Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil Muda Dan Tua

Share dan Tag Temanmu di :

Pusing adalah salah satu keluhan yang dirasakan oleh ibu hamil. Kondisi ini wajar serta normal terjadi pada ibu hamil, hanya saja kondisi ini bisa mengganggu aktivitas ibu hamil. Namun tidak perlu khawatir, ada beberapa tips dan cara untuk mengatasi pusing saat hamil tanpa obat. Karena saat sedang hamil muda dan tua, ibu hamil tidak boleh mengonsumsi obat-obatan tanpa resep dokter.


Pusing bisa dirasakan ibu hamil pada saat hamil muda maupun tua. Pusing saat hamil akan hilang seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, bila pusing yang dialami ibu hamil disebabkan oleh morning sickness dan masalah hormon. Akan tetapi bila pusing saat hamil disebabkan oleh adanya penyakit, maka rasa pusing yang dialaminya pun tidak akan menghilang selama penyakit yang diderita ibu hamil belum diatasi.

Selain disebabkan oleh masalah hormon dan morning sickness, ada beberapa hal yang dapat menyebabkan pusing saat hamil yaitu berbaring terlalu lama, terlalu cepat saat merubah posisi dari duduk kemudian berdiri, dan ibu hamil yang mengalami kepanasan akibat bekerja di luar ruangan.

Tips Mengatasi Pusing Saat Hamil

Kompres hangat dan dingin

Tips mengatasi pusing saat hamil muda dan tua yaitu kompres hangat. Caranya celupkan handuk pada air hangat kemudian kompreskan pada jidat. Selain kompres hangat, ibu hamil yang mengalami pusing juga bisa melakukan kompres dingin. Caranya celupkan handuk pada air yang berisi air es, kemudian simpan di dahi. Ibu hamil yang sedang mengalami pusing, bisa memilih kompres mana yang ibu hamil inginkan kompres dingin maupun kompres panas.

Aromaterapi

Tips mengatasi pusing saat hamil bisa dengan menghirup aromaterapi. Bahkan aromaterapi juga dapat membuat tubuh ibu hamil menjadi rileks.

Relaksasi

Tips mengatasi pusing saat hamil juga bisa dengan relaksasi yaitu melakukan yoga atau meditasi. Salah satu manfaat yoga yaitu dapat merilekskan pikiran. Sedangkan salah satu manfaat meditasi yaitu mampu merilekskan syaraf pusat dan syaraf kepala.

Lakukan olahraga ringan

Melakukan olahraga ringan secara teratur saat hamil dapat mengurangi sakit kepala dan pusing. Oleh karena itu, lakukan olahraga ringan seperti jalan-jalan pagi. Selain itu, lakukan aktifitas yang aman bagi ibu hamil supaya ibu tidak sering mengeluhkan pusing.

Hal yang harus dihindari saat pusing

  • Hindari menunda-nunda makan. Karena menunda-nunda makan atau telat makan bisa memicu rasa pusing.
  • Hindari berbaring terlalu lama
  • Hindari perasaan tertekan
  • Hindari melakukan aktifitas fisik secara berlebihan karena bisa membuat ibu kelelahan. Bila ibu kelelahan maka ibu akan terkena pusing.

Itulah beberaa tips mengatasi pusing saat hamil muda dan tua. Nah, bagi ibu hamil yang sering merasakan pusing sebaiknya jaga pola tidur anda, dan konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Perlu ibu hamil ketahui bahwa kekurangan zat besi maka akan terkena anemia. Dan salah satu gejala anemia adalah pusing.

By Rizka Ardiana - Tips Kamis, 27 Juli 2017 11:50:08

Related Post :
Manfaat
Khasiat Dan Manfaat Madu…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Gejala Penyebab Dan Pengobatan…

Gejala, penyebab dan pengobatan…

Tips
Cara Totok Wajah Sendiri…

Cara totok wajah sendiri…

Penyakit
Diabetes Tipe 2 Gejala…

Diabetes secara umum terbagi…

Penyakit
Inilah Beberapa Penyakit Penyebab…

Inilah beberapa penyakit penyebab…

Manfaat
Manfaat Daging Domba Bagi…

Dibandingkan daging kambing, daging…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    1 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Tips Meredakan Sakit Maag dengan Ramuan Beras Kencur

Ramuan bras kencur merupakan salah…

Tips
Cara Ampuh Mengatasi Rambut Rontok Secara Alami

Cara ampuh mengatasi rambut rontok…

Tips
Resep Obat Ginjal Tradisional dan Cara Membuatnya

Resep Obat Ginjal Tradisional dan…

Kirim Pertanyaan
Top