Mengetahui Perbedaan Penyakit Maag Dan Asam Lambung

Share dan Tag Temanmu di :

Bagi sebagian orang mungkin sulit untuk membedakan perbedaan penyakit maag dan asam lambung. Karena kedua penyakit ini memiliki salah satu gejala yang sama yaitu terasa panas dan nyeri pada perut. Sehingga ketika sebagian dari kita mengalami gejala tersebut, seringkali membuat mereka bingung karena terasa panas dan nyeri pada perut yang dialaminya apakah merupakan gejala penyakit maag atau penyakit asam lambung. Oleh karena itu bila anda mengalami keluhan terasa panas dan nyeri pada perut dan beberapa keluhan lainnya, maka sebaiknya periksakan diri anda pada dokter. Untuk mengetahui apakah anda mengidap penyakit maag atau asam lambung atau bahkan mengidap penyakit lain.


Perbedaan Penyakit Maag Dan Asam Lambung

Penyakit maag dan asam lambung termasuk jenis penyakit lambung. Namun kedua penyakit ini mempunyai reaksi dan akibat yang berbeda. Supaya anda tidak bingung lagi membedakan penyakit maag dan asam lambung, maka ketahui perbedaan penyakit maag dan asam lambung. Berikut adalah perbedaannya:

Maag

Penyakit maag adalah kondisi dimana lambung mengalami peradangan. Dan peradangan ini disebabkan oleh bakteri Helicobater pylori. Penyakit maag juga bisa muncul akibat dari pola makan yang kurang baik yaitu makan tidak tidak teratur, terus mengonsumsi makanan padahal perut sudah kenyang, sering konsumsi makanan pedas dan asam.

Gejala Penyakit Maag

  • Perut terasa sakit
  • Terasa sakit pada lambung
  • Terasa panas pada perut
  • Mual dan muntah
  • Berkurangnya nafsu makan
  • Perut kembung  
  • Sering bersendawa
  • Mudah kenyang padahal baru makan sedikit

Pengobatan Maag Secara Alami

Pengobatan pada penderita maag bisa secara medis bisa juga dilakukan secara alami. Bagi anda yang memilih pengobatan alami, anda bisa memanfaatkan bahan alami yang ada disekitar kita diantaranya:

1.Daun jambu biji

Bahan alami untuk mengatasi sakit maag yaitu daun jambu biji. Caranya sediakan beberapa lembar daun jambu biji muda, cuci terlebih dahulu dan rebus hingga mendidih. Setelah selesai merbusnya, diamkan hingga dingin, kemudian saring dan ambil airnya. Dan minum air rebusan tersebut 2 kali sehari.

2.Kunyit

Bagi anda yang lebih memilih cara alami untuk mengatasi sakit maag, anda bisa menggunakan bahan alami salah satunya kunyit. Caranya cuci terlebih dahulu kunyit, kemudian parut dan rebus hingga mendidih. Diamkan hingga dingin, kemudian saring dan ambil airnya. Tambahkan sedikit gula, dan minum air rebusan kunyit.

3.Biji buah pepaya tua

Ternyata tidak hanya daging buahnya yang bisa dimanfaatkan, biji buah pepaya pun bisa dimanfaatkan sebagai obat alami untuk mengatasi maag. Cara mengolah biji buah pepaya tersebut yaitu sediakan buah pepaya yang tua kemudian ambil bijinya, setelah itu jemur sampai kering. Sesudah kering haluskan dengan cara ditumbuk. Lalu masukkan bubuk biji pepaya tersebut ke dalam satu gelas air yang panas dan aduk hingga rata. Kemudian minum 1 kali sehari.

Penyakit Asam Lambung

Penyakit asam lambung disebut juga sebagai GERD. Penyakit asam lambung ialah kondisi naiknya asam lambung ke kerongkongan, sehingga penderita penyakit ini mengalami gejala mulut terasa pahit dan rasa seperti terbakar di tenggorokanya. Selain itu gejala lainnya penyakit asam lambung ialah terasa panas pada perut, terasa sakit dan perih pada perut, nyeri ulu hati, terasa mual dan ingin muntah, perut kembung, sering bersendawa dan sulit menelan makanan yang sedang dikonsumsi.

Penyakit asam lambung dapat muncul akibat pola makan dan kebiasaan yang buruk yaitu diantaranya sering konsumsi makanan yang mengandung lemak dan gula, sering konsumsi makanan yang asam dan pedas, sering konsumsi makanan yang mengandung gas, minum minuman yang berkafein secara berlebihan, sering melakukan kebiasaan buruk seperti konsumsi alkohol dan merokok.

Pengobatan Penyakit Asam Lambung Secara Alami

1.Lidah buaya

Bahan alami yang bisa dimanfaatkan sebagai obat asam lambung alami adalah lidah buaya. Caranya blender lendir lidah buaya dan tambahkan madu. Kemudian minum ramuan tersebut.

2.Jahe

Jahe mempunyai sifat menghangatkan yang bisa menekan peningkatan asam lambung. Oleh karena itu, bagi anda yang menderita asam lambung tinggi sebaiknya manfaatkan bahan alami yang satu ini.

Caranya: Parut jahe, kemudian tambahkan air panas yang matang dan aduk hingga merata. Setelah itu saring dan ambil airnya, tambahkan gula aren secukupnya. Akan tetapi jangan berlebihan konsumsi air jahe karena mempunyai efek samping bila berlebihan mengonsumsinya.
.
Itulah perbedaan penyakit maag dan asam lambung. Penyakit maag bisa disembuhkan, namun tidak bisa disembuhkan 100% sebab lambung mengalami luka. Sedangkan penyakit asam lambung dapat disembuhkan 100%, bila penderita asam lambung mengubah kebiasaan pola makan dan gaya hidupnya. Karena bila penderita asam lambung tidak mengubah pola makan maupun gaya hidupnya, maka otomatis penyakit asam lambungnya akan mudah kambuh.

By Rizka Ardiana - Penyakit Rabu, 26 Juli 2017 11:06:05

Related Post :
Manfaat
Kandungan dan Manfaat Tepung…

Kandungan dan Manfaat Tepung…

Penyakit
Hindari Makanan dan Minuman…

Selain polusi udara, rokok,…

Obat Kimia
Obat Terbinafine Untuk Mengatasi…

Obat Terbinafine untuk mengatasi…

Kesehatan
Tips Mencegah Penyakit Tipes…

Tips agar penyakit tipes…

Alami
Obat Hepatitis Alami Terbaru…

Obat hepatitis alami terbaru…

Penyakit
Waspada! Ini Bahaya Sindrom…

Waspada!! ini bahaya sindrom…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Cara Mencegah Dan Mengatasi Gastroenteritis (Flu Perut)

Cara mencegah dan mengatasi gastroenteritis…

Penyakit
Mengenali Penyakit Necrotizing Enterocolitis Serta Gejalanya

Berikut adalah informasi tentang penyakit…

Penyakit
Ini Penanganan Sinusitis Ringan Di Rumah Yang Alami Dan Efektif

Terapi penanganan sinusitis ringan sejatinya…

Kirim Pertanyaan
Top