Tips Mencegah Timbulnya Bopeng di Wajah Setelah Berjerawat

Share dan Tag Temanmu di :

Jerawat menjadi salah satu masalah kulit yang cukup sering timbul, terutama pada remaja. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya, mulai dari menggunakan produk perawatan kulit hingga krim atau obat jerawat

Namun, setelah jerawat hilang, terkadang masih ada masalah kulit lainnya, yaitu bopeng bekas jerawat. Kondisi ini lebih sulit untuk dihilangkan dan memerlukan waktu yang cukup lama. 


Bopeng yang timbul di wajah ini disebabkan karena peradangan jerawat yang sangat hebat hingga timbul sampai lapisan terdalam dermis, maka jaringan kulit menjadi rusak. Untuk menghindari hal tersebut, Anda bisa melakukan beberapa tips mencegah timbulnya bopeng di wajah setelah jerawat berikut ini :

Jangan menyentuh jerawat

Ketika jerawat timbul, usahakan untuk tidak menyentuh apalagi memencetnya secara sembarangan. Ketika jerawat dipencet, ini akan membuat kulit membengkak dan memerlukan waktu lama untuk memulihkannya. Pembengkakan tersebut terjadi karena luka yang menjadi infeksi dan timbul bakteri. 

Segera atasi Jerawat

Segera obati jerawat yang timbul, seringan apapun kondisinya. Jika tidak, maka jerawat bisa semakin meradang. Ketika jerawat meradang, maka kulit terdalam bisa terluka. Jaringan tersebut hilang karena jerawat, maka sulit untuk bisa menyembuhkan dan menumbuhkan jaringan baru lagi. Akibatnya kulit di daerah yang berjerawat akan bolong. 

Hindari facial

Facial merupakan cara mekanik untuk mengeluarkan kotoran. Namun, ketika kulit sedang meradang, maka jerawat tidak boleh dikeluarkan secara paksa. Hal tersebut akan membuat peradangan semakin dalam. Bukannya sembuh, kulit justru bisa bopeng. 

Hindari penggunaan make up

Jika kita menggunakan bahan-bahan yang dapat menstimulasi jerawat, misalnya moisturizer dan make up, maka jerawat akan semakin parah. Jika Anda memiliki kulit yang berminyak, maka tidak perlu lagi menggunakan moisturizer. Namun, jika memang Anda memiliki kulit kering, maka bisa menggunakan pelembab namun tidak di bagian yang berjerawat. Carilah pelembab yang berbahan dasar air, sehingga aman bagi jerawat. 

Jika Anda harus menggunakan make up, maka sebaiknya aplikasikan secara tipis. Pilihlah bedak tabur dibandingkan dengan bedak jenis two way cake yang memiliki kandungan yang berat. 

Konsultasi ke dokter

Tips mencegah timbulnya bopeng di wajah setelah berjerawat yang terakhir yaitu konsultasi ke dokter. Jika jerawat sudah parah, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter. Dokter kulit akan memerikan obat jerawat yang efektif untuk mengatasi masalah tersebut. 

Namun, jika Anda terlanjur memiliki bopeng di wajah, selain melakukan perawatan di klinik kecantikan, Anda juga bisa memanfaatkan beberapa bahan alami sebagai obat bopeng bekas jerawat yang efektif dan tentunya aman. 

Semoga bermanfaat.

By Sri Maryati - Tips Jum'at, 28 Juli 2017 10:12:02

Related Post :
Ibu Dan Anak
Tips Mengatasi Penyakit Kulit…

Jenis penyakit yang memang…

Penyakit
Mengenal Penyakit ITP Pada…

Idiopathic thrombocytopenic purpura (ITP)…

Obat Kimia
Obat Untuk Meredakan Gejala…

Obat colchicine untuk meredakan…

Daun
Khasiat Dan Manfaat Daun…

Berikut adalah khasiat dan…

Kesehatan
Makanan Yang Tidak Boleh…

Makanan yang tidak boleh…

Tips
Cara Sederhana untuk Mencegah…

Menjalankan pola hidup sehat…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • sperma cepat keluar

    0 Balasan

    Tips

    mengapa sperma cepat keluar saat berhubungan seksual

  • Asma dan kista

    1 Balasan

    Tips

    Bagaimana aturan minum jelly QnC untuk menyembuhkan penyakit asma dan kista

  • Bagaimana cara menghilangakan kantung mata yang hitam

    2 Balasan

    Tips

    Pagi dok, saya tidak pede dengan kantung mata saya yg hitam seperti pampir, sudah beberapa cara untuk menghilangkannya tapi sampai sekarang masih belum ada perubahan, saya minta solusinya dok?

  • Cara Menurunkan Kolesterol Yang Tinggi

    1 Balasan

    Tips

    Pagi dok, suami saya merupakan seorang penderita kolesterol tinggi. Meski rutin minum obat setelah saya cek kolesterolnya masih tetap tinggi. Saya sering kali was-was dan takut terjadi apa-apa kepada suami…

  • Cara meningkatkan produksi ASI

    1 Balasan

    Tips

    Saya seorang ibu menyusui, mempunyai masalah produksi ASI yang kurang banyak. Bagaimana cara meningkatkan produksi ASI?


Tips
Cara Menjaga Kesehatan Payudara Dengan Baik Dan Benar

Cara menjaga kesehatan payudara dengan…

Tips
Obat Sariawan Alami di Lidah Tenggorokan Bibir

obat sariawan alami di lidah…

Tips
Cara Menjaga Hati Agar Terhindar dari Penyakit Liver

Mengingat begitu pentingnya fungsi hati,…

Kirim Pertanyaan
Top