Kenali Penyebab Dan Gejala Demam Rematik Akut Pada Anak

Share dan Tag Temanmu di :

Penyebab dan gejala demam rematik mungkin masih belum di ketahui oleh sebagian banyak orang akibat masih kurangnya penyuluhan terkait penyakit ini kepada masyarakat. Namun sebaiknya anda mengetahuinya sejak dini, karena jika di biarkan begitu saja, kondisi ini dapat menyebabkan komplikasi jangka panjang seperti penyakit jantung rematik.

Lalu, apa itu demam rematik?


Demam rematik (sebagian orang memanggilnya demam reumatik) adalah suatu kondisi komplikasi yang terjadi pada saat infeksi akibat bakteri streptokokus grup A tidak di tangani secara tepat. Seperti halnya contoh penyakit yang di sebabakan oleh sterptokokus ini seperti radang tenggorokan dan juga demam berdarah.

Secara umum, kondisi ini bisa di idap oleh siapa saja dan semua golongan umur. Namun kelpompok usia yang sering kali terserang kondisi ini adalah anak berusia 5 tahun hingga remaja yang berusia 15 tahun.

Penyebab, faktor resiko dan gejala demam rematik

Seperti yang telah di informasikan sebelumnya, faktor yang menjadi penyebab demam rematik adalah bakteri streptokokus grup A. Komplikasi tersebut terjadi akibat reaksi berlebihan dari sistem kekebalan tubuh penderita terhadap jenis bakteri tersebut. Selain dari pada itu, para pakar juga menduga, bahwasannya ada salah satu jenis protein dalam bakteri ini yang mirip dengan susunan protein yang ada pada jaringan tubuh tertentu. Maka dari itu, tubuh akan menyerang juga jaringan tubuh pengidap bersama bakteri.

Selain dari pada itu, ada pula teori yang menyebutkan bahwasannya sekelompok orang tertentu di lahirkan dengan kelainan genetik yang mana menyebabakan sistem kekebalan tubuh tidak mampu bekerja secara sempurna terlebioh pada saat seseorang tersebut mengalami radang tenggorokan, sehingga mengakibatkan reaksi inflamasi yang berlebihan hingga menyerang jantung, sendi, kulit dan juga sistem saraf.

Adapun beberapa hal, di anggap sebagai faktor resiko demam rematik, diantaranya adalah:

  • Usia. Pada dasarnya kondisi ini sering kali di alami oleh anak dan remaja khususnya anak beruiuia 5-15 tahun.
  • Lingkungan. Daerah padat penduduk dengan kebersihan yang kurang juga di anggap memiliki resiko lebih tinggi menyebabkan penyebaran demam rematik.
  • Jenis bakteri streptokokus. Demam rematik juga sering kali terjadi setelah infeksi ternggorokan akibat bakteri streptokokus grup A.

Gejala demam rematik bisanya bertahan mulai dari 7 hari hinga 1 bulan  setelah mengidap radang tenggorokan. Adapun berbagai gejalanya diantaranya adalah sebagai berikut:

- Mengalami demam.
- Kehilangan nafsu makan.
- Adanya ruam pada kukit tanpa di sertai rasa sakit maupun gatal.
- Terdapat benjolan kecil yang muncul di bawah kulit.
- Radang sendi, terlebih pada bagian kaki, lutut, pergelangan tangan serta siku.
- Karditis atau peradangan pada jantung, dengan berbagai indikasim seperti batuk secara terus menerus, sakit dada, napas pendek, detak jantung yang tepat, serta selalu merasa lelah. Gejala yang satu ini paling sering menyerang anak-anak dan dapat beresiko fatal.
- Sydenham chorea. Gejala yang satu ini di tandai dengan adanya peradangan pada sistem saraf. Adapun gejala yang dapat muncul di antarnya adalah kedutan atau sentakan yang tak terkendali, gangguan keseimbangan, serta ledakan emosi atau perilaku yang tak seperti biasanya seperti tiba-tiba menangis atau tertawa.

Adapun jika anda, anak maupun anggota keluarga anda mengalami beberapa gejala yang telah di sebutkan di atas, maka ada baiknya apabila segera memeriksakannya ke pusat kesehatan terdekat. Di sana pasien akan mendapatkan diagnosis demam rematik yang tepat, melalu serangkaian diagnosa seperti tes darah elektrodiagram hingga ekokardiogram.

Jika diagnosa menunjukkan anda positif mengalami gejala demam rematik, maka serangkaian pengobatan demam rematik yang dokter arahkan perlu anda jalani. Tujuan dari pengobatan sendiri meliputi mengurangi gejala, memberantas bakteri streptokokus golongan A, mencegah kekambuhan demam rematik hingga mencegah terjadinya komplikasi demam rematik berupa penyakit jantung rematik, stroke hingga gagal jantung.

By Nida Saripah - Ibu Dan Anak Jum'at, 28 Juli 2017 10:51:28

Related Post :
Penyakit
Penyebab Sariawan Berkepanjangan yang…

Penyebab pasti terjadinya sariawan…

Manfaat
Mengetahui Khasiat Jeruk Purut…

Jeruk purut merupakan salah…

Tips
Infeksi Cacing Pita Pada…

Infeksi Cacing Pita Pada…

Kesehatan
Tanda Berikut Tunjukan Anda…

Menjalani diet bukanlah hal…

Manfaat
Manfaat Bunga Melati Untuk…

Bunga melati mempunyai nama…

Kesehatan
Obat dan Makanan Ini…

Sebelum mengonsumsi obat, kita…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Penghilang rasa perih pada luka bakar yang melepuh pada bayi

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Cara menghilangkan rasa perih pada luka bakar yang melepuh dan berair pada balita umur 7 bulan?

  • Susu formula

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Dok saya ibu dari bayi berumur 6 bulan, dan saya beri asi perah dan susu formula sejak dari 1 bulan, susu formula nya bebelove 1 sejak awal bayi saya tdak…

  • Vaksin rubella

    0 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Apakah boleh anak yg sedang terkena amandel stadium 3 ,ikut suntik vaksin MR?

  • Susah buang air besar

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Susah bab

  • susah buang air besar pada anak

    1 Balasan

    Ibu Dan Anak

    Selamat siang, Anak saya saat ini baru berusia 10 bulan dan sudah beberapa hari ini buang air besarnya tidak lancar. Saya khawatir kondisi ini terjadig lama dan bisa membahayakan kondisi…


Ibu Dan Anak
Berbagai Penyebab Sembelit Pada Bayi Yang Perlu Bunda Ketahui

Ini berbagai penyebab sembelit pada…

Ibu Dan Anak
Mengenal Penyakit Trisomi 13 yang Diidap Adam Fabumi

Adam Fabumi akhir-akhir ini menjadi…

Ibu Dan Anak
Kirim Pertanyaan
Top