Manfaat Mengonsumsi Daging Belalang Bagi Kesehatan

Share dan Tag Temanmu di :

Belalang seringkali dianggap sebagai hewan liar dan hama bagi tanaman bagi sebagian orang. Belalang bisa kita ditemukan diberbagai tempat, salah satunya adalah sawah. Namun, di beberapa daerah, belalang masih dimanfaatkan sebagai sumber pangan yang kaya akan nutrisi. 

Biasanya, belalang diolah dengan cara digoreng dan dikonsumsi sebagai cemilan ataupun lauk pauk. Pangan alternatif seperti belalang ini telah terbukti mampu mencegah penduduk dari kerawanan pangan dan gizi. Secara ilmiah, kandungan gizi yang ada didalam belalang juga tidak bisa dianggap enteng. Karena, belalang ternyata memiliki kandungan gizi yang tidak kalah dengan sumber protein lainnya, seperti daging sapi


Selain kaya akan kandungan protein, belalang juga memiliki kandungan berbagai jenis mineral, seperti kalsium, magnesium, pottasium, sodium, fosfor, zat besi, zinc, mangan, dan tembaga. Bahkan, belalang juga mengandung berbagai vitamin seperti vitamin A, vitamin B, vitamin B1, vitamin B2, B3, E, dan C, asam folat, hingga berbagai jenis asam lemak. 

Manfaat Mengonsumsi Daging Belalang Bagi Kesehatan

Di Indonesia pemanfaatan belalang memang belum digali secara maksimal. Namun, diketahui bahwa daging belalang ini memiliki beragam manfaat bagi kesehatan. Berikut ini beberapa manfaat mengonsumsi daging belalang bagi kesehatan, diantaranya adalah :

Mencegah anemia

Anemia merupakan salah satu penyakit yang cukup banyak diderita oleh masyarakat. Namun, sayangnya tidak sedikit orang yang tidak pernah memperhatikan gejala anemia, seperti pusing, badan lemas, lesu, letih, dan mudah lelah. Sehingga penyakit terlambat untuk ditangani. Namun, Anda tidak perlu khawatir. Karena Anda bisa mencegah timbulnya penyakit anemia, yaitu dengan mengonsumsi daging belalang. 

Menyehatkan tulang

Kandungan kalsium, kalium, dan magnesium yang ada didalam belalang dapat menjaga kesehatan tulang dengan baik, bahkan juga dapat membantu mengatasi gangguan pada tulang, seperti nyeri sendi, nyeri otot, dan lainnya. Kandungan tersebut dapat memenuhi asupan nutrisi yang diperlukan oleh tulang, sehingga tulang tidak mengalami defesiensi asupan gizi.

Melancarkan sistem pencernaan

Belalang juga memiliki kandungan vitamin B, B1, B2, B6, dan kompleks yang bermanfaat untuk melancarkan pencernaan dengan meningkatkan produksi asam klorida yang dapat memecah lemak, protein, dan karbohidrat. 

Menjaga kesehatan mata

Kandungan vitamin A yang dimiliki belalang dapat membantu meningkatkan kesehatan mata dengan menjaga dan mengontrol saraf mata dengan baik. Kandungan vitamin A ini juga memiliki peran yang sangat penting untuk mencegah risiko pertumbuhan sel kanker dan meningkatkan kandungan antioksidan dalam tubuh. 

Meningkatkan kekebalan tubuh

Daging belalang memiliki kandungan zinc yang sangat mencukupi kebutuhan harian tubuh. Zinc berfungsi sebagai sistem imun atau meningkatkan kekebalan tubuh dari berbagai serangan bakteri dan virus. Selain itu, zinc juga bermanfaat untuk mencegah penuaan dini yang disebabkan oleh radikal bebas. 

Meregenerasi sel otot yang rusak

Jika Anda sering berolahraga berat seperti sering menjalani fitnes, hal tersebut dapat memicu terjadinya kerusakan pada jaringan otot yang membesar. Mengonsumsi daging belalang merupakan salah satu solusi alami yang dapat membantu memulihkan peradangan otot secara efektif. 

Manfaat lain 

Selain beberapa manafat yang telah disebutkan sebelumnya, ternyata daging belalang menyimpan manfaat lainnya, yaitu menjaga kesehatan rambut dan kuku, meningkatkan kadar produksi energi, menjaga sistem saraf tetap sehat, meningkatkan kadar kolesterol, serta meningkatkan kesuburan pria. 

Walaupun memiliki kandungan nutrisi serta manfaat yang lengkap, namun Anda harus tetap memperhatikan kebersihan belalang. Jenis belalang tertentu terkadang memiliki cacing didalam organ tubuhnya, jenis cacing ini sangat berbahaya karena sangat sudah untuk dibasmi.

Untuk menghindari hal tersebut, bersihkanlah belalang pada bagian organ dalam dengan cara melepaskan bagian kepala belalang dan cuci dengan air hangat hingga benar-benar bersih.

By Sri Maryati - Manfaat Senin, 24 Juli 2017 11:17:17

Related Post :
Tips
Mudah Lelah Saat Hamil?…

Banyak sekali penyebab mudah…

Kesehatan
Dampak Penggunaan Lensa Kontak…

Penggunaan lensa kontak dalam…

Kesehatan
Jenis Makanan Yang Baik…

Jenis makanan yang baik…

Manfaat
Khasiat dan Manfaat Beras…

Khasiat dan Manfaat Beras…

Alami
Cara Alami Menghilangkan Gatal…

Cara alami menghilangkan gatal…

Kesehatan
Luar Biasa! Meski Tanpa…

Manusia termasuk makhluk hidup…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Plum Untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan manfaat buah…

Manfaat
Manfaat Ketan Hitam Untuk Kesehatan

Penelitian mengenai manfaat ketan hitam…

Kirim Pertanyaan
Top