Cara Mencegah Dan Mengatasi Kulit Kering Saat Musim Kemarau

Share dan Tag Temanmu di :

Mengatasi kulit kering terlebih saat musim kemarau menjelang adalah salah satu hal yang perlu sudah anda ketahui. Karena teriknya sinar matahari bisa membakar beberapa bagian kulit tubuh anda yang tidak terlindungi misal kaki, tangan dan juga wajah. Maka dari itu, cegah sedari kondiSi tersebut dengan beberapa cara yang akan kami informasikan pada kesempatan kali ini.


Indonesia adalah salah satu negara yang beriklim tropis. Hal tersebut menyebabkan Indonesia hanya memiliki 2 musim saja setiap tahunnya, yaitu musim hujan dan musim kemarau. Nah, pada kedua musim ini, cuaca juga bisa ikut berubah-ubah seperti halnya jika di musim hujan cuaca sangat dingin dan pada musim kemarau menjelang, cuaca akan menjadi sangat panas. Selain kesehatan tubuh, kesehatan kulit juga sangat terancam dan salah satunya seperti menyebabkan kulit menjadi kering.

Ya, salah satu masalah kulit akibat faktor cuaca adalah kulit kering. Mungkin anda juga sering kali menemukan kasus tersebut pada beberapa orang, terlebih pada saat musim kemarau berlangsung. Biasanya kaki, tangan area wajah seperti hidung, sekitar dahi dan dan bibir sering mengalami masalah kekeringan yang di sertai dengan pecah-pecah dan kulit mengelupas. Nah jika anda tida ingin mengalami hal yang serupa, ada baiknya segera simak kumpulan tips berikut ini.

Cara mencegah dan mengatasi kulit kering saat musim kemarau secara alami

1. Jangan berendam terlalu lama

Pada saat cuaca panas, terkadang membuat kita ingin berendam menjadi lebih sering. Meski hal tersebut di anggap wajar, namun kebiasaan tersebut justru dapat memicu efek samping berupa kekeringan pada kulit anda. Jika anda benar-benar tidak tahan, usahakan jangan madi atau berendam terlalu lama. Kalupun ingin berendam ada baiknya menggunakan air hangat saja.

2. Tidak membasuh muka terlalu sering

Selain tidak berendam dalam jangka waktu yang cuku lama, pastikan juga anda tidak serin mencuci muka anda. Hal tersebut justru dapat membuat wajah anda menjadi semakin kering. Maka dari itu, basuhlah wajah cukup dua kali saja yaitu pagi dan malam hari.

3. Mencuci wajah sampai bersih

Pada saat anda mencuci wajah pastikan, pastikan hingga bersih dan tidak ada sabun yang tersisa. Sebab, sabun yang masih tersisa di wajah dapat memicu wajah anda menjadi kering. Untuk mencegah hal tersebut terjadi, biasakan untuk mencuci wajah di wetafel yang di lengkapi dengan kaca, sehingga anda bisa lebih jeli dan berhati-hati. Dan dengan begitu resiko tertinggalnya sabun pada wajah akan sangat berkurang.

4. Banyak mengonsumsi air putih

Cuaca yang panas juga tidak jarang menyebabakan tubuh mengalami dehidrasi. Dan hal tersebut adalah salah satu faktor penyebab kulit kering dan kusam. Untuk menghindarinya, biasakan anda minum air putih yang banyak setidaknya 8 gelas perhari, terutama saat musim kemarau berlangsung. Dengan begitu, selain cairan tubuh terpenuhi, kulitpun akan selalu terjaga kesegarannya.

5. Memilih asupan makanan yang menyehatkan kulit

Perlu untuk anda ketahui, bahwasannya merawat kulit tak hanya dari luar, melainkan juga sangat penting perawatan di lakukan dari dalam. Salah satunya adalah dengan mengonsumsi makanan yang kaya akan nutrisi dan juga vitamin seperti halnya bisa di ta dapatkan dalam sayur dan buah-buahan berikut: bayam, apel, wortel, tomat, alpukat dan lainnya. Selain dapat mencegah kulit kering, berbagai jenis makan sehat tersebutpun mampu menghalau radikal bebas yang jumlahnya semakin banyak pada saat musim kemarau tiba.

6. Hindari terlalu lama berada di ruangan ber-AC

Menghindari AC pada saat udara yang panas saat musim kemarau mungkin akan sedikit sulit untuk di hindari. Meski akan berasa sejuk, padahal hal tersebut mampu memicu efek samping. Dan untuk kulit sendiri bahaya AC dapat membauat kulit anda menjadi kering. Maka dari itu, usahakan anda jangan terlalu lama berada di ruangan yang ber-AC terutama pada saat musim kerong berlangsung.

7. Menggunakan pelindung wajah

Paparan sinar matahri di siang hari tentu dapat membuat kulit anda menjadi semakin kering. Bahkan tak hanya itu, perubahan wrna kulit juga bisa saja terjadi.  Maka dari itu, gunkan pelindung wajah baik itu seperti topi, masker atau kaca mata saat berpergian ke luar di siang hari untuk mencegah paparan sinar matahari terkena pada kulit wajah anda.

8. Memakai pelembab kulit

Pelembab adalah salah satu benteng kokoh bagi kulit agar terhindar dari bahaya sonar UV, seperti halnya kulit kering. Anda bisa memilih produk yang memiliki kandungan alami yang bersifat mulai dari menenangkan hingga melindugi kulit dari sinar matahari. Selain itu, pilihlah pelembababn yang memiliki tekstur lembut, ringan, oil free dan cocok untuk jenis kulit mu sehingga bisa men jadi pelemebabab favorit anda untuk menjalankan kegiatan sehari-hari. Maka dari itu, jangan sampai anda bermalas-malasan tidak menggunakan pelembab, terutama pada saat musim kering tengah berlangsung sehingga kulit anda tetap sehat dan lembab dan yang terpenting terhindar dari masalah kulit kering yang mengancam.

Nah, itulah berbagai  cara mencegah dan mengatasi kulit kering saat musim kemarau. Semoga apa yang telah kami sampaikan dapat bermanfaat dan menjadi wawasan baru bagi anda yang langsung bisa di aplikasikan.

By Nida Saripah - Kulit Selasa, 25 Juli 2017 15:08:39

Related Post :
Obat Kimia
Vitamin Untuk Menjaga Fungsi…

Vitamin untuk menjaga fungsi…

Kesehatan
Makanan Sehat Yang Dianjurkan…

Makanan sehat yang dianjurkan…

Manfaat
Manfaat Daging Trenggiling si…

Trenggiling yang merupakan hewan…

Ibu Dan Anak
Ternyata Anak Juga Bisa…

Bukan hanya pada orang…

Obat Kimia
Obat Antibiotik Spiramycin Untuk…

Spiramycin biasanya dipakai untuk…

Kesehatan
Penting! Ketahui Masa Subur…

Jika kini anda menginginkan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Kulit
Kulit
Kulit
Diagnosis Dan Pengobatan Milia

Diagnosis dan pengobatan serta gejala…

Kirim Pertanyaan
Top