Mengenal Khasiat Dan Manfaat Daun Durian Bagi Kesehatan Tubuh

Share dan Tag Temanmu di :

Manfaat daun durian yang di olah untuk pengobatan herbal mungkin masih asing di dengar oleh anda. Wajar saja, hal tersebut memang di karenakan pada umumnya masyarakat hanya mengonsumsi buahnya yang begitu lezat. Namun tidak untuk saat ini. Sebaiknya anda juga mengetahui berbagai khasiat yang terdapat di dalam daunnya sehingga nada bisa memanfaatkannya bagi kesehatan.


Jika pada saat ini anda di tanyai perihal apa yang anda ketahui mengenai durian? sontak semuanya pasti akan menjawab bahwa durian merupakan salah satu jenis buah yang banyak di genari hingga di benci oleh banyak banyak orang akibat baunya yang sangat khas. Dan jika tinyai kembali perihan pemanfaatannya, mungin banyak yang akan mengatyakan bahwasannya durian hanya terbatas pada pemanfaatan buahnya saja.

Namun diluar itu, ternyata bagian kainnya dari tanaman durian juga bisa  kita manfaatkan seperti biji dan terutama daunnya. Namun sebelum kita mengupas tuntas terkait manfaat dari daun durian, berikut adalah klasifikasi ilmiah dari durian:

- Kingdom: Plantae
- Ordo: Malvales
- Famili: Malvaceae
- Genus: Durio
- Species: Durio Zibethinus

Ciri-ciri dan kandungan daun durian

Jika di lihat secara sepintas, bentuk dari daun durian sendiri hampr menyerupai daun salam. Namun yang membedakannya nya hanyalah dari warna daun sala yang nambal lebih hijau kegelapan. Selain itu, dari sisi daun salam akan timbul bau yang khas, sedangkan sementara daun durian tidak memiliki bau.


Bagi anda yang masih  belum mengenal daun durian, berikut adalah ciri-ciri atau spesifikasi dari daun durian itu sendiri:

  • Daun berbentuk lanset dengan ukuran yang bervariatif
  • Daun memiliki ujung yang runcing dengan sisi atas berwarna terang.
  • Tepi daun rata dan tebal
  • Pertulangan daun menyirip. Pada bagian costa (bagian ibu tulang daun), memanjang dari pangkal daun hingga ujung daun. Dari costa keliar ke samping-samping tulang cabang sehingga mirip dengan sirip ikan.
  • Tangkai daun berbentuk silindris  serta tips pda bagian pangkal.

Adapun para pakar kesehatan menyebutkan bahwasannya daun durian sangat baik bagi kesehatan hal tersebut di karenakan daun durian sendiri memiki mengandung sejumlah senyawa yang mana sangat baik untuk kesehatan seperti saponin, flavonoid, polifenol, serat, protein, kalium dan banyak lagi senyawa aktif lainnya.

Khasiat dan manfaat daun durian bagi kesehatan tubuh

Daun durian tekenal memiliki klorofil yang sanagt tinggi dan juga dapat berfotosintesis. Sehingga bagian daun dari pohon durian ini sangat terkenal sebagai pelindung dari panas dan sumber respirasi bagi pohon itu sendiri. Selain dari pada itu, terdapat manfaat lainnya yang bisa anda dapatkan dari daun durian untuk kesehatan anda. Diantaranya adalah sebagai berikut.

1. Membantu menurunkan berat badan

Kandungan klorofil dan serta yang cukup tinggi di dalam daun durian mampu membantu anda dalam menurunkan berat badan. Untuk pengolahannya sendiri, anda bisa memanfaatkan daunmuda daun durian sebagai tumis-tumisan dan mencampurnya dengan bahan lainnya untuk membantu menurunkan berat badan dan menjaga kesehatan tubuh anda.

