Khasiat Dan Manfaat Daun Suji Yang Luar Biasa Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun suji sebagai bahan pengobatan herbal masih belum banyak di ketahui oleh masyarakat. Hal tersebut di karenakan seperti halnya manfaat daun pandan, daun ini juga di ketahui sering kali hanya di gunakan sebagai pewarna alami dan pemberi aroma khas pada makanan. Lalu, apa khasiat daun suji bagi kesehatan? Informasi selengkapnya bisa anda simak dalam uraian berikut ini.

Suji adalah sejenis tanaman perdu yang mana bagian daunnya memiliki kemiripan bentuk dengan daun pandan. Hal tersebut menyebabkan selama ini, banyak orang yang keliru menganggap daun suji adalah daun pandan. Meski memang secara kasat mata keduanya memiliki bentuk hampir yang sama, namun daun suji dan daun daun pandan sendiri terdiri  dari 2 tanaman yang berbeda. Adapun perbedaan daun suji dan daun pandan meliputi:


- Panjang daun: Dan pandang sendiri memiliki panjang seperti pita, terdapat tulang daun di bagian tengahnya serta tepi daun pandan yang bergerigi tajam. Sedangkan panjang daun suji tidak tajam atau bergerigi serta tidak ada tulang daun di bagia tengahnya.

- Warna daun: Daun suji dan daun pandan memiliki wrna yang berbeda. Jika daun pandan memiliki wrna hijau muda yang mengkilap, sedangkan daun suji memiliki hijau tua yang mengkilap.

- Penggunaan dalam masakan: Daun pandan sering kali di gunakan untuk membuat aroma kue wangi, sedangkan daun suji sering kali di guinakan sebagai pewarna alami kue.

Namun, selain dari pada sering kali di ginakan sebagai pewarna alami di dalam masakan, manfaat daun suji ternyata memiliki khasiat luar bisa bagi kesehatan. Hal tersebut di karenakan di dalamnya terkandung bergai nutrisi yang baik bagi tubuh yang diantaranya seperti polifenol, saponin, tannin, flavonoid, alkaloid, dan lain sebagainya. Nah dengan banyaknya kandungan daun suji tersebut maka tak di ragukan lagi jika daun yang satu ini bermanfaat bagi kesehatan bahkan dapat di manfaat untuk pengobatan berbagai jenis penyakit.

Khasiat dan manfaat daun puji untuk kesehatan serta pengobatan penyakit


Seperti yang telah sempat kami singgung sebelumnya, bahwasannya daun suji ini mampu membantu meningkatkan kualitas kesehatan tubuh dan juga mengobati berbagai jenis penyakit, yang diantaranya adalah:

1. Mengatasi batuk

Daun suji ternyata cukup efektif dalam mengobati berbagai jenis batuk mulai dari batuk kering hingga batuk berdahak. Adapun cara pemanfaatannya cukup mudah, yaitu anda cukup merebus dun suji secukupnya dan minum air rebusannya. Pengobatan alami ini lebih efektif apabila di lakukan di pagi hari dan menjelang tidur.

2. Mengobati sipilis

Salah satu khasiat dari daun suji lainnya adalah mampu mengobati penyakit infeksi menular seksual (IMS) seperti sipilis. Penyakit yang di sebabkan oleh bakteri dan virus yang menyebar akibat hubungan seks tidak sehat ini sendiri di tandai dengan keluarnya nanah saat buang air kecil.

Adapun cara pengolahan untuk memanfaatkan daun suji sebagai obat sipilis trasdisional adalah dengan meminum 1-2 gelas air rebusan daun suji secara rutin. Maka hal tersebut dapat menghentikan nanah yang keluar saat buang air kecil.

3. Mengobati leukimia

Penyakit yang sering kali di sebut dengan kanker darah putih ini adalah kanker yang menyerang sumsum tulang yang memproduksi sel darah merah. Dan ternyata daun suji bisa menjadi salah satu terapi pengobatan untuk penyakit berbahaya ini. Caranya cukup dengan m,engonsumsi air rebusannya secara tertur.

4. Mengobati penyakit beri-beri

Penyakit beri-beri sendiri adalah penyakit kekurangan vitamin B, yang mana mampu mempengaruhi sistem kekebalan tubuh. Nah, kandungan saponin yang terdapaty di dlam daun suji  mampu membantu mengatasi penyakit tersebut. Adapun caranya yaitu cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun suji secara teratur.

