Mewaspadai Beberapa Penyakit Kronis Akibat Radikal Bebas

Share dan Tag Temanmu di :

Hingga saat ini radikal bebas menjadi salah satu masalah lingkungan yang cukup besar. Namun, masih banyak masyarakat yang belum menyadari bahwa radikal bebas memiliki dampak yang sangat serius dan mebahayakan. Radikal bebas merupakan molekul yang kehilangan elektron, sehingga molekul tersebut menjadi tidak stabil dan selalu berusaha mengambil elektron dari molekul atau sel lain. 


Radikal bebas bisa dihasilkan dari hasil metabolisme tubuh dan faktor eksternal seperti asap rokok, hasil penyinaran ultra violet, zat pemicu radikal dalam makanan dan polutan lain. 

Ketika radikal bebas masuk ke dalam tubuh, molekul radikal bebas ini akan mencari pasangan elektron lain dan mengambilnya dari sel tubuh sehingga menghasilkan radikal baru. Proses inilah yang akhirnya mengakibatkan kerusakan pada sel dan jaringan tubuh sehingga membahayakan dan perlu diwaspadai. 

Untuk melindungi tubuh dari radikal bebas, Anda memerlukan antioksidan. Meskipun tubuh dapat membentuk antioksidan alami, namun tetap saja asap rokok dan berbagai polutan lain berpotensi menimbulkan radikal bebas yang tidak bisa dinetralkan hanya oleh antioksidan alami. 

Selain itu, tanpa disadari, radikal bebas ini ternyata juga bisa memicu timbulnya penyakit. Beberapa penyakit kronis akibat radikal bebas yang perlu diwaspadai diantaranya adalah :

  • Serangan jantung

Tekanan darah tinggi dan naiknya kadar kolesterol jahat dapat menyempitkan pembuluh darah di jantung. Suatu wakti hal ini dapat menjadi serangan jantung yang mematikan atau menurunnya fungsi jantung secara permanen. 

  • Hipertensi

Hipertensi atau tekanan darah tinggi merupakan penyakit kronis akibat radikal bebas selanjutnya. Peradangan pada pembuluh darah akibat radikal bebas mengakibatkan pembuluh darah menjadi kaku dan mengeras. Akibatnya tekanan darah rata-rata akan meningkat. 

  • Stroke

Tekanan darah dan kolesterol jahat yang tidak terkendali berperan dalam terjadinya penyempitan pembuluh darah di otak. Pecah atau tersumbatnya pembuluh darah otak secara tiba-tiba akan menimbulkan stroke

  • Dislipidemia

Radikal bebas yang tinggi dapat memicu timbulnya low-density lipoprotein (LDL) atau sering disebut dnegan kolesterol  jahat. LDL ini akan berperan dapat pembentukan plak pada pembuluh darah sehingga pembuluh darah di jantung dan otak akan menyempit. 

Beberapa penyakit kronis akibat radikal bebas tersebut memiliki keterkaitan dan saling memperberat satu sama lain. Maka dari itu, untuk mengatasinya, lakukanlah pola hdiup sehat mulai dari sekarang. Anda bisa memiulainya demham mengonsumsi makanan bergizi, berolahraga secara rutin, dan tidak merokok.

By Sri Maryati - Kesehatan Senin, 24 Juli 2017 14:52:09

Related Post :
Kesehatan
Olahraga Yang Baik Untuk…

Organ lutut berfungsi untuk…

Alami
Obat Penghancur Batu Empedu…

Obat penghancur batu empedu…

Ibu Dan Anak
Gejala Dan Diagnosis Autisme…

Memiliki anak dengan autisme…

Alami
Cara Mengatasi Anyang-Anyangan Dengan…

Tips dan cara mengatasi…

Alami
Ramuan Obat Asma Herbal…

Ramuan Obat Asma Herbal…

Tips
Sering Timbul Jerawat Saat…

Sering timbul jerawat saat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Asam urat dan ginjal lemah

    1 Balasan

    Kesehatan

    [7/3, 20:35] iifirly: Malam mas..boleh tanya? [7/3, 20:35] iifirly: Btw...apakah dgn minum qnc ini bdn kita sakit sakit? [7/3, 20:36] iifirly: Sy kan menderita asam urat akut dan lemah ginjal…

  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???


Kesehatan
Sumber Makanan Tinggi Lemak yang Baik Dikonsumsi

Lemak sering dijadikan sebagai penyebab…

Kesehatan
Ingin Peredaran Darah Lancar? Konsumsilah 4 Makanan Ini !

Makanan untuk melancarkan peredaran darah…

Kesehatan
Mata Kedutan Terus Menerus? Waspadai Gejala Penyakit Saraf!

Mata kedutan terus menerus? waspadai,…

Kirim Pertanyaan
Top