Cara Menambah Berat Badan Yang Sehat Secara Alami Dan Cepat

Share dan Tag Temanmu di :

Cara menambah berat badan yang sehat adalah salah satu daripada informasi yang sangat di cari sekarang ini. Bagaimana tidak, sebagian besar orang kini mungkin tengah menganggap dirinya kurus dan ingin memperbaiki penampilan dengan menambah berat badan dengan cepat. Bagi anda yang tengah mencari informasi serupa, sebaiknya anda menyimak informasi berikut ini.


Di samping sebagaian besar orang memiliki masalah dengan kelebihan berat badan dan ingin menurunkan berat badan agar memiliki tubuh yang proposional, di sisi lainnya terdapat sebagian orang yang memiliki berat badan yang kurang dan kini tengah mencari solusi yang paling efektif agar berat badannya bertambah dan ia mendapat berat badan yang ideal dan proporsional pula.

Memiliki berat badan yang sehat sering kali di kaitkan dengan istilah berat badan ideal. Dan untuk mengetahui hal ini, maka di gunakan rumus indeks masa tubuh (IMT) = berat badan (kg) di bagi kuadrat tinggi badan (m). Dan di sebut berat badan ideal sendiri apabila jumlah perhitungan menghasilkan angka antara 18,5-25. Dan itu artinya, IMT di bawah 18,5 adalah sangat kurus sehingga butuh metode untuk menambah berat badan. Dan sebaliknya jika IMT lebih dari 25 maka anda di anggap kelebihan berat badan, dan lebih dari 30  di anggap memiliki bahaya obesitas sehingga harus menurunkan berat badan.

Dan memang benar, seperti halnya menurunkan berat badan, menambah berat badan juga bukan perkara yang mudah. Akan tetapi, sebelum anda akan menambah berat badan anda, ada baiknya kenali terlebih dahulu berbagai penyebab badan kurus atau faktor yang menyebabkan sesorang kekurangan berat badan. Seperti di antaranya:

  • Kekurangan nutrisi dan gizi.
  • Faktor genetika atau keturunan,
  • Mengalami bnayak stres dan pikiran.
  • Adanya gangguan makan seperti anoreksia nervosa
  • Terlalu sering begadang
  • Atau memiliki riwayat medis tertentu, seperti menderita penyakit celiac, hipertiroidisme dan lainnya.

Namun yang menjadi pertanyaan disini adalah, apakah anda memang kurus dan harus menggemukan badan? Pertanyaan tersebut ada baiknya anda jawab sebelum anda menerapkan berbagai cara untuk menambah berat badan anda. Karena walau bagaimanapun kesehatan  adalah hal yang paling utama. Karena buat apa jika anda menambah berat badan jika hanya menambah resiko anda terjangkit suatu penyakit. Dan begitupun sebaliknya, buat apa mempertahankan badan kurus jika itu tidak menyehatkan tubuh.

Cara menambah berat badan yang sehat secara alami dengan cepat pada orang dewasa


Banyak yang bilang menggemukan atau menambah berat badan adalah suatu hal yang cukup sulit. Akan tetapi bagi anda pria maupun wanita yang ingin menambah berat badan, anda bisa mengikuti beberapa langkah berikut yang mana terbilang mudah, sehat, secara alami tanpa harus mengonsumsi obat penggemuk badan yang di beli di apotik. Yang mana berbagai cara tersebut adalah sebagai berikut.

1. Makan 500 kalori tambahan yang sehat setiap hari

Jika hal tersebut anda masukan ke diet anda sehari-hari, maka tak menutup kemungkinan anda dapat menambah berat badan anda hingga 0,5 kg bahkan lebih setiap minggunya. Namun, meski demikian tetaplah mengkonsultasikannya pada dokter atau ahli gizi anda dan pilih makanan yang berkalori namun tetap mengandung nutrisi yang tinggi.

2. Tingkatkan intensitas dan porsi makan

Jika biasanya anda makan 2-3 kali sehari, untuk mendapatkan berat badan yang di inginkan anda harus makan sedikitnya hingga 4-5 kali sehari. Dengan begitu, tubuh anda akan mendapatkan karbohidrat dan nutrisi penting yang lebkh banyak. Sehingga besar kemungkinan berat badan andapun akan cepat naik ke angka yang anda harapkan.

3. Atur jadwal makan

Bagaimana mungkin berat badan anda bertambah, jika anda jarang makan, Selain banyak makan, hal itu juga perlu di imbangi dengan jadwal makan yang teratur. Seperti halnya 3 kali makan besar dan 2 kali cemilan: sarapan - cemilan - makan siang - cemilan - makan malam.

Dan yang terpenting jangan sampai melewatkan sarapan, karena sarapan adalah sumber bahan bakar utama sebelum anda melakukan berbagai aktivitas pada hari tersebut. Selainitu, malam makan juga penting. Pilihlah makanan yang tinggi akan kalori dan protein makanan dan aturlah jam makan lebih malam tepatnya 1-2 jam sebelum tidur. Hal tersebut bertujuan agar makanan yang di konsumsi benar-benar tersimpan dalam tubuh menjadi masa otot dan jaringan lemak, sehingga dapat membantu menambah massa tubuh anda dengan cepat.

