya. Melihat dampak yang ditimbulkan, alangkah baiknya Anda menjauhkan diri dari bahaya narkoba. Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Kesehatan Jum'at, 21 Juli 2017 13:56:53

Related Post :
Penyakit
Waspadai Hepatitis C Pemicu…

Waspadai hepatitis C yang…

Manfaat
Jangan Sepelekan! Ini Manfaat…

Tidak hanya daging buahnya,…

Kesehatan
Risiko Penyakit dari Golongan…

Selain sebagai pelengkap dokumen…

Kesehatan
Perawatan Alami Setelah Keguguran…

Perawatan alami setelah keguguran…

Ibu Hamil
Resep Obat Flu Alami…

Ibu hamil jangan mengonsumsi…

Penyakit
Ketahui Gejala Dan Penyebab…

Ketahui gejala dan penyebab…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Selain Sakit Ini Penyebab Mulut Terasa Pahit

Beragam penyebab mulut terasa pahit…

Kesehatan
Pernah Mimpi Basah? Ketahui Manfaatnya Disini!

Pernah Mimpi Basah? Ketahui Manfaatnya…

Kirim Pertanyaan
Top