Mencegah dan Mengatasi Stres dengan Manfaat Nutrisi Alami

Share dan Tag Temanmu di :

Berbagai tekanan, baik yang berasal dari pekerjaan, lingkungan, ataupun dari diri sendiri tidak jarang membuat seseorang merasa depresi atau stres. Stres tidak selalu buruk, meskipun biasanya dibahas dalam konteks negatif, karena stres memiliki nilai positif ketika menjadi peluang saat menawarkan potensi hasil. 

Stres menampakkan diri dengan berbagai cara, seperti seseorang yang sedang stres berat mungkin akan mengalami tekanan darah, sariawan, mudah kesal, sulit membuat keputusan yang bersifat rutin, kehilangan selera makan, rentan terhadap kecelakaan, dan sebagainya. 


Stres  bisa menjadi sangat rentan Anda. Jika stres tidak bisa dikelola dengan baik, maka bisa menimbulkan depresi. Beristirahat, melakukan hobi, atau berlibur merupakan beberapa cara yang dilakukan untuk mengatasi stres. Namun, selain itu, ternyata ada cara lain untuk mencegah dan mengatasi stres dengan manfaat nutrisi alami, yaitu :

  • Vitamin D dari sinar matahari

Berjemur di pagi hari dapat membantu Anda untuk mengatasi stres saat beraktivitas. Hal ini disebabkan karena sinar matahari merupakan sumber vitamin D yang dapat membangkitkan suasana hati. Menurut profesor Mark Beecher dari Brigham Young University Amerika Serikat, paparan sinar matahari diketahui telah dihubungkan dengan peningkatan hormon serotonin. Hormon ini dapat membantu merelaksasi otak yang berujung meningkatkan mood.

Penelitian ini berfokus pada populasi orang yang gemar berjemur di bawah terik sinar matahari. Ketika studi ini berlangsung, para peneliti menganalisa beberapa aspek tekanan psikologis dari dampak sinar matahari. Hasilnya, orang-orang yang tampak rajin berjemur memiliki kesehatan mental yang terjaga dengan baik. Mereka bisa mengatur emosinya ketika berhadapan dengan suatu hal yang menyulitkan. 

  • Asam lemak omega 3

Minyak ikan merupakan salah satu sumber asam lemak omega 3. Omega 3 memiliki banyak manfaat bagi kesehatan, seperti diantaranya untuk mengatasi stres, masalah kesehatan tulang, dan masalah kesehatan jantung. Omega 3 juga dapat membantu seseorang untuk mengatasi stres psikologis dengan menurunkan kadar kolesterol.

Tidak hanya itu, dalam beberapa penelitian lain juga disebutkan bahwa omega 3 bermanfaat untuk mencegah atau memperbaiki penyakit Alzheimer, agresi, depresi, gangguan bipolar, kehilangan memori, dan kesulitan belajar.

Asam lemak omega 3 dibagi menjadi 2 jenis, yaitu EPA (asam eicosapentaenoic) dan DHA (asam docosahexaenoic) yang hanya bisa ditemukan pada ikan dan organisme laut lainnya. Penelitian menunjukkan bahwa dosis lebih rendah dari kedua jenis omega 3 tersebut erat kaitannya dengan kemarahan, depresi, dan agresi.

  • Probiotik

Ada baiknya mulai saat ini Anda memperhatikan kandungan yang ada dalam asupan makanan Anda. Pasalnya, ada kandungan makanan, salah satunya probiotik yang ternyata bisa mengatasi stres secara alami. Penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado, Amerika, menemukan bahwa jumlah asupan probiotik dalam diet dapat membuat bakteri baik dalam usus seimbang, dan hal ini bisa membantu untuk mencegah dan mengatasi stres. 

Diimbangi dengan kualitas tidur yang cukup, maka kesehatan akan semakin terjaga. Menyeimbangkan bakteri dalam usus sangat penting, pasalnya saat stres, bakteri akan terpangkas. Penelitian ini telaj diuji coba pada tikus. Tikus yang mengonsumsi makanan dengan kandungan probiotik lebih bisa mengatasi rasa stresnya dibandingkan dengan tikus yang tidak mengonsumsi probiotik.

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 22 Juli 2017 11:58:49

Related Post :
Penyakit
Waspadai Sakit Maag Penyebab…

Jika terus dibiarkan dan…

Tips
Cara Mengatasi Alergi Kulit…

Cara mengatasi alergi kulit…

Kulit
Cara Alami Mengatasi Kulit…

Begini cara alami mengatasi…

Alami
Obat Hepatitis Alami Terbaru…

Obat hepatitis alami terbaru…

Kesehatan
Penting! Ketahui Cara Mencegah…

Berikut adalah beberapa upaya…

Daun
Manfaat Daun Kecubung Dan…

Selain untuk burung kenari…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Kesehatan
Efek Negatif Sering Mabuk Karena Minuman Keras

Mengonsumsi minuman keras atau minuman…

Kesehatan
Apa Benar saat Pilek atau Batuk Tidak Boleh Minum Susu ?

Ada yang menyebutkan bahwa penderita…

Kirim Pertanyaan
Top