4. Perhatikan jenis makanan yang di konsumsi

Cara sehat menambah berat badan lainnya yang juga penting untuk di perhatikan adalah memperhatikan jenis makan yang di konsumsi. Adapun jenis makanan yang baik untuk menambah berat badan tidak terlepas dari mengonsumsi makanan yang kaya protein, karbohidrat dan juga lemak.

  • Makanan yang mengandung protein meiliputi, daging, ikan telur, susu dan produk olahannya, kacang-kacangan dan lainnya. Jia anda mencoba berniat untuk menggemukan badan, maka konsumsilah makanan yang kya akan protein tersebut 1,5-2,2 gramprortein perkilogram berat anda saat ini.
  • Makanan yang mengandung karbohidrat, bisa di konsumsi lebih banyak bagi anda yang memiliki berat badan di bawah ideal. Karena makanan yang berkarbohidrart sendiri dapat membuat tubuh anda mendapatkan banyak kalori.  Sumber karbohidrat sendiri terbilang banyak, mulai dari nasi kentang, singkong ubi jalar, gandum dan lainnya.
  • Makanan yang mengandung lemak yang di kombinasikan dengan juga bisa di di konsumsi agar berat anda bertambah dengan cepat. Dan tak perlu membeli suplemen untuk itu, karens sumber lemak di dalam makanan yang anda konsumsi setiap haripun sangat berlimpah terlebih pda minyak sayur, ikan, jagung, kelapa dan bebera jenis makanan lainnya. Namun sebaiknya tiidak mengonsumsi produk olahan ataupun gorengan yang memakai minyak yang di gunakan beberapa kali, karena tidak baik untuk kesehatan.

5. Mengunyah makanan dengan benar

Masih banyak orang yang mengunyah makanan secara tidak tepat. Adapun mengunyah makanan yang tepat adalah harus benar-benar halus baru menelannya. Adapun makanan yang di kunyah dengan benar akan lebih mudah di cerna dan di serap olh tubuh. Dengan demikian, tubuh akan lebih optimal untuk menyerap sari-sari makanan dan andapun bisa menjadi lebih cepat gemuk.

6. Banyak minum air putih

Tak hanya berfungsi untuk menurunkan berat badan, bagi anda yang kini sedang bermaksud ingin menambah berat badan juga di sarankan untuk mengonsumsi banyak air putih. Karena air putih sendiri berfungi sebagai fasilitator, mediator hingga tansisi untuk nutrisi-nutrisi yang beredar di tubuh manusia. Dan selain itu cara ini juga sangat menyehatkan ginjal kita.

7. Tidur yang cukup

Selain kurang baik untuk kesehatan, nyatanya kurang tidur juga bisa menjadi hambatan bertambah berat badan. Untuk itu, bagi anda yang ingin menambah berat badan sangatlah penting untuk beristirahat yang cukup di malam hari, kurang lebih 6-8 jam perharinya.

8. Berolahraga yang teratur

Selain makan yang banyak, untuk menambah berat badan juga di perlukan olahraga yang tertur. Anda bisa melakukan olahraga ringan seperti halnya jalan di pagi dan sore hari, senam, bersepeda, serta olahraga ringan dan lainnya. Hindari jenis olahraga cardio seperti lari, karena ini justru dapat membuat berat badan anda menjadi turun.

Nah, itulah sekumpulan cara menambah berat badan yang sehat secara alami dengan cepat bagi orang dewasa. Adapun untuk cara menambah berat badan bayi, anak balita, ibu hamil hingga janin, ada baiknya anda langsung mengkonsultasikannya dengan dokter atau ahli gizi terdekat agar masukan berupa asupan nutrisi dan hal-hal yang perlu di lakukan jauh lebih tepat dan aman.

By Nida Saripah - Tips Senin, 24 Juli 2017 13:30:26

Related Post :
Kewanitaan
Mewaspadai Risiko Penyakit Kanker…

Sama halnya seperti organ…

Kesehatan
Makanan Sehat Yang Dianjurkan…

Makanan sehat yang dianjurkan…

Kesehatan
Jenis Pengobatan Gagal Ginjal…

Selain mengonsumsi obat-obatan, juga…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah berbagai khasiat…

Kesehatan
Daftar Merek Pembalut Dan…

Berikut adalah daftar merek…

Kesehatan
Ini Penyebab Penglihatan Mata…

Penglihatan mata kabur? waspadai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Mencegah dan Mengobati Komedo Di Kulit Wajah

Komedo merupakan salah satu masalah…

Tips
Perawatan Sederhana Luka Jahitan Setelah Melahirkan Normal

Perawatan sederhana luka jahitan setelah…

Tips
Camilan Makanan Ringan Sehat Yang Bisa Dibikin Sendiri

Camilan Makanan Ringan Sehat Yang…

Kirim Pertanyaan
Top