9 Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

9 Tanda Awal Kehamilan Yang Wajib Diketahui

Setiap pasangan yang sudah menikah tentunya menantikan sang buah hati dan bila saat ini anda sedang menjalani program hamil untuk menunggu kehadiran si kecil dalam kandungan dan belum sempat periksa ke dokter kandungan atau penggunaan alat test kehamilan (tespek).


Berikut ini ada beberapa tanda awal kehamilan yang bisa membantu anda agar lebih meyakinkan bahwa saat ini anda sedang hamil, antara lain :

Tanda awal kehamilan sekitar 2 sampai 3 minggu kehamilan, rasa ingin buang air kecil sangat meningkat tidak seperti biasanya, hal tersebut disebabkan karena hormon tertentu didalam tubuh dipicu karena aliran seni yang disebabkan rahim bertambah besar sehingga menekan kandung kemih.

  • Mual muntah

Rasa mual ingin muntah atau disebut dengan 'morning sickness' salah satu gejala yang dialami wanita ketika sedang hamil yang biasanya baru timbul sekitar minggu keenam kehamilan.

  • Nyeri payudara

Sebagian wanita mungkin  sudah biasa dengan rasa nyeri pada payudara saat menjelang haid namun beda dengan rasa nyeri yang terjadi saat sedang hamil, payudara akan terasa penuh, perih, kesemutan, bengkak bahkan nyeri saat disentuh itu merupakan tanda awal bahwa anda kemungkinan sedang hamil.

  • Muncul bercak darah

Sebagian wanita akan merasa aneh ketika muncul bercak darah, bercak darah yang datang saat embrio melekat pada rahim jadi tidak perlu cemas jika hal tersebut terjadi pada anda. Pendarahan muncul lebih awal dari haid terjadi sekitar 5 hingga 10 hari setelah anda hamil, warna bercak darah yang merah muda berbeda dengan bercak darah saat haid.

  • Peka terhadap indra penciuman

Lebih peka terhadap indra penciuman yaitu suatu perubahan yang dialami oleh sebagian wanita hamil yang merupakan tanda awal kehamilan dibulan pertama.

  • Warna areola gelap

Lingkaran disekeliling puting susu (areola) akan berubah warna kadang menjadi gelap selama anda hamil dan kemungkinan juga akan mengalami pelebaran beberapa minggu setelah kehamilan.

  • Suhu tubuh meningkat

Untuk mengetahui kondisi suhu tubuh anda bisa menggunakan thermometer yang kusus untuk pengukuran suhu tubuh basal, lihatlah jika suhu tubuh anda berada pada titik 0.5 derajat celcius dipastikan anda sedang hamil dan biasanya kondisi suhu tersebut akan bertaham sampai anda melahirkan. Selain itu, suhu tubuh basal dapat meningkat bisa saja ada penyebab lain. Maka untuk informasi lebih lanjut mengenai alat ukur tersebut anda bisa konsultasi pada dokter.

  • Cepat merasa lelah

Ketika wanita sedang hamil tentunya rutinitas dan intensitas akan semakin berat karena membutuhkan tenaga lebih untuk membawa dan menyeimbangkan dua badan yakni anda dan sang janin yang ada dalam kandungan sehingga akan cepat mudah lelah.

  • Gejala haid

Secara umum gejala haid sering dialami oleh sebagian wanita seperti sakit pinggang, nafsu makan jadi meningkat, perut kembung namun tida juga haid bisa jadi anda tengah hamil.

Jika anda sedang merasakan seperti tanda-tanda diatas bisa dipastikan anda sedang hamil namun untuk lebih meyakinkannya anda bisa gunakan alat test kehamilan dan konsultasi ke dokter kandungan.

By Ana Rediana - Ibu Hamil Kamis, 27 Juli 2017 15:10:59

Related Post :
penyakit jantung
Mengenali Gejala Takikardia Dan…

Tahukah anda apa saja…

Kesehatan
Inilah 10 Makanan Yang…

Makanan yang harus dihindari…

Kesehatan
Ternyata Ini Penyebab Lidah…

Dibalik rasanya yang nikmat…

Ibu Dan Anak
Jangan Beri Bayi Minum…

Meskipun memiliki banyak manfaat,…

Tips
Tips Tubuh Tetap Sehat…

Bagi para pekerja shift…

Obat Kimia
Fenofibrate Obat Untuk Mengatasi…

Fenofibrate obat untuk mengatasi…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • makanan yang baik untuk ibu hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 3 bulan. Agar kebutuhan gizi selama kehamilan terpenuhi atau tercukupi, makanan apa saja yang baik dikonsumsi oleh ibu hamil?

  • Normalkah ibu hami sering pusing?

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Tante saya sedang hamil 3 bulan, saat ini tante saya sering merasakan pusing. Apakah hal tersebut masih terbilang wajar atau merupakan gejala penyakit? Dan bagaimana cara mengatasinya?

  • Mengatasi sakit kepala saat hamil secara alami

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Kakak saya sedang hamil 6 bulan, belakangan ini kakak saya sering mengeluhkan sakit kepala. Apakah kondisi yang dialami kakak saya berbahaya untuk kesehatannya dan kesehatan janinnya? Dan bagaimana cara mengatasi…

  • Diare Pada Ibu Hamil

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya kini sedang hamil dengan usia kehamilan 32W. Namun sudah 4 hari ini saya mengalami diare dengan frekuaensi 7-10 kali selama sehari. Saya sudah memeriksakan kondisi saya ke bidan dan…

  • Mengalami Keputihan Selama Kehamilan

    1 Balasan

    Ibu Hamil

    Saya sedang hamil 12w. Namun semenjak itu pula saya sering kali mengalami keputihan berwarna putih kental, dan juga kadang-kadang menyebabkan gatal pada daerah selangkangan saya. Apakah itu berrbahaya untuk kehamilan…


Ibu Hamil
Risiko Mengonsumsi Pemanis Buatan Selama Hamil

Saat ini mungkin sulit untuk…

Ibu Hamil
Ibu Hamil
Kirim Pertanyaan
Top