5. Mengobati disentri

Kegunaan daun suji lainnya adalah mampu mengatasi penyakit disentri. Hal tersebut karena kandungan saponin di dalaun suji sangat efektif untuk mengatasi masalah ini. Nah, dengan mengonsumsi air rebusan daun suji sebanyak 1-2 gelas sehari secara teratur maka penyakit disentri ini bisa teratasi. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, minumlah air rebusan daun suji pada pagi ataupun malam hari menjelang tidur.

6. Meredakan nyeri haid

Beberapa wanita sering kali mengeluhkan nyeri pada saat haid. Adapun untuk meredakannya, anda bisa mencoba mengonsumsi air rebusan daun suji sebanyak 2 kali,yaitu di pagi dann malam hari secara tertur hingga nyeri haid yang anda alami mereda.

7. Mengatasi masalah pencernaan

Bagi anda yang kini tengah mengalami masalah pencernaan seperti sembelit, asam lambung, dan lainnya anda bisa menjadikan daun suji sebagai salah satu alternatif untuk mengatasinya. Kndungan tanin yang trdapat di dalam daun suji sendiri berfungsi untuk melancarkan dan mengatasi berbagai permasalahan pencernaan.

8. Menurunkan gula darah

Memiliki kadar gula darah yang tinggi sangat nyatanya dapat menyebabkan penyakit yang berbahaya, seperti halnya diabetes. Namun hal tersebut dapat di cegah dengan daun suji.  Ramuan tersebut nyatanya mampu menormalkan kadar gula darah dalam tubuh anda. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal anda bisa mengonsumsi air rebusan daun suji sebanyak 3 kali sehari secara teratur.

9. Menjaga kesehatan kulit

Kandungan polifenol dan flavonoid yang terdapat di dalam daun suji ternyata mampu memberikan kelembaban serta mengontrol kadar minyak berlebih pada wajah. Anda bisa memanfaatkan daun suji sebagai masker atau lulur. Caranya cukup dengan menumbuk daun suji hingga halus, dan aplikasikan pada wajah maupun kulit lainnya untuk menjaga dan mengembalikan kesehatan kulit anda akibat sinar UV atau paparan sinar matahari langsung.

10. Menurunkan darah tinggi

Daun suji juga sangat baik di gunakan sebagai pengobatan herbal untuk mengatasi darah tinggi. Caranya cukup dengan mengonsumsi air rebusan daun suji miniml 1 gelas secara teratur. Namun, jika tekanan darah anda telah normal, anda baiknya anda segera mengurangi takaran untuk mengonsumsi ramuan tertsebut.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi manfaat daun suji yang luar biasa bagi kesehatan dan juga baik untuk kesehatan ibu hamil. Beberapa diantaranya seperti baik untuk kesehatan jantung, paru-paru, mengatasi wasir, mengatasi stroke, melancarkan aliran darah, mengatasi sesak nafas, meningkatkan kekebalan tubuh, menangkal radikal bebas, mengobati sakit gigi, mengatasi gusi berdarah, dan masih banyak lagi yang lainnya. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini bermanfaat dan menjadi wawasan baru seputar dunia herbal bagi anda.

By Nida Saripah - Daun Sabtu, 22 Juli 2017 14:49:21

Related Post :
Tips
Cara Aman Memecahkan Bisul…

Cara aman memecahkan bisu…

Tips
Tips Cara Mengatasi Wajah…

Minyak pada kulit wajah…

Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Alami
Cara Alami Mengatasi Siklus…

Wanita yang mengalami pendarahan…

Daun
Khasiat dan Manfaat Daun…

Khasiat dan Manfaat Daun…

Manfaat
Konsumsi Bawang Putih Panggang…

Bawang putih sudah sejak…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • kesehatan

    0 Balasan

    Daun

    Dok.. Saya mau nanya,, khasiat daun murbay bisa engga buat penyakit radang pembuluh darah? Terimakasih

  • Daun sukun obat gagal ginjal

    0 Balasan

    Daun

    Kalau sudah terlanjur cuci darah apa masih bisa dengan daun sukun?

  • Daruju

    1 Balasan

    Daun

    Dmna org jual daruju ,bush dan daun ny,ttmksh

  • Cara diet dgn daun mint

    1 Balasan

    Daun

    Cara membuat nya gmana

  • Daun belalai gajah

    1 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?


Daun
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Pakis Bagi Kesehatan

Khasiat dan manfaat daun pakis…

Kirim Pertanyaan
Top