Tips Tubuh Tetap Sehat Bagi Pekerja Shift Malam

Share dan Tag Temanmu di :

Bekerja merupakan salah satu rutinitas harian yang harus dilalui. Setiap pekerjaan yang dipilih tentu akan memiliki risiko, salah satunya yaitu bekerja dengan sistem shift. Biasanya, mereka yang bekerja pada shift malam memiliki tantangan tersendiri, terutama dalam menjaga kesehatan. 


Pekerja yang memiliki jam kerja seperti ini harus mengubah pola jam tidur dan membuat tubuh seringkali tidak fit dan mudah sakit. ekerja dengan waktu yang berlainan dengan siklus tidur alami bisa menyebabkan gangguan yang terjadi pada tidur serta kelelahan secara kronis. Sehingga nantinya hal tersebut bisa berkontribusi menimbulkan gangguan pada mood, menurunkan kerja refleks serta kemampuan kognitif dan dapat menyebabkan seseorang lebih rentan terhadap infeksi penyakit. 

Namun, walaupun begitu, terdapat beberapa tips dan trik yang bisa Anda lakukan untuk menjaga tubuh tetap sehat selama melakukan kerja shift malam. Berikut ini tips tubuh tetap sehat bagi pekerja shift malam, diantaranya :

Tidur 30 menit sebelum bekerja

Menabung tidur sebanyak 30 menit akan membuat tubuh tetap segar saat bekerja malam. Namun, sebaiknya tidak melebihi 30 menit, pasalnya Anda akan merasakan pusing dan lelah ketika bangun nanti. Jikapun melebihi 30 menit, sebaiknya Anda selesaikan satu siklus tidur sekaligus, yaitu 90 menit. 

Membayar utang tidur

Setelah semalan tidak tidur, pastikan untuk mengganti utang tidur sebanyak jumlah tidur yang semestinya. Misalnya, Anda tidak tidur selama 8 jam saat malam, maka sebaiknya Anda tidur siang atau sore sebanyak 8 jam juga. Namun, jumlah jam ini tidak harus dibayar dalam sekali tidur dan dapat dibagi menjadi 2. 

Konsumsi sayur dan buah

Para pekerja shift malam sangat disarankan untuk mengonsumsi banyak sayur dan buah. Karena vitamin dan antioksidan yang ada didalamnya dapat membantu menjaga tubuh tetap prima. 

Banyak minum air putih saat bekerja

Asupan cairan sangat diperlukan selama bekerja di shift malam untuk mejaga tubuh tetap fit. Anda juga dapat lebih fokus dan semangat dalam bekerja. Kurang ciaran atau dehidrasi dapat memicu berbagai masalah kesehatan. 

Olahraga secara rutin

Pastikan untuk tidak malas berolahraga. Olahraga harus tetap dilakukan sekitar 2-3 kali dalam seminggu dengan durasi minimal 30 menit. Anda bisa berjalan kaki, bersepeda, atau mengikuti kelas Zumba. 

Minum suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh

Tips tubuh tetap sehat bagi pekerja shift malam yang terakhri yaitu mengonsumsi suplemen untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Seperti, suplemen yang mengandung vitamin C atau squalane yang berasal dari ekstrak  minyak hati ikan hiu. Keduanya mampu memperkuat sistem kekebalan tubuh, terutama setelah begadang semalaman. 

By Sri Maryati - Tips Kamis, 27 Juli 2017 11:29:43

Related Post :
Kesehatan
Daftar Makanan Sehat Bagi…

Berikut adalah darftar menu…

Tips
Cara Totok Wajah Sendiri…

Cara totok wajah sendiri…

Ibu Hamil
Kebutuhan Vitamin Dan Mineral…

Selama masa kehamilan, umumnya…

Manfaat
5 Jenis Buah yang…

Terdapat beberapa jenis buah…

Kesehatan
Mengetahui Perbedaan Osteoarthritis dan…

Meskipun memiliki kesamaan, ternyata…

Kesehatan
10 Makanan Yang Baik…

Daftar makanan yang baik…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Penyebab Ketiak Basah (Burket) Dan Cara Mengatasinya

Sudah tidak asing lagi dengan…

Tips
Cara Mengobati Bronkitis Dengan Bawang Putih

Cara mengobati bronkitis dengan bawang…

Tips
Tips Merangsang Kontraksi Saat Hamil Tua Agar Cepat Lahir

Tips merangsang kontraksi saat hamil…

Kirim Pertanyaan
Top