Manfaat Mengkudu Untuk Mengatasi Kanker

Share dan Tag Temanmu di :

Bau dan rasa yang tidak sedap adalah ciri khas utama buah mengkudu yang biasa dijadikan sebagai obat tradisional. Mengkudu memiliki banyak khasiat yang bisa menyembuhkan berbagai macam kondisi. Namun juga memiliki efek samping yang berbahaya. Kedua hal yang bertolak belakang tersebut masih memerlukan penelitian yang lebih lanjut. Buah yang memiliki nama latin morinda citrifolia ini banyak ditemui di India, Asia Tenggara, Kepulauan Pasifik, dan Australia.

Penelitian yang sudah dilakukan terhadap buah ini membuktikan bahwa mengkudu mengandung fitokimia, zat pada buah-buahan yang dapat mencegah penyakit. Jenis fitokimia yang ada dalam mengkudu antara lain lignan, alkaloida, asam lemak, flavonoid, iridoid, dan beta-sitosterol. Namun demikian menurut penelitian, belum ada hasil yang signifikan untuk menyimpulkan efek positifnya pada kesehatan. Nutrisi yang terkandung di dalam mengkudu di antaranya vitamin A, vitamin B3, vitamin C, damnacanthal, karbohidrat kalsium, katekin, potasium, sodium, zat besi, dan serat.


Sebagian masyarakat mempercayai bahwa mengkudu bisa mengobati berbagai macam penyakit, antara lain sakit kepala, kolesterol, pilek, diabetes, tekanan darah tinggi, alergi, infeksi, peradangan, rematik, penyakit jantung, HIV, psoriasis, kanker dan lain-lain. Apotek-apotek di Indonesia sudah banyak yang mendisplay dan menjual produk hasil olahan herbal berbahan mengkudu yang berlisensi BPOM RI baik yang berbentuk serbuk maupun kapsul. Berikut khasiat mengkudu dipandang dari sisi medis.

Di bawah ini hasil penelitian khasiat mengkudu pada manusia yang masih membutuhkan kajian ilmiah lebih.

  • Mengatasi Kanker. Penelitian tahap pertama disarankan untuk mengonsumsi 6 sampai 8 gram mengkudu tiap hari. Hal ini berfungsi untuk meningkatkan energi dan penanganan rasa sakit pada penderita kanker stadium lanjut. Meski demikian, mengkudu belum terbukti berdampak positif pada ukuran tumor.
  • Meningkatkan stamina. Bila dicampur blackberry dan anggur selama 3 minggu, mengkudu dapat meningkatkan stamina untuk atlet lari jarak jauh.
  • Gangguan pendengaran. Penelitian menjelaskan bahwa meminum jus mengkudu sebanyak 400 gram tiap hari selama 90 hari berturut-turut dapat meningkatkan pendengaran wanita yang mengalami gangguan.

Khasiat lain yang juga masih dibutuhkan penelitian yaitu mengurangi mual dan muntah sesudah operasi, tekanan darah tinggi, diabetes, konstipasi, masalah pada organ hati, gangguan ginjal, mengurangi tanda-tanda penuaan, infeksi, gangguan pencernaan, asma, depresi, maag, migrain, katarak mata, dan osteoartritis.

Sebelum mengonsumsi mengkudu, ada baiknya berkonsultasi terlebih dahulu dengan dokter terlebih bagi perempuan hamil dan menyusui. Karena memiliki kadar potasium tinggi, buah ini juga harus diwaspadai dan tidak boleh dikonsumsi sembarangan oleh mereka yang memiliki penyakit ginjal, mudah lelah, mual, sulit bernapas, kelumpuhan, dan masalah jantung.

By Diane Rosse A.Md.Keb - Alami Selasa, 12 Juli 2016 10:12:22

Related Post :
Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Hindari makanan dan minuman…

Manfaat
Jangan Sepelekan! Ini Manfaat…

Tidak hanya daging buahnya,…

Ibu Hamil
Ini Perbedaan Kontraksi Asli…

Penting untuk mengenali perbedaan…

Ibu Hamil
Ketahui Berbagai Penyebab Keluarnya…

Meski sering kali dianggap…

Ibu Dan Anak
Jangan Khawatir! Ini Cara…

Cara mudah menghilangkan dan…

Manfaat
Ini Manfaat Baby Oil…

Selain untuk bayi, ternyata…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Cara Membuat Ramuan Obat Alami Asam Urat Dari Daun Salam

Berikut adalah informasi tentang cara…

Alami
Pengobatan Infeksi Saluran Kemih Secara Alami

Pengobatan infeksi saluran kemih (ISK)…

Alami
Obat Herpes Tradisional Dari Bahan Alami

Mengobati herpes tidak hanya dengan…

Kirim Pertanyaan
Top