Ketahui Penyebab Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi

Share dan Tag Temanmu di :

Ketahui Penyebab Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi

Menggosok gigi terlalu agresif bisa menyebabkan gusi anda terluka hingga berdarah. Selain itu, ada penyebab lain keluar darah saat menggosok gigi. Jika sering terjadi pendarahan saat menggosok gigi kemungkinan ada sesuatu hal dengan kesehatan gigi ataupun mulut anda. Diperingatkan oleh Dr gigi Sally Cram, D.D.S jika anda harus waspada ketika menggosok gigi mulut anda berdarah kemungkinan karena ada peradangan pada gusi yang disebabkan penumpukan plak dan bakteri dan juga perlu anda ketahui gusi berdarah bukan suatu hal yang normal.


Penyebab Lain Gusi Berdarah Saat Menggosok Gigi, diantaranya :

  • Kurang tidur dan stress

Sally Cram sebagai seorang dokter spesialis gigi dan mulut menemukan kasus gusi berdarah lebih banyak terjadi pada mahasiswa karena hal ini secara umum mahasiswa sering melakukan diet tidak sehat, stress dengan tugas kuliash dan seringkali begadang dan bisa juga terjadi pada karyawan yang sering kejar target dan lembur.

  • Sikat gigi tidak bersih

Jika anda tidak menggosok gigi dan flossing gigi secara maksimal, maka akan sedikit keluar darah karena dengan waktu 24 jam bagi bakteri untuk menyebabkan peradangan pada gusi.

Gosoklah gigi secara perlahan dengan gerakan memutar pada masing-masing gigi. Namun sebelumnya, anda harus membersihkan sela-sela gigi menggunakan dental floss. Apabila pendarahan masih terjadi, sebaiknya periksakan gigi anda ke dokter spesialis gigi.

  • Penyakit serius

Apabila gusi berdarah hanya terjadi sekali-kali, anda bisa mengatasinya dengan salah satu cara diatas. Namun jika pendarahan terjadi secara terus menerus, kemungkinan suatu pertanda anda mengidap leukimia, diabetes, atau masalah serius terhadap sistem kekebalan tubuh anda yang menyebabkan gusi berdarah hingga bengkak. Jika anda mengalami gusi berdarah lebih dari 2 minggu ketika menggosok gigi maka segera periksakan ke dokter spesialis penyakit dalam.

  • Hormon tidak seimbang

Anak muda yang sedang mengalami masa pubertas, menstruasi, wanita hamil, atau yang sudah memasuki masa menopause pada umumnya mengalami hormon yang turun naik, membuat gigi dan gusi lebih sensitif terhadap plak sehingga gusi menjadi berdarah. Maka anda harus meningkatkan kebersihkan gusi dan mulut dengan menggosok dan flossing lebih teratur serta bisa nuga dengan menggunakan pasta gigi tanpa alkohol.

  • Pengobatan medis

Jenis-jenis obat seperti penstabil tekanan darah dan antidepresan yang bisa membuat mulut kering karena produksi air liur didalam mulut berkurang sehingga membuat bakteri akan lebih cepat berkembang yang berakibat gusi menjadi berdarah, merah, dan bengkak. Apabila anda mengkonsumsi obat-obatan membuat mulut menjadi kering, maka mintalah produk oral yang dapat membantu memberi kelembaban diarea mulut.

Bagaimana? setelah anda mengetahui penyebab gusi berdarah saat menggosok gigi, jangan anda spelekan bisa jadi itu salah satu penyebab adanya penyakit lain. Maka segera periksakanlah ke dokter spesialis.

By Ana Rediana - Kesehatan Jum'at, 28 Juli 2017 13:43:09

Related Post :
Penyakit
Diagnosis Dan Pengobatan Carpal…

Cara diagnosis dan pengobatan…

Penyakit
Mewaspadai Gejala Kanker Ovarium…

Kanker ovarium menjadi salah…

Kesehatan
Langkah-langkah Pencegahan Kanker Ovarium

Karena penyebab secara pastinya…

Kesehatan
Ternyata Ini Arti dari…

Pada kemasan obat sering…

Tips
Tips Cara Mencegah Radang…

Tips mencegah radang ginjal…

Manfaat
Beragam Manfaat yang Bisa…

Mengetahui kandungan nutrisi dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Keputihan

    1 Balasan

    Kesehatan

    Saya nyeri pinggang dan kadang suka keluar keputihan yg agak coklat samar dan berbentuk cair

  • Usus turun

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa Ciri - ciri usus turun dan d bagian mana terdapat rasa sakit jika mengalami usus turun

  • anemia

    1 Balasan

    Kesehatan

    permisi, saya sering pusing , mual dan lemas. bahkan terkadang sampai sesak nafas. wajah sayapun sering terlihat pucat. apakah benar saya mengidap penyakit anemia?

  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya


Kesehatan
Kesehatan
Mengenal Gangguan Tidur Microsleep yang Ancam Pemudik

Microsleep merupakan salah satu gangguan…

Kesehatan
Makanan Sehat Penurun Kolesterol Tinggi Paling Cepat

Makanan sehat penurun kolesterol tinggi…

Kirim Pertanyaan
Top