Fakta Menarik Seputar Teripang Emas yang Perlu Diketahui

Share dan Tag Temanmu di :

Melansir dari Wikipedia, teripang atau trepang atau timun laut adalah istilah yang diberikan untuk hewan intervertebrata Holothuroidea yang dapat dikonsumsi. Hewan ini tersebar luas di lingkungan laut di seluruh dunia, mulai dari zona pasang surut hingga laut dalam, terutama di Samudra Hindia dan Samudra Pasifik Barat. 

Teripang merupakan hewan yang bergerak lambat, hidup pada dasar substrat pasir, lumpur pasiran maupun dalam lingkungan terumbu. Teripang ini memiliki tubuh seperti cacing dengan tubuh yang lunak. 


Didalam jurnal-jurnal internasional, istilah trepang atau beche-de-mer tidak pernah digunakan dalam topik-topik keanekaragaman, biologi, ekologi ataupun taksonomi. Dalam subjek-subjek ini, terminologi yang digunakan untuk menggambarkan kelompok hewan ini adalah sea cucumbers atau holothurians (disebut holothurians karena hewan ini dimasukkan dalam kelas Holothuroidea). 

Berikut ini merupakan beberapa fakta menarik seputar teripang emas yang perlu diketahui, diantaranya :

  • Jenis teripang

Fosil tertua teripang adalah spikula yang hidup sekitar 425 juta hingga 405 juta tahun lalu. Saat ini, terdapat sekitar 1.400 spesies teripang dalam berbagai bentuk dan ukurang. ukuran panjang berbagai spesies beragam, mulai dari 1 cm hingga 20 cm. 

  • Perkembangbiakan

Teripang dapat berkembang biak, baik secara aseksual ataupun seksual. Pembuahan pada reproduksi seksual terjadi secara eksternal (diluar tubuh induk). Pada kasus pembuahan eksternal, sperma dan sel telur dilepaskan ke dalam air untuk kemudian terjadi pembuahan. Agar kemungkinan terjadinya pembuahan lebih besar, maka jumlah sperma dan sel telur yang dilepaskan harus berjumlah banyak.

  • Makanan teripang

Teripang umumnya adalah pemulung, artinya memakan sisa-sisa organisme di dasar laut. Sebagian besar teripang memakan sisa bahan organik, ganggang kecil, plankton, dan hewan laut kecil. 

  • Mekanisme pertahanan

Ketika merasa terancam, beberapa jenis teripang akan melepaskan benang lengket untuk menjebak musuh-musuh mereka. Spesies lain melakukan mutilasi tubuh sebagai mekanisme pertahanan. Berbagai jenis ikan serta hewan air lainnya memangsa teripang, terutama telur dan larvanya. Bahkan beberapa jenis teripang dibudidayakan karena merupakan sumber makanan lezat.

Bukan hanya itu saja, teripang emas juga diketahui memiliki kandungan nutrizi yang cukup lengkap. Sehingga hewan laut yang satu ini cukup banyak digunakan dalam metode pengobatan tradisional. Bahkan, dengan kemajuan teknologi saat ini, teripang emas juga digunakan sebagai salah satu bahan dasar dari produk-produk obat herbal untuk memudahkan dalam pengobatan penyakit. 

Ada beragam produk ekstrak teripang atau gamat emas yang bisa kita temukan dipasaran, mulai dari ekstrak gamat cair, hingga gamat kapsul. Biasanya masyarakat memanfaatkan produk ekstrak teripang atau gamat emas untuk membantu menjaga kesehatan bahkan pengobatan penyakit, mulai dari penyakit ringan hingga berat. 

Namun, Anda harus tetap berhati-hati dalam memilih produk ekstrak teripang emas yang akan dikonsumsi. Pastikan produk pilihan Anda bebas bahan kimia serta telah memiliki legalitas resmi dari BPOM, sehingga kualitas dan keasliannya terjamin. 

By Sri Maryati - Alami Jum'at, 28 Juli 2017 16:03:51

Related Post :
Obat Cina
Obat Kanker Payudara Herbal…

Obat kanker payudara herbal…

Obat Kimia
Obat Untuk Mengatasi Penyakit…

Obat betahistine untuk mengatasi…

Manfaat
Mengulik Manfaat Baik Lengkuas…

Selain digunakan sebagai bumbu…

Alami
Obat Sakit Pinggang Alami…

Obat sakit pinggang alami…

Kesehatan
Mewaspadai Beberapa Penyakit Kronis…

Tanpa disadari, radikal bebas…

Daun
Berbagai Khasiat Dan Manfaat…

Mengenal berbagai khasiat dan…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan



Alami
Cara Membuat Masker Alami dari Alpukat Untuk Kulit Kering

cara membuat atau meracik masker…

Alami
Alami
Ramuan Tradisional Untuk Bantu Atasi Batuk Berdarah

Informasi tentang ramuan tradisional untuk…

Kirim Pertanyaan
Top