Manfaat Daging Cumi-Cumi Bagi Tubuh dan Cara Penyajiannya

Share dan Tag Temanmu di :

Selain ikan, kepiting, dan udang, cumi-cumi merupakan salah satu jenis seafood yang cukup banyak diminati. Dibalik tekstur dagingnya yang kenyal, ternyata selain nikmat, cumi-cumi ini juga memiliki manfaat bagi tubuh. Hal tersebut disebabkan karena daging cumi-cumi menyimpan begitu banyak kandungan nutrisi didalamnya, diantaranya 265 kkal energi, 40,6 gr protein, 10,1 gram lemak, 270 mg fosfor, 2,7 mg zar besi, 0 IU vitamin A, dan 0,09 mg vitamin B1.

Manfaat Daging Cumi-Cumi bagi Kesehatan Tubuh


Beragam penelitian yang dilakukan untuk menemukan kandungan dari cumi-cumi dan ternyata manfaat daging cumi-cumi bagi tubuh cukup banyak, diantaranya adalah :

Meningkatkan nafsu makan

Kandungan mineral yang ada didalam cumi-cumi dapat menyehatkan sistem pencernaan. Kandungan ini termasuk riboflavin dan niasin yang diperlukan oleh tubuh. 

Pembentuk sel darah merah

Jika diringkas, kandungan cumi-cumi meliputi protein, vitamin, dan omega 3 yang menjadi khas dari kandungan gizi hewan laut. Bahkan terdapat sebuah penelitain baru menemukan kandungan unsur tembaga dalam tubuh cumi-cumi yang diketahui bahwa itu sangat baik untuk pembentukan sel darah merah. Sel darah merah tersebut sangat bermanfaat bagi tubuh manusia, kandungan hemoglobin yang ada didalamnya memiliki peranan penting dalam pengangkutan oksigen ke seluruh organ tubuh, sehingga cukup penting untuk mencegah penyakit jantung koroner dan stroke. 

Menguatkan tulang

Dalam 100 gram cumi-cumi terkandung 270 mg dan 2,7 gram zat besi. Kandungan tersebut telah mampu memenuhi kebutuhan gizi harian tubuh sebesar 17% fosfor, 8% seng, dan 10% magnesium dari total kebutuhan harian Anda. Kandungan tersebut baik untuk kesehatan tulang, memperkuat susunan sel-sel tulang yang kurang padat dengan memicu pembentukan sel-sel baru penggantu sel tua pada tulang. 

Menurunkan kolesterol

Cumi-cumi memiliki manfaat untuk membantu menurunkan kadar kolesterol tinggi dalam tubuh, karena mengandung omega 3. Kandungan ini merupakan salah satu asam lemak tak jenuh yang baik bagi tubuh. 

Menyehatkan jantung

Tidak hanya mengandung omega 3, cumi-cumi juga kaya akan protein serta mineral seperti seng, tembaga, yodium, ataupun vitamin B. Kandungan tembaga dalam cumi baik untuk metabolisme zat besi dan pembentukan sel darah merah.

Menghilangkan bekas cacar

Manfaat daging cumi-cumi selanjutnya yaitu mampu membantu menghilangkan bekas cacar. Bekas cacar memang cukup mengganggu penampilan, namun dengan cumi-cumi hal tersebut bisa diatasi. Caranya :

  • Jemur cumi-cumi hingga kering dan bersih
  • Tumbuk cumi-cumi yang telah kering
  • Ayak tumbukan cumi sehingga didapat serbuk yang halus
  • Selanjutnya serbuk tersebut dijadikan sebagai obat untuk mengatasi bekas cacar. 

Saran Penyajian Cumi-Cumi yang Sehat


Kita mungkin sudah mengetahui bahwa makanan yang kita  konsumsi bisa berpotensi menjadi obat, namun juga sebaliknya bisa menjadi racun. Jumlah dan cara pengonsumsiannyalah yang menentukan dampak yang akan didapatkan oleh tubuh. 

Cumi-cumi teramsuk makanan yang memang dikenal memiliki kadar kolesterol yang cukup tinggi. Namun, jika dibandingkan dengan sumber makanan hewani lainnya, seperti kuning telur dan jeroan yang dikenal memiliki kandungan kolesterol sangat tinggi, kandungan kolesterol yang ada dalam cumi-cumi tergolong rendah. 

Namun, faktanya, tubuh memerlukan asupan kalori setiap harinya dengan jumlah tertentu. Ukuran satu porsi 3 ons cumi-cumi cukup untuk memenuhi : 

  • 75% kebutuhan harian untuk kolesterol
  • 8% untuk lemak jenuh
  • 10% untuk natrium

Diluar ukuran tersebut, akna berbahaya bagi tubuh dan berisiko menimbulkan penyakit stroke, jantung, kanker, hingga tekanan darah tinggi. Maka dari itu, hindari mengonsumsi cumi-cumi secara berlebihan, karena akan menyebabkan cumi-cumi memiliki sifat racun bagi tubuh. 

Cara penyajian cumi-cumi yang disarankan oleh ahli gizi yaitu dengan direbus atau dikukus. Dengan begitu, kandungan gizi yang ada didalamnya masih tetap bisa dipertahankan. 

By Sri Maryati - Manfaat Rabu, 26 Juli 2017 13:43:05

Related Post :
Daun
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Selain buah durian, ternyata…

Kesehatan
Khasiat dan Kandungan Biji…

Khasiat dan kandungan biji…

Tips
Tips Ampuh Agar Cepat…

Tips ampuh agar cepat…

Kesehatan
Cara Menyembuhkan Hepatitis B…

Cara menyembuhkan hepatitis B…

Daun
Luar Biasa! Ini Khasiat…

Selain sering kali digunakan…

Penyakit
Waspada! Ini Efek Samping…

Selain membawa manfaat, efek…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Apa Benar Manfaat Susu Kambing Etawa?

    1 Balasan

    Manfaat

    Saya baru membaca artikel tentang susu kambing etawa, apakan benar manfaatnya sangat baik untuk penyakit pernafasan termasuk bronkitis. Saya baca dari artikel https://www.aryanto.id/artikel/id/1062/manfaat-nutrisi-susu-kambing-etawa-yang-menakjubkan dan juga dari situs susu kambing etawa…

  • Obat sbo

    1 Balasan

    Manfaat

    Kalau untuk pengobatan luar saja,kalau yang sakit seperti tifus,rdang tenggorokan,sakit gigi,miom...cara pengobatannya bagaimana?

  • adakah risperadone ada dijual difarmasi

    1 Balasan

    Manfaat

    Adakah risperadone ada di jual di farmasi

  • air kelap

    0 Balasan

    Manfaat

    kalo adanya kelapa yang kuning bisa gak ya?

  • slimming green world capsule

    1 Balasan

    Manfaat

    saya mau tanya apakah slimming capsule dari green world itu jika diminum kita akan sering BAB? karena saya bekerja di lapangan dan akan sangat bermsalah bagi saya jika efek dari…


Manfaat
Manfaat Suplemen Natur-E untuk Kesehatan Kulit

Manfaat suplemen Natur E untuk…

Manfaat
Manfaat Air Kelapa Muda Sebagai Obat Alami Panas Dalam

Manfaat dan khasiat air kelapa…

Manfaat
Kandungan Dan Manfaat Buah Kiwi Untuk Kesehatan

Buah kiwi mempunyai nama latin…

Kirim Pertanyaan
Top