Penyebab Kram Perut Pada Ibu Hamil Dan Cara Mengatasinya

Share dan Tag Temanmu di :

Kram perut pada ibu hamil adalah salah satu kondisi yang sering kali di alami oleh sebagian besar wanita hamil terutama pada saat baru memasuki trimester pertama kehamilan. Maka dari itu, sangatlah penting untuk mengetahui berbagai penyebab serta cara mengatasinya.

Kram perut saat hamil, wajarkah?


Pada dasarnya, mengalami kram perut saat hamil terutama di perut bagian bawah adalah kondisi yang terbilang normal dan tidak berbahaya. Karena seiring dengan berkembangnya bayi di dalam rahim yang kian hari semakin membesar, hal tersebut juga membawa perubahan pada tubuh sang ibu.

Kram perut yang di alami oleh ibu hamil sendiri bisa di alami pada trimester pertama hingga trimester 3 kehamilan menjelang persalinan. Akan tetapi, kram perut yang terjadi pada awal kehamilan, sebaiknya perlu di waspadai karena beresiko terjadinya keguguran.

Dan setelah memasuki trimester kedua dan seterusnya, kram perut atau kontraksi saat hamil di anggap wajar apabila berlangsung singkat dalam durasi 1-3 menit. Kondisi tersebut adanyqa pertumbuhan janin sesuai dengan usianya. Selain itu, kram perut juga di anggap normal jika usia kandungan telah memasuki minggu ke 37-40. Sebab kontraksi tersebut menunjukkan bahwa anda akan emamsuki masa persalinan.

Apa saja penyebab kram perut pada ibu hamil?

Adapun pemicu kram perut saat hamil secara umum adalah sebagai berikut.

  • Adanya tekanan pada otot, sendi serta pembuluh darah. Pada umumnya wanita hamil secara otomatis memperoleh peningkatan tekanan pada otot, sendi serta pembuluh darah, yang mana kondisi ini juga kerap memicu rasa nyeri salah satunya pada perut.
  • Peragangan ligamen. Seiring untuk mendukung perkembangan rahim, tubuh juga akan meregangkan jaringan ikat atau ligamen yang menghubungkan tulang.
  • Gas yang berlebihan di dalam perut. Kondisi tersebut hga sering kali menyebabakan kram perut saat hamil. Hal tersebut sendiri di sebabkan oleh meningkatkanya hormon progesteron, sehingga otot perut lebih rileks dan lebih lambat mencerna makanan. Bahkan tak hanya pada perut, kram tersebut juga bisa menjalar ke punggung  hingga dada.
  • Setelah berhubungan seks. Hal tersebut juga sering kali memicu kram perut saat hamil terlebih jika mencapai orgasme. Bak tak hanya sakit kram, berhubungan seks saat hamil juga kerap di sertai dengan sakit pinggang ringan. Kondisi tersebut terjadi akibat vagina dan rahim berdenyut saat orgasme dan dapat meninggalkan rasa kram perut setelahnya.

Bagaimana cara mengatasi kram perut saat hamil?

Meski kram perut tergolong normal dan dapat hilang dengan sendirinya, namun tetap saja hal tersebut menimbulkan rasa tidak nyaman. Untuk membantu mengatasinya, ada beberapa tips yang bisa anda lakukan selain menggunakan obat untuk sakit perut:

1. Saat kram perut melanda, hindari melakukan gerakan secara tiba-tiba. Anda bisa membungkukan badan ke arah yang terasa sakit untuk membantu melegakan. Jangan lupa untuk banyak mengonsumsi air putih, karena dehidrasi dapat memicu kontraksi palsu atau Braxton hicks.

2. Coba untuk menggerakan tubuh atau melakukan olahraga khusus ibu hamil. Cara tersebut bisa di lakukan apabila rasa sakit yang di alami karena gas di saluran cerna. Anda dapat mengkirinya dengan mandi air hangat atau mengompres hangat bagian perut yang terasa nyeri.

3. Memijat puggung dengan lembut. Hal tersebut bisa di lakukan apabila nyeri kram terjadi setelah berhubungan seks bersama pasangan. Untuk selanjutnya, lakukanlah hubungan seks saat hamil secara lembut dan perlahan.

4. Berbaring. Hal tersebut sangat tepat di laukan apabila kram perut di sebabkan oleh kontraksi braxton hicks atau kontraksi palsu. Apabila rasa nyeri terjadi di bagian kiri, maka anda bisa berbaring ke arah kanan dan begitupun sebaliknya. Angkat juga kaki lebih tinggi di banding kepala.

Meski penyebab kram perut pada ibu hamil sering kali di anggap normal dan wajar, anda juga perlu waspada apabila beberapa gejala mengiringi. Seperti halnya buang air kecil terasa sakit, keluar cairan abnormal misal flek atau darah dari dalam vagina, muntah, demam hingga menggigil.

Jika kram yang anda alami di sertai dengan beberapa gejala tersebut atau di rasakan lebih berat di banding biasanya, ada baiknya anda segera memeriksakan diri kondisi pada dokter. Karena bisa saja rasa sakit perut yang anda alami bukan terkait dengan kehamilan melainkan akibat kondisi kesehatan lainnya seperti batu ginjal, kista ovarium, radang usus buntu hingga infeksi saluran kemih.

By Nida Saripah - Ibu Hamil Rabu, 26 Juli 2017 10:11:17

Related Post :
Kesehatan
Ini Jenis-jenis Demam Yang…

Jenis-jenis demam berikut ini…

Manfaat
Jangan Abaikan Kacang Merah!…

Jangan abaikan kacang merah!…

Kesehatan
Ini Penyebab Nyeri Pergelangan…

Berbagai penyebab nyeri pergelangan…

Manfaat
Manfaat Strawberry Untuk Menurunkan…

Manfaat strawberry untuk menurunkan…

Daun
Daun Keji Beling Dan…

Daun keji beling dan…

Kesehatan
Ini Bahayanya Bila Berlebihan…

Waspadai! ini bahayanya bila…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Ibu Hamil
Cara Mudah Mencegah Stretch Mark Selama Kehamilan

Cara Mudah Mencegah Stretch Mark…

Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top