Tips Mencegah Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh

Share dan Tag Temanmu di :

Biasanya sebagian dari kita ketika mengalami penyakit maag mengkonsumsi obat maag, baik obat maag yang diresepkan oleh dokter maupun obat-obatan alami. Setelah gejala penyakit maag hilang, alangkah baiknya mengubah pola makan yaitu dengan menghindari konsumsi makanan yang dapat memicu gejala penyakit maag kambuh. Cara tersebut termasuk salah satu cara untuk mencegah penyakit maag agar tidak kambuh.


Berbagai hal yang menjadi penyebab penyakit maag diantaranya infeksi bakteri Helicobater pylori, akibat efek samping dari penggunakan obat antiinflamasi nonsteroid dan akibat tukak lambung (suatu kondisi terjadinya luka di lapisan dalam lambung).

Sedangkan gejala penyakit maag yaitu terasa panas di perut bagian atas, merasa kenyang padahal makan baru sedikit, perut kembung, sering bersendawa dan nyeri ulu hati. Bila penderita penyakit maag mengalami gejala mual dan sulit menelan serta berat badan menurun, maka sebaiknya memeriksakan diri anda pada dokter.

Tips Mencegah Penyakit Maag Agar Tidak Kambuh

Hindari konsumsi makanan yang berlemak dan berminyak

Tips mencegah penyakit maag agar tidak kambuh adalah hindari konsumsi makanan yang berlemak dan berminyak. Sebab makanan yang berlemak dan berminyak akan sulit dicerna dalam lambung. Itulah alasan mengapa penderita penyakit maag tidak boleh mengonsumsi kedua jenis makanan tersebut.

Jangan makan terlalu berlebihan


Cara mencegah penyakit maag agar tidak kambuh yaitu jangan makan terlalu berlebihan. Jangan pula makan terlalu sedikit, tapi makanlah dengan porsi yang cukup. Penderita juga tidak boleh menunda-nunda makan, oleh karena itu makanlah secara teratur.

Mengonsumsi makanan yang lembut

Bagi penderita penyakit maag dianjurkan untuk mengonsumsi makanan yang lembut. Karena jenis makanan ini akan mudah dicerna dalam lambung. Oleh karena itu konsumsi makanan yang mudah dicerna dalam lambung seperti bubur, brokoli, wortel dan pisang.

Mengonsumsi susu kambing

Bagi anda yang pernah menderita penyakit maag, anda bisa mengonsumsi susu kambing. Hal dikarenakan susu kambing tidak mempunyai kandungan protein yang tinggi sehingga aman untuk dikonsumsi bagi anda yang pernah menderita sakit maag. Dan salah satu manfaat mengonsumsi susu kambing adalah mampu menjaga kesehatan lambung. Oleh karena itu, minum 1 gelas susu kambing secara teratur.

Hindari konsumsi obat aspirin

Bagi anda yang sering mengonsumsi aspirin dan ibuprofen, sebaiknya mulai sekarang hindari kebiasaan mengonsumsi kedua obat tersebut. Terlebi bagi anda yang pernah mengalami sakit lambung, tidak boleh mengonsumsi kedua obat tersebut karena kedua obat tersebut menjadi penyebabnya munculnya penyakit maag.

Tips lainnya untuk mencegah penyakit maag agar tidak kambuh lagi yaitu jangan mengunyah makanan terlalu cepat tapi kunyah makanan dengan baik kurangi konsumsi makanan pedas, kurangi konsumsi makanan yang bersantan, istirahat yang cukup, kurangi dan hindari minuman berkafein, alkohol dan berkarbonasi, hindari juga makanan yang mengandung gas seperti kol, sawi, durian dan nangka.

Itulah tips dan cara mencegah sakit maag agar tidak kambuh lagi. Bagi anda yang pernah mengalami sakit maag kemudian melakukan beberapa tips diatas, semoga bisa membantu anda.

By Rizka Ardiana - Penyakit Jum'at, 28 Juli 2017 11:45:17

Related Post :
Penyakit
Waspadai Penyebab Pengentalan Darah…

Waspadai penyebab pengentalan darah…

Penyakit
Ketahui Jenis Cacing Jahat…

Ketahui jenis cacing jahat…

Alami
Obat Keputihan Alami Pada…

Obat keputihan alami gatal,…

Kesehatan
Cara Mencegah Penyakit Bronkitis…

Berikut tips dan cara…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal berbagai khasiat dan…

Manfaat
Mengenal Khasiat Dan Manfaat…

Berikut adalah khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Sakit telinga

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamualaikum. Saya mau tanya, telinga kanan saya terasa sakit beberapa menit setelah bersin dan saat menguap kayak ada getaran. Itu sakit apa yah?? Terima kasih

  • Varikokel

    -1 Balasan

    Penyakit

    Saya mau tanya apakah obat walatra gamat emas kapsul baik untuk penyakit varikokel? Apakah khasiat qnc jelly gamat dn walatra gamat kapsul itu sama ya? Sekian terimakasih

  • Verikokel

    1 Balasan

    Penyakit

    Selamat siang pak..sy mw bertanya Pak untuk verikokel biasanya lbh baik konsumsi ace maxs ato qnc jellygamat? Sy pernah baca, ada yg merekomendasikan 2 obat itu. Dan biasanya tanda bahwasanya…

  • Pengobatan Herbal penyakit Guilline Barre Syndrom

    1 Balasan

    Penyakit

    Assalamu'alaikum, Bapak saya usia 67 tahn sejak desember 2017 terkena penyakit GBS (Guiiline Barre Syndrom) dan sampai saat ini masih lumpuh dari kaki sampai pinggang. Mohon saran untuk pengobatan ini.…

  • Cara mengobati bisul yg sedang pecah

    1 Balasan

    Penyakit

    Maaf mas/mba, saya mau nanya bagaimana caranya untuk mengobati bisul yg sedang pecah dan tindakan individual apa yg harus dilakukan saat bisul sedang pecah dan sudah pecah, terima kasih


Penyakit
Mengenal Gejala Penyebab Syaraf Kejepit

Mengenal gejala penyebab syaraf kejepit…

Penyakit
Langkah-Langkah Diagnosis Infeksi Ginjal

Langkah-langkah diagnosis infeksi ginjal di…

Penyakit
Kirim Pertanyaan
Top