Jenis-jenis Penyakit Lambung Serta Gejala Dan Penyebabnya

Share dan Tag Temanmu di :

Jenis penyakit lambung yang diketahui oleh sebagian besar orang adalah maag. Karena sebagian dari kita pernah mengalami bahkan sering mengidap penyakit maag. Padahal maag bukan satu-satunya jenis penyakit lambung, masih ada berbagai jenis penyakit lambung serta gejala dan penyebabnya yang harus diketahui.


Jenis-jenis Penyakit Lambung Serta Gejala Dan Penyebabnya

Maag

Salah satu jenis penyakit lambung yang paling sering dialami oleh sebagian dari kita adalah maag. Berbagai hal yang menjadi penyebab maag yaitu makan tidak teratur, konsumsi kafein secara berlebihan, pola makan yang kurang baik  seperti sering bahkan berlebihan mengkonsumsi makanan yang pedas dan asam.

Gejala penyakit maag diantaranya nyeri ulu hati, perut terasa penuh, perut terasa panas, sering bersendawa, mual dan muntah.  

Gastroparesis


Tidak hanya penyakit maag yang termasuk dalam jenis penyakit lambung, gastroparesis juga termasuk dalam jenis penyakit lambung. Gejala gastroparesis yaitu muntah-muntah, terasa sakit pada perut bagian atas, perut terasa kembung dan perut terasa kenyang padahal belum makan.

Gastroenteritis

Gastroenteritis adalah jenis penyakit lambung yang dapat mengganggu aktivitas, sebab penyakit ini menimbulkan gejala sering buang air besar bahkan mencret disertai dengan muntah-muntah sehingga tubuh menjadi lemas, kram perut, perut terasa penuh dan sakit perut.

Penyebab gastroenteritis  yaitu mengkonsumsi makanan yang tidak steril dimana makanan tersebut dicuci tidak steril, mengonsumsi makanan yang dimasak setengah matang dan mengonsumsi makanan yang sudah basi dan sudah terkonstaminasi dengan kotoran hewan maupun debu.

GERD

GERD atau gastro esophageal reflux disease ialah jenis penyakit lambung yang dipicu karena adanya gangguan pencernaan kronis. Gejala GERD diantaranya nyeri ulu hati, terasa sakit pada perut bagian atas, dan terasa panas seperti terbakar pada saluran kerongkongan.

Gastritis

Gastritis adalah kondisi dimana lambung mengalami peradangan. Penyebab gastritis yaitu mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter, penyalahgunaan narkoba dan minum minuman alkohol.

Sedangkan gejala gastritis yaitu terasa sakit pada perut bagian atas, nyeri ulu hati, perut terasa kembung, mual dan muntah.

Tukak lambung

Tukak lambung ialah kondisi dimana dinding lambung mengalami luka. Penyebab tukak lambung adalah infeksi bakteri Helicobater pylori dan penggunaan obat anti inflamasi nonsteroid.

Gejala Tukak Lambung

  • Terasa nyeri dan panas pada lambung
  • Perut melilit
  • Perut kembung
  • Sering bersendawa
  • Terasa panas di dada

Kanker lambung

Kanker lambung adalah jenis penyakit lambung yang termasuk kategori berat. Gejalanya yaitu perut terasa mual, panas dan nyeri, perut terasa penuh, tidak nyaman pada perut dan menurunnya nafsu makan.

Polip lambung

Salah satu penyakit yang menyerang lambung adalah polip lambung. Penyakit lambung yang satu ini tidak terlalu berbahaya hanya saja bila tidak segera diatasi maka dapat mengganggu kesehatan. Gejala polip lambung yaitu nyeri ulu hati, terasa nyeri pada perut bagian atas dan mual juga muntah.

Penyebab polip lambung adalah sering atau bahkan berlebihan mengonsumsi makanan yang mengandung zat pengawet, kebiasaan merokok, dan kebiasaan minum alkohol. Oleh karena itu, kurangi dan hindari kebiasaan merokok juga hindari pula kebiasaan minum alkohol supaya terkena penyakit polip lambung.

Dispepsia

Dispepsia juga merupakan jenis penyakit lambung. Gejala dispepsia yaitu perut terasa perih, perut terasa sakit, sering bersendawa, mual dan muntah dan sering buang gas.

Itulah jenis-jenis penyakit lambung serta gejala dan penyebabnya. Setelah mengetahui informasi tentang jenis-jenis penyakit lambung, diharapkan anda bisa menjaga kesehatan lambung supaya terhindar dari berbagai macam penyakit lambung.

By Rizka Ardiana - Penyakit Selasa, 25 Juli 2017 13:58:43

Related Post :
Kewanitaan
Hal yang Perlu Dilakukan…

Berikut ini beberapa hal…

Manfaat
Manfaat Gula Merah Bagi…

Tidak hanya manis, gula…

Kulit
Faktor-Faktor Penyebab Timbulnya Jerawat…

Faktor-faktor penyebab timbulnya jerawat…

Penyakit
Jenis-Jenis Pengobatan Penyakit Batu…

Pengobatan penyakit batu empedu…

Penyakit
Penyebab Gejala Dan Cara…

Beberapa anggapan umum yang…

Tips
Cara Mengobati Penyakit Hepatitis…

Cara mengobati penyakit hepatitis…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih

  • keluhan

    1 Balasan

    Penyakit

    Anak saya mengalami tipes

  • Gatal gatal

    1 Balasan

    Penyakit

    Apakah getah adam hawa menimbulkan rasa gatal

  • Penyakit verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Permisi, apakah ada obat herbal yang bisa menyembuhkan penyakit verikokel??? Jika ada, berapa hari bisa sembuhnya? Terimakasih


Penyakit
Penyebab Dan Gejala Hipoparatiroid

Hipoparatiroid dikenal sebagai kelainan langka…

Penyakit
Pengobatan Alami Untuk Penyakit Hidrosefalus Pada Orang Dewasa

Berikut adalah kisah tentang pengobatan…

Penyakit
Resiko Lain Penyebab Kanker Hati Selain Gangguan Hati

Resiko lain penyebab kanker hati…

Kirim Pertanyaan
Top