Alasan Mengapa Calon Jamaah Haji Harus Vaksin Meningitis

Share dan Tag Temanmu di :

Selain menyiapkan mental dan finansial, para calon jamaah haji juag harus memperhatikan kesehatan fisik agar dapat menjalankan ibadan dengan lancar dan juga untuk menghadapi perubahan cuaca serta mencegah penyebaran penyakit. Pasalnya, lokasi untuk menunaikan ibadah haji menjadi titik temu seluruh penduduk dunia, sehingga sangat berisiko menjadi tempat penularan dan penyebaran berbagai penyakit, termasuk meningitis. 

Meningitis atau radang selaput otak merupakan salah satu penyakit yang cukup berbahaya dan mematikan. Salah satu cara untuk mencegah penularan penyakit meningitis selama menjalankan ibadah haji yaitu dengan melakukan vaksinasi. 


Vaksin meningitis adalah vaksin wajib yang harus dilakukan calon jamaah haji untuk melindungi tubuh dari risiko meningitis meningokokus. Bahkan, pemerintah Arab Saudi mewajibkan semua calon jamaah haji untuk mendapatkan vaksin meningitis. 

Meningitis meningokokus merupakan suatu infeksi yang terjadi pada selaput otak, sumsum tulang belakang dan keracunan darah. Gejala meningitis yang timbul diantaranya, yaitu mual, muntah, ruam di kulit, panas mendadak, dan nyeri di kepala. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri kelompok A, W, C, dan Y. Maka dari itu, semua jamaah wajib mendapatkan satu dosis vaksin kuadrivalen polisakarida atau ACYW-135.

Vaksin ini dapat memberikan perlindungan dari meningitis selama 5 tahun. Dan perlu diketahui, sebaiknya tidak memberikan vaksin ini pada bayi yang berusia kurang dari 2 bulan. 

Orang yang mendapatkan vaksin meningitis dapat merasakan efek samping ringan, diantaranya kemerahan pada area kulit yang di suntik. Efek samping ini terjadi tidak lebih dari dua hari. Dampak lain yang lebih serius bisa menyebabkan demam tinggi dan badan lemas. 

Sebuah penelitian medis selama 30 tahun terakhir mengungkapkan bahwa usia 11-25 tahun merupakan usia dimana seseorang rawan terinfeksi virus meningitis. Dalam beberapa kasus, orangtua tidak menyadari ancaman dari penyakit ini. 

Vaksin ini biasanya diberikan pada wisatawan yang akan bepergian ke luar negara lain, terutama ke daerah endemik, antara lain Arab Saudi, Afrika, Amerika Utara, Amerika Latin, dan Selandian Baru. 

Jadi, itulah alasan mengapa calon jamaah haji harus vaksin meningitis terlebih dahulu. Sebaiknya pemberian vaksin meningitis pada calon jamaah haji ini dilakukan 2-3 minggu sebelum keberangkatan, dan tidak kurang dari 10 hari sebelum keberangkatan. Jika dilakukan kurang dari 10 hari sebelum keberangkatan, sistem antibodi tidak bisa terbentuk sempurna. Jadi, para calon jamaah haji jangan sampai melewatkan vaksin meningitis demi menjaga kesehatan tubuh. 

By Sri Maryati - Kesehatan Sabtu, 29 Juli 2017 13:44:37

Related Post :
Manfaat
Manfaat Mengonsumsi Daging Unta…

Daging unta merupakan salah…

Kesehatan
Ketahui Penyebab Gusi Berdarah…

Ketahui penyebab gusi berdarah…

Manfaat
Manfaat Trigliserida dalam Tubuh…

Jika dalam kadar normal,…

Penyakit
Waspadai ! 8 Jenis…

Selain kanker serviks, ada…

Tips
Cara Ampuh Menghilangkan Varises…

Cara ampuh menghilangkan varises…

Kesehatan
Mengenal Sindrom Tourette yang…

Beberapa waktu lalu Tora…

Anda harus menjadi member untuk memberikan komentar

Komentar (0)

Belum ada komentar

Diskusi Terkait
Kirim Pertanyaan


  • Bisa kah tuli telinga ringan sembuh dengan jelly gamat...boleh saya minta testimoni nya

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apakah tuli telinga ringan sebelah kiri bisa sembuh dengan jelly gamat gold... Boleh kah saya minta kirim kan testimoni pemakai jelly gamat yg sudah sembuh???

  • susah kentut

    1 Balasan

    Kesehatan

    saya susah kentut,,, ap gejala nya dn bagai mna mngatsi nya

  • Penyakit Liver kronis

    1 Balasan

    Kesehatan

    Apa sakit liver itu selain perut buncit kaki juga bengkak? Sebabnya apa? Krn banyak minum?

  • Hipertensi

    0 Balasan

    Kesehatan

    Apakah aman jika saya di beri obat amlodipine dn candesartan untuk diminum bersamaan karema tekanan darah saya tinngi

  • HSV dan ambeien

    0 Balasan

    Kesehatan

    Cara pakai soman untuk pengobatan HSV dan ambeien bagaimana ya?


Kesehatan
Kulit Kepala Berkerak Seperti Ketombe? Ini Penyebabnya

Kulit kepala berkerak seperti ketombe?…

Kesehatan
Mengerikan! Ini Bahaya Terlalu Banyak Makan Kentang Goreng

Meskipun enak, mengkonsumsi kentang goreng…

Kesehatan
Mengetahui Gejala dan Cara Pengobatan Sindrom Tourette

Mengetahui gejala dan cara pengobatan…

Kirim Pertanyaan
Top