2. Mengobati cantengan

Cantengan adalah sejenis infeksi yang terjadi pada kuku dan serng kali membuat penderitanya menjadi tidak nyaman. Infeksi tersebut biasanya terjadi karena terjatuh atau tertimpa benda berat. Nah, daun durian sendiri bisa menjadi alternatif untuk mengatasinya. Caranya, cukup dengan mengambil beberapa lembar daun durian, cacah daun tersebut hingga mengelurkan air. Setelah itu, anda bisa mengompres infeksi atau cantengan pada kuku selama beberapa saat. Lakukan cara ini secara teratur hingga infeksi atau cantengan anda sembuh.

3. Melancarkan pencernaan

Seperti yang telah kita ketahui bersama bahwasannya daun durian memiliki kandungan sert yang cukup tinggi. Maka dari itu, sayur yang di olah dengan menggunakan abhan dasar daun durian, sangat baik untuk di konsumsi bagi anda yang ingin melancarkan sistem pencernaan.

4. Obat antijamur candida albicans

Khasiat lainnya dari daun durian ini adalah dapat di jadikan sebagai obat anti jamur herbal yang berguna untuk mengurangi infeksi candida (kandidiasis) akibat pertumbuhan jamur candida albicans di dalam rongga mulut. Hal tersebut karena zat saponin dan flavonoid di dalamnya bertindak sebagai antimikroba.

5. Mengobati infeksi jamur pada kulit

Daun durian juga bisa anda gunakan untuk mengobati luka akibat infeksijamur pada kulit. Misalnya seperti panu, kudas, kurap dan juga kutu air. Hal terasebut di karenakan kandungan saponin dan fklavonoidnya mampu menjadi antimicroba alami.Adapun untuk penggunaannya cukup sederhana. Anda cukup menumbuk daun durian secukupnya lalu mengoleskannya ke daerah yang terinfeksi luka.

6. Menambah gizi untuk kesehatan tubuh

Mengonsumsi daun durian yang di masak dengan proses tumis menggunakan minyak zaitun  dapat memberikan gizi yang baik bagi kesehatan. Dengan mengonsumsi daun durian sendiri, sejumlah nutrisi bisa di dapatkan oleh tubuh seperti halnya kalium, serat, kalisum, protein dan juga zat besi. Namun sebelum memasak daun durian, usahakan daun durian di rebus terlebih dahulu untuk menghilangkan zat racun yang ada di dalamnya.

Selain dari pada itu, masih banyak lagi khasiat dan manfaat daun durian mulai dari kecantikan, kulit hingga dapat menjadi pengobatan alternatif kanker. Semoga apa yang telah kami sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat bagi anda. Salam sehat!

By Nida Saripah - Daun Selasa, 25 Juli 2017 11:38:00

Related Post :
Kesehatan
Makanan Untuk Mengatasi Sembelit…

Makanan untuk mengatasi sembelit…

Manfaat
Kandungan Gizi Dan Manfaat…

Informasi tentang ikan salmon,…

Ibu Dan Anak
Mengenal Kadar Bilirubin Pada…

Mengenal kadar bilirubin pada…

Kesehatan
Makanan Yang Baik Dikonsumsi…

Ada beberapa makanan sehat…

Penyakit
Resiko Lain Penyebab Kanker…

Resiko lain penyebab kanker…

Manfaat
Kebaikan dan Manfaat Mengonsumsi…

Meskipun sering dianggap sebagai…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Daun belalai gajah

    0 Balasan

    Daun

    Daun belalai gajah, bisa didapat dimana?

  • obat herbal utnuk penyakit kanker payudara

    0 Balasan

    Daun

    slamat sore,,, untuk pengobatan alami kanker payudara dgn menggunakan daun meniran or daun sirsak,, kl daun meniran diminum brp gelas sehari -- dan bagaimana cara meramunya direbus brp banyak daunnya…


Daun
11 Khasiat Dan Manfaat Daun Ginseng Jawa Untuk Kesehatan

Selain untuk pakan kenari, khasiat…

Daun
Daun
Kirim Pertanyaan